Teks Panampi Pasrah Temanten yang baik

teks-panampi-pasrah-temanten-yang-baik
Teks panampi pasrah temanten yang baik


Teks Panampi Pasrah Temanten yang baik belum semua menguasai, ketrampilan ini memang perlu dilatih. Adat pernikahan khususnya adat pernikahan Jawa, pada umumnya akan diadakan acara Pasrah Pengantin. 

Tentunya bila ada pasrah, Tuan rumah atau pamangku gati harus juga menyediakan wakil untuk menerima seserahan tersebut. Dalam artikel saya sebelumnya saya juga memberikan pasrah

Fungsi duta panampi pasrah adalah sebagai juru bicara untuk menerima apa yang disampaikan pemasrah. Ketika juru bicara dari pihak calon besan menyampaikan hajatnya, seorang duta panampi harus memperhatikan dan mengingat betul-betul apa yang diucapkannya. 

Dalam menerima
pasrah hendaknya mengikuti apa yang disampaikan pemasrah. Teks Panampi Pasrah Temanten yang baik ini bisa dijadikan bahan agar makin ketrampilan.


Secara garis besar, struktur teks panampi adalah sebagai berikut:
  • Mengucapkan salam
  • Menyambut kedatangan
  • Menerima salam
  • Poin inti diantaranya menerima calon pengantin, dan menerima seserahan pelengkapnya
  • Mempersilahkan duduk dan meminta tambahan doa
  • Memohon maaf

Dalam menerima pasrah, duta panampi tidak diperkenankan berpanjang lebar bicara selain topik yang diserahkan juru bicara pasrah. Duta panampi harus bisa berusaha agar acara tersebut tidak bertele-tele dan melelahkan. hendaknya ringkas dan padat, atau dalam istilah jawa cekak aos. 

Berikut contoh Teks Panampi Pasrah Temanten yang baik sebagai panduan dalam menerima sesrahan


Assalamu'allaikum Wr Wb.

Dhumateng panjenenganipun Bapa.....(nama yang memasrahkan) ingkang piniji angemban wuwus minangka duta saking panjenenganipun Bapa/ibu..(besan) ingkang pantes sinuba sekaring pakurmatan. 

Kula ing  ngriki minangka sulih sarira, talanging atur saking pamangku gati nun inggih Bapa/ibu..(nama tuan rumah)sarimbit keparenga matur, kaping sepisan. "Ngaturaken pambagya Sugeng Rawuh saha nderek memuji syukur wonten Gusti Allah Ingkang Maha Mirah, awit karawuhan panjenengan sedaya saking laladan..(desa asal besan)..  Dumugi tlatah ngriki tansah pinayungan rahmating Gusti satemah saget manggih Rahayu samudayanipun.


Ewondene atur salam taklimipun Bp (besan) sampun katampi kanthi suka gumbiraning manah, kosokwangsulipun dawah sami-sami atur salam taklimipun  Bp (Tuan rumah) ugi katur dhumateng  Bp/ibu (besan) sekalian. (Bila sebelumnya diberi salam agama islam hendaknya juga membalas dengan wa Alaika wa alahis salam warahmatullahi wabarakatuh)

Ingkang saklajengipun, panjenengan kalawau nglarapaken sekar cepaka mulya sasele nun inggih pasrahipun putra calon penganten kakung Dimas Bagus..(nama calon pengantin laki-laki)..katampi  kanthi suka gumbiraning manah, Menawi kenging kawedhar ingkang kathah, kadi kajugrukan wukir sari kablebeging samodra madu. Ing saklajengipun, hambok bileh sampun dumugi titiwanci tumapaking gati tumunten badhe kapanggihaken kalian Nimas ayu..(nama calon pegantin putri)..miturut satataning agami saha adat widhi widana ingkang taksih lumampah wonten ing tlatah ngriki.

Dumateng Bapa..(nama yang pasrah)..dalah pangaraking putra calon temanten kakung, sasampunipun putra calon temanten kakung kapanggihaken, panjenengan sedaya kula suwun pinarak wonten palenggahan ingkang sampun sumadya kanthi mardu mardikaning penggalih dumugi saparipurnaning adicara, saperlu hangestreni tuwin atur puji pangestu mugi-mugi anggenipun temanten badhe mangun brayat anyar wonten madyaning bebrayan agung tansah manggih bagya mulya, rahayu ingkang tinuju, basuki ingkang kaesthi , miwah gagah ingkang jinangkah.

Puput pepontaning atur, menawi wonten kuciwaning boja krami anggenipun Bapa ..(yang punya hajat) sarimbit ngacarani menggah ing rawuh panjenengan sami, mugi panjenengan sedaya keparenga atur gunging samudra pangaksami. Semanten ugi, kula minangka talanging atur, hambok bileh wonten kiranging subasita ingkang singlar ing rehtata krama. Kupat janure klapa, menawi lepat nyuwun pangapura.

Wassalamuallaikumm wr wb, Nuwun.

---------------------------------------

TERJEMAH INDONESIA     

---------------------------------------
Assalamu'allaikum Wr Wb.

     Kepada Bapa.....(nama yang memasrahkan) yang ditunjuk sebagai pengemban tugas sebagai duta/wakil dari Bapa/ibu..(besan) yang berhak menerima segala bentuk penghormatan. Saya di sini sebagai pengganti diri/wakil bicara dari tuan rumah yaitu Bapa/ibu..(nama tuan rumah) ijinkan menyampaikan, yang pertama "mengucapkan selamat datang serta turut bersyukur pada Allah yang maha murah karena kehadiran Bapak Ibu sekalian dari desa ..(asal)..sampai di tempat ini bisa selamat semuanya.

     Sedangkan salam penghormatan Bp (besan) sampun katampi kanthi suka gumbiraning manah, kosokwangsulipun dawah sami-sami atur salam taklimipun  Bp (Tuan rumah) ugi katur dhumateng  Bp/ibu (besan) sekalian. (Bila sebelumnya diberi salam agama islam hendaknya juga membalas dengan wa Alaika wa alahis salam warahmatullahi wabarakatuh)

      Selanjutnya tadi Bapak juga memasrahkan calon pengantin Dimas Bagus.. (nama calon pengantin laki-laki).. diterima dengan senang hati, sumbangan boleh dijabarkan bagaikan kejatuhan gunung dan terkena air bah laut madu. selanjutnya apabila telah tiba waktunya akan dipertemukan dan dinikahkan dengan Nimas Ayu..(nama calon pengantin putri).. menurut tatacara dan adat istiadat yang masih berlaku di daerah sini. 

  Kepada Bapa..(nama yang pasrah)..dan seluruh pengiring calon temanten kakung, sesudah kedua mempelai dipertemukan dimohon bisa duduk dengan nyaman dan mengikuti acara hingga selesai serta memberikan tambahan doa semoga rumah tangga baru yang dibangun di tengah masyarakat bisa bahagia, sejahtera dan tercapai apa yang dicita-citakannya.

      Akhir kata, apabila dalam menyambut Bapak Ibu sekalian ada kekurangan, bapak ..(yang punya hajat) dan istri sekalian dalam memberikan sambutan serta mengadakan acara ini, berkenan Bapak Ibu sekalian memberikan lautan maaf. Demikian juga saya sebagai wakil bicara ada kekeliruan dan kurangnya sopan santun, ketupat janur kelapa, mohon maaf semua kesalahan (pantun Jawa).

    Wassalamuallaikum wr wb, Nuwun.

Video cara menarik rezeki dalam Islam



Perisapan menjadi duta panampi

Duta Tampi adalah sebutan untuk orang yang ditugaskan untuk mewakili keluarga dalam acara panampi pada pernikahan adat Jawa. Tugas utama dari Duta Tampi adalah untuk memastikan bahwa proses Pasrah dan Tampi berjalan lancar dan sesuai dengan tata cara yang ditentukan.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang dapat dilakukan jika Anda ditugaskan sebagai Duta Tampi dalam acara Pasrah dan Tampi pada pernikahan adat Jawa:

Mengetahui Tugas dan Tanggung Jawab

Sebelum acara dilaksanakan, pastikan Anda telah mengetahui tugas dan tanggung jawab sebagai Duta Tampi. Anda juga perlu mempelajari tata cara acara Pasrah dan Tampi agar dapat memandu keluarga Anda dengan baik.

Mengenakan Pakaian Adat Jawa atau disesuaikan dengan acara

Sebagai Duta Tampi, Anda diharapkan untuk mengenakan pakaian adat Jawa yang sesuai dengan acara tersebut. Pastikan pakaian yang Anda kenakan sudah disiapkan dan cocok dengan tema acara.

Memastikan Kehadiran dan Persiapan Keluarga Pihak Lain

Sebelum acara dilaksanakan, pastikan Anda telah memastikan kehadiran dan persiapan keluarga pihak lain. Anda dapat berkoordinasi dengan keluarga pihak lain untuk memastikan bahwa semua persiapan telah dilakukan dengan baik dan acara dapat berjalan lancar.

Mempersiapkan Diri Secara Mental dan Fisik

Sebagai Duta Tampi, Anda juga perlu mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk menghadapi acara yang panjang dan melelahkan. Pastikan Anda telah beristirahat dengan cukup dan memiliki energi yang cukup untuk menghadapi acara tersebut.

Dengan melakukan persiapan yang baik, Anda dapat menjadi Duta Tampi yang handal dan membantu kelancaran acara Pasrah dan Tampi pada pernikahan adat Jawa.

Demikian contoh teks panampi pasrah temanten yang baik, jika anda tertarik ingin mengembangkan wawasan tentang budaya Jawa, atau ingin menjadi pranatacara, anda bisa mengikuti pelatihan di sekolah pranatacara dan pamedhar sabda. 

Link Kumpulan Teks /Info Pranatacara Bahasa Jawa Lamaran-Midodareni-manten-lelayu 


Artikel saya di atas bisa klik artikel untuk tahu informasi lengkapnya. Jika ada pertanyaan mengenai artikel saya ini silahkan tulis dikolom komentar.

1 comments: