Sekolah Pranatacara di Semarang

SEKOLAH PRANATACARA DI SEMARANG


Sekolah pranatacara di Semarang

  Contohtekspranatacaraterbaru.com - Dulu,sebelum saya ikut sekolah pranatacara, sangat awam dengan budaya adat Jawa. Rasa ingin mengenal dan tahu membuat hati saya tergerak untuk memperdalam wawasan. Rasa penasaran itu tumbuh dan terbawa kedalam sebuah perbincangan dengan seorang teman. Beruntung sekali relasi saya ini langsung merespon dan mereferensikan sebuah organisasi sosial di Semarang. Organisasi sosial ini bernama PERMADANI yang menurut saya sangat bagus dan penuh solidaritas. PERMADANI ini khusus dan berkomitmen untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia. 

Begitu besar minat masyarakat akan wawasan kebudayaan membuat PERMADANI membuka banyak cabang yang tersebar di beberapa kota di Jawa tengah seperti di Kudus, Pati, Sragen, Wonosobo dan merambah ke beberapa kota di Jawa Timur. Selain itu, PERMADANI bahkan sudah ada yang di luar pulau Jawa dengan mengembangkan adat budaya masyarakat lokal. 

Kegiatan pengembangan budaya jawa di PERMADANI terstruktur dan menggunakan pedoman dalam pembelajaran. Para pengajarnya umumnya juga tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai profesi. Mulai dari guru, dosen, dalang dan profesi-profesi lainnya. PERMADANI merupakan lembaga non profit. Pengurus dan pengampunya merupakan sosok yang low profile dan berdedikasi tinggi untuk sosial kemasyarakatan.

Peserta yang mau mengikuti kegiatan pengembangan budaya jawa juga terdiri dari beragam profesi. Ada yang berprofesi sebagai PNS, pegawai swasta, pengusaha, tukang dan lain-lain. Sudah ratusan alumni PERMADANI yang tersebar dan menjadi pribadi yang lebih bermanfaat di masyarakat. Untuk dokumentasinya kegiatan PERMADANI bisa dikunjungi melalui instagramnya: 

 Baca Juga: 
     

Di semarang sendiri PERMADANI memiliki cabang tiga tempat, yaitu di Semarang Kota, Semarang Barat dan Gunung Pati. PERMADANI Semarang Kota bertempat di sebuah SMP negeri di daerah dekat simpang lima Semarang.  Untuk wilayah Semarang barat bertempat di Museum Jawa Tengah Rangga Warsito. Sedangkan Permadani Gunung Pati berada di daerah Wonolopo Mijen (belakang SDN 01 Wonolopo, Mijen) Gunung Pati. 

Dalam kegiatannya PERMADANI bertidak sebagai sebuah lembaga keterampilan yang khusus memberikan pelatihan kepada siswanya tentang kepranatacaraan (MC Bahasa Jawa) dan pamedhar sabda(pidato). Kegiatannya terjadwal dan sudah terprogram.

Materi-materi yang diberikan seputar kebudayaan Jawa seperti pernikahan adat Jawa, Lamaran, Gending-gending Jawa(Sekar), pusaka keris, Cara berbusana Adat jawa, bahkan lelayu semua diajarkan. Siswa juga dibekali bagaimana bersikap menjadi seorang pemandu acara( MC) bahasa Jawa hingga bisa  suksesnya memandu acara tersebut. Public speaking yang diajarkan disini tentunya menggunakan bahasa Jawa.

        Bagi anda yang belum bisa jangan khawatir, pelajaran yang diberikan sangat mudah dimengerti dan langsung dipraktekkan. Para siswanyapun juga diijinkan berinteraksi seandainya ada yang belum dipahami bisa ditanyakan langsung maupun diluar jam pembelajaran. Para tutor yang mengajar kebanyakan adalah para guru-guru di beberapa sekolah di semarang bahkan pula ada yang menjadi dosen.


Wisuda pranatacara
         Sekolah kepranatacaraan ini seminggu diadakan 2 kali yaitu setiap hari Selasa dan Jumat. dimulai pukul 19.00-21.30 wib. Biaya sangat terjangkau dan lama belajar antara 6-9 Bulan dan ketika lulus siswa akan diberikan sertifikat. Untuk pendaftaran dan informasi lain-lain anda bisa datang langsung ke Museum Ranggawarsito. di Jl. Abdurahman saleh no 1 ( Fly over kalibanteng). Semarang. atau ke Pengurus:

1. Bp. Suka Prayitno 081228039707. Jl. Taman Kumudasmoro1 no. 5 RT 9 RW 8 Bongsari Semarang Barat
2. Bp. Kusmanto 0852 2848 5454. Rumah. Jl. Wologito Utara 1/37. Kembang Arum. Semarang

        PERMADANI Cabang Gunung Pati:

1. Bp. Edi P. 085100192800
2. Bp. Saptono 081325646070
3. Bp. Hardi S. 085926160111
4. Bp. Iwan 085878529169



Peserta bisa menyiapkan biaya pendaftaran Rp. 100.000 untuk mengikuti kursus di PERMADANI (bisa berubah sewaktu-waktu). Sedangkan SPP yang dibayarkan setiap bulan sebesar Rp. 150.000 dan biaya untuk wisuda diakhir nanti dibayarkan setiap bulan sebesar Rp. 100.000 selama mengikuti kegiatan pelatihan.

Tapi jika anda belum sempat untuk belajar ke sana, sebagai wawasan silahkan anda baca artikel saya sebelumnya di Contoh teks pranatacara terbaru. Atau jika anda ingin belajar memasrahkan pengantin silahkan klik artikel saya di Contoh teks pasrah temanten.

Demikian informasi mengenai sekolah pranatacara di Semarang. Jika ada pertanyaan mengenai artikel saya ini silahkan tulis di kolom komentar.
Salam Budaya.

10 comments:

  1. Replies
    1. Maaf baru merespon gadget sedang error. Silahkan datang langsung ke lokasi cabang permadani terdekat pada saat jam pengajaran. Untuk Permadani Pusat berada di Museum Ronggo Warsito dekat Bandara Ahmad Yani Semarang, sekertariat buka setiap hari Selasa dan Jumat pukul 19.oo Wib. (7 malam).

      Delete
  2. Mas.. Badhe nyuwun pirsa menawi PERMADANI Yogyakarta alamatipun wonten pundi njih? Sokur2 wonten kontak personipun.
    Matur nuwun

    ReplyDelete
  3. Menawi klaten wonten permadani mboten njih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wonten, njenengan daftar ten Kantor RSPD Klaten.

      Delete
  4. Nyuwun alamat permadani kab. Semarang wonten gih 🙏🏻

    ReplyDelete
  5. Cobi mang tanglet pengurus pusat PERMADANI SEMARANG NGGIH MAS. Kontak di atas

    ReplyDelete
  6. Nyuwun pangapunten bade nderek belajar wonten permadani syarat ipun punopo langsung menawi daerah jakarta wonten nopo dereng nggih..
    Matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..nggih mas. Syarat belajar wonten Permadani Saestu gampil. Namung setunggal, niat ingkang kiat.

      Babagan panggenan PERMADANI..Monggo saget nyuwun pirsa dhumateng salah setunggal pangarsa PERMADANI Pusat Bapa Suka Prayitno. nomer Hp mpun wonten teng seratan (tertulis di atas)

      Delete