Contoh Teks Pasrah Lamaran Terbaru

Pasrah Lamaran

Sebelum melangsungkan pernikahan, pada umumnya dilakukan acara lamaran dulu. Hal ini sudah jamak dilakukan di berbagai tempat di Indonesia termasuk dalam adat Jawa. Lamaran menjadi awal sesorang yang akan menikah. 

Memasrahkan lamaran kadang gampang-gampang susah untuk mendapatkan orang yang bersedia dijadikan wakil untuk mengutarakan maksut lamaran ini. Bagi anda tidak ada salahnya mempersiapkan diri barangkali suatu saat ada saudara atau tetangga yang kebingungan membutuhkan seorang duta, anda bisa tampil membantu. 

Sebelum menjadi duta pemasrah, persiapan yang perlu dilakukan diantaranya adalah pastinya harus tahu siapa nama keluarga yang akan diwakili dan nama calon pengantin laki-lakinya, selain itu catat pula nama-nama berikut:
  • Nama orang tua calon besan
  • Nama calon pengantin wanita yang akan dilamar
  • Jika memungkinkan catat pula siapa nama juru bicara dari calon besan

Persiapan diatas mutlak dilakukan agar makin percaya diri ketika tampil. Selain itu, sebagai bahan belajar berikuti ini saya berikan contoh teksnya:

Tuladha atur pasrah lamaran

      Assalamuallaikum wr, wb.
    Kanthi pepayung budi rahayu saha hangunjuaken raos suka syukur wonten pepadaning Gusti Allah ingkang Maha wicaksana" Mugi Rahayuha Sagung Dumadi" tansah kajiwa lan kasarira dhumateng panjenengan sedaya hangluberana dhumateng kula.  
     Nuwun dhumateng Panjenenganipun para pepundhen, Para sesepuh, pinisepuh ingkang hanggung mestuti pepoyaning kautamen. panjenenganipun para tamu kakung putri ingkang dahat kalingga murdaning akrami.
 
    Amit pasang aliman tabik mugi tinebehna ing iladuni myang tulang sarik, awit kula cumanthaka hanggempil kamardikan panjenengan sawetawis ingkang tinembe sekeca wawan pangandikan saha mangun oneng, Boten ateges ngirangi unggah-ungguh,subasita menapa dene tatakrama, ananging kula hangemban dawuh jejibahan luhur piniji minangka talanging atur saking panjenenganipun Bapa( nama yang diwakili) sekalian.

   Panjenenganipun Bapa...(nama tuan rumah) sekalian ingkang pantes hanampi sagunging sekar pakurmatan. kula minangka duta saking panjenenganipun Bapa..( yang diwakili) sekalian Kaping sepisan: " Ngaturaken  salam taklim katur panjenengan sumrambah kaluwarga dalasan gotrah.

    Jangkep kaping kalih, ing nguni sampun wonten pirembakan ing antawisipun Bapa....(nama yang diwakili) sekalian ingkang anggadahi putra kakung kekasihpun Bagus...(nama pelamar) kalian Bapa...(nama tuan rumah) sekalian garwa ingkang anggadahi kenya siwi sesilih Rara...(nama yg dilamar). Gumolonging pirembakan nedya hangraketaken balung pisah daging arenggang, bebasan ngebun-ngebun enjang ajejawah sonten, ndhodok latar ndhodok lawang sumedya nginang jambe suruhe, kanthi atur mekaten karana sampun jumbuh anggenipun pepetangan, saha sampun manunggal cipta, rasa, miwah karsanipun, kanthi menika panjenenganipun Bapa..(nama yang diwakili) sekalian ngaturaken syarat sarana minangka jejangkepanipun tatacara salaki rabi. Wondene ingkang badhe kaaturaken wonten ing ngarsa Bapa...(nama tuan rumah) sekalian inggih menika:

-sanggan saha majemuk ingkang awujud maneka warna kanthi pangajab, mugi boten ningali wujud lan ajinipun, ananging kepanggaliha niat ageng tulus lan suci saking manahipun Bapa..(nama yang diwakili) sekalian garwa, anggenipun kepengin sanget ngraketaken tangsuling kekadangan antawisipun keluarga kekalih mugi mboten saged pisah salami-laminipun.

-kajawi saking menika, panyuwunipun Bapa..(nama yang diwakili) sekalian dhumateng Bapa..(nama tuan rumah) sekalian garwa, hambok bileh sampun dumugi titiwanci tumapaking gati, mugi calon penganten kaijabna saha kapanggihna miturut agami sah adat widi widana ingkang taksih lumampah wonten ing laladan ngriki.

    Minangka pungkasaning atur, hambok bileh Bapa..(nama yg diwakili) sekalian anggenipun ngaturaken sarana dalah upakarti wonten kekiranganipun, mewantu-wantu nyuwun agenging samudra pangaksama. 

Semanten ugi kula ingkang minangka sulih sarira dutanipun Bapa...(nama yang diwakili) sekalian menawi wonten atur ingkang kalantur menapa dene suba sita ingkang singlar ing reh tatakarmi, waduk Gajah Mungkur wonten ing Wonogiri, hambok bileh wonten kaladuking atur nyuwun gunging samudra pangaksami.

 Akhirul kalam, bilahi taufik wal hidayah.
Wassalamu'alaikum Wr Wb. Nuwun.

Baca Juga: Contoh teks panampi pasrah lamaran
 

TERJEMAH BAHASA INDONESIA  

Contoh Teks pasrah lamaran 

Assalamuallaikum wr, wb.

Dengan bernaung dalam sifat yang baik dan mengucapkan rasa syukur kepada Allah Yang Maha Bijaksana "semoga keselamatan dan kesejahteraan untuk semua makhluk", segala kebaikan senantiasa bisa selalu berada di diri kita semua.

Kepada para tamu yang senantiasa diagungkan, orang yang dituakan (dihormati karena hirarki), para orang tua yang sudah makan asam garam kehidupan, kepada para tamu laki-laki dan perempuan yang menjunjung tali silaturahmi.

Mohon maaf dan semoga saya dijauhkan dari segala bala, karena saya telah berani mengambil kebebasan Bapak Ibu sekalian yang sedang asyik berkomunikasi (antar tamu), bukan bermaksud mengurangi sopan santun, ataupun tatakrama, tetapi karena saya menjalankan amanah sebagai wakil bicara Bapak..( nama yang diwakili) ..dan istri.

Bapa...(nama tuan rumah) dan istri yang pantas dihormati, saya sebagai wakil dari Bapa..( yang diwakili) sekalian yang pertama: "menyampaikan salam penghormatan beliau untuk Bapa dan keluarga besar".

Yang kedua , sebelumnya telah terjadi kesepakatan antara Bapa....(nama yang diwakili) sekalian yang memiliki anak laki-laki bernama Bagus...(nama pelamar) dengan Bapa...(nama tuan rumah) dan istri yang memiliki anak gadis bernama Rara...(nama yg dilamar). Kesepakatan akhir bahwa keduanya akan menyatukan tulang yang terserak dari satu daging. Kami kembali menguatkan pembicaraan dengan mengetuk pintu karena sudah sesuai dengan perhitungan dan sudah tercapainya satu rasa, maka Bapa..(nama yang diwakili) dan istri memberikan syarat-syarat pelengkap untuk terjadinya pernikahan. Adapun yang akan disampaikan kepada Bapa...(nama tuan rumah) dan istri yaitu:

Oleh-oleh dan bawaan yang beraneka ragam dengan harapan jangan dilihat dari wujud dan harganya, namun lihatlah dari ketulusan hati Bapa..(nama yang diwakili) dan istri yang ingin sekali merekatkan tali persaudaraan antara kedua keluarga semoga bisa langgeng seterusnya.

-Selain itu, permintaan Bapa..(nama yang diwakili) sekalian dhumateng Bapa..(nama tuan rumah) dan istri, apabila sudah tiba waktu yang telah ditentukan, perkenan kedua pengantin dipertemukan menurut tatacara agama dan adat istiadat yang masih dilaksanakan di daerah sini.

Sebagai penutup, apabila Bapa..(nama yg diwakili) dan istri dalam memberikan syarat-syarat tersebut ada kekurangannya berpesan untuk memintakan maaf yang sebesar-besarnya. 

Demikian juga saya sebagai wakil dari Bapa...(nama ang diwakili) dan istri apabila ada ucapan yang tidak pas dan tidak sesuai dengan tata bahasa, waduk Gajah Mungkur wonten ing Wonogiri, hambok bileh wonten kaladuking atur nyuwun gunging samudra pangaksami.

 Akhirul kalam, bilahi taufik wal hidayah.
Wassalamu'alaikum Wr Wb. Nuwun.

Baca juga:
Contoh Teks Pranatacara acara lamaran 
Demikian tadi contoh teks pasrah lamaran. Tentunya bila ada pasrah harus ada yang menerima (panampi pasrah) Maka sebaiknya juga belajar untuk bisa untuk menerima pasrah karena suatu saat pasti berguna. contoh teks panampi yang telah saya posting.


  

2 comments: