Contoh Teks Pranatacara Acara Lamaran. Lengkap Terjemah bahasa Indonesia



Acara lamaran adalah sebuah acara yang penting dalam tahapan menuju pernikahan. Pada acara ini kedua pihak keluarga calon mempelai akan membuat perjanjian awal untuk mengikat tali kekeluargaa baru. Dalam acara lamaran, umumnya pihak laki-laki bersama keluarga dekatnya akan mendatangi pihak keluarga perempuan. Acara penting ini tentu membutuhkan pengarah acara agar semakin lancar dan terarah.

Seorang pembawa acara lamaran hendaknya berkoordinasi dengan tuan rumah. Sebaiknya ia membuat catatan siapa saja yang akan berperan dalam acara tersebut. Peran-peran yang perlu dicatat diantaranya:
  • ‌Nama tuan rumah
  • Nama putrinya yang akan dilamar
  • Nama duta panampi
  • Alamat berlangsungnya acara lamaran.

Tidak kalah penting pula, seorang pembawa acara lamaran perlu mencatat nama-nama dari pihak keluarga laki-laki, yaitu:
  • ‌Siapa nama orang tua calon mempelai laki-laki.
  • nama calon mempelai laki-laki
  • Duta pemasrah pihak laki-laki 
  • Alamat keluarga laki-laki 
Selain hal diatas, hendaknya seorang pembawa acara datang lebih awal sebelum jam acara dimulai. Dengan datang lebih awal akan makin mudah menguasai keadaan. Seorang pembawa acara lamaran yang bisa menguasai keadaan akan lebih lancar dan bisa percaya diri dalam mengarahkan acara.
Sebagai pedoman membawakan acara lamaran, berikut ini contoh teks pranatacara dalam acara lamaran yang dilengkapi bahasa Indonesia.


Tuladha Atur Pambuka Pranatacara Pasrah Panampining Lamaran


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Panjenenganipun para pepundhen, para sesepuh, para pinisepuh ingkang hanggung mastuti dhumateng pepoyaning kautama, para duta saraya saking kadang besan sutresna ingkang pantes kinurmatan, para lenggah kakung putri, kadang wredha ingkang winantu suka basuki.

Mradapa keparengipun Bp...(pamangku Gati) sekalihan sumrambah para kulawangsa ing kalenggahan punika kula piniji pinangka pambiwara wontenipun upacara pasrah panampining upakarti miwah lamaran kinarya jejangkeping tata cara salaki rabi.

Namung saderengipun kula ngaturaken urut reroncening adicara ingkang sampun karakit dening para kulawarga, cundhuk kaliyan kuncaraning bangsa, ingkang linambaran agunging Pancasila sumangga nun kula dherekaken ngaturaken puji syukur wonten ngarsa dalem Allah ingkang Maha Agung, karana ageng barokah saha rahmat ingkang sampun kaparingaken dhumateng panjenengan sadaya dalasan kula.

Sinawung raos syukur ing ngajeng, mugi lampahing adicara pasrah panampi lamaran saha upakarti pinangka jejangkeping palakrama tansah pinaringan rahayu tebih ing sambekala.

Nun inggih para lenggah ingkang sinuba ing pakurmatan, keparenga panatacara murwani lekasing sedya ingkang punika enggal badhe binuka lampahing upacara pasrah panampi kanthi ngaturaken reroncening adicara ingkang-rinantam para kulawangsa.

Tinarbuka atur pambagyaharja saking ingkang hamengku gati dening tetuwangga ingkang sampun piniji. Atur lamaran miwah upakarti dening pangarsaning duta saraya pinangka sulih salira saking badhe/calon kadang besan. Atur panampi dening tetuwangga ingkang pinangka sulih saliranipun Bp...(pamangku Gati) ingkang mengku gati. Kaleksananing adicara liru kalpika (menawi wonten). Tanggap wacana sawatawis saking pinisepuh ingkang tumuju dhumateng kasaenan (menawi wonten). Paripurnaning sedya hambok bilih ing mangke wonten pratandha saking kulawarga minangka paran para.

Makaten para tamu saha para lenggah urut reroncening tata adicara pasrah lamaran ingkang sinanggit dening para kulawarga, kasuwun wontena suka Waning penggalih para lenggah tansah hanjenengi ngantos dumugi purnaning gati. Nuwun, nuwun matur nuwun.

-----------------------------------------------------------

TERJEMAH BAHASA INDONESIA 

------------------------------------------------------------

Baca juga: Contoh pasrah tampi yang baik.


Contoh Teks Pranatacara Pembuka Acara Pasrah Panampi Lamaran


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat para orang tua, orang yang dituakan yang senantiasa menjadi suri tauladan, kepada para wakil dari saudara calon besan yang kami hormati, para tamu serta para muda yang berbahagia.

Menyampaikan amanah keluarga besar Bp...(pamangku Gati), pada kesempatan ini saya yang ditugaskan menjadi pengarah acara pasrah dan tampi lamaran sebagai syarat dan sarana tatacara orang yang akan menikah.

Namun sebelum saya menyampaikan susunan acara yang dirancang oleh pihak keluarga (tuan rumah), sesuai terkenalnya bangsa, yang berlandaskan Pancasila, mari bersama kita panjatkan puji syukur kepada Allah Yang Maha Agung, karena besar berkah dan rahmatnya yang diberikan kepada kita semua.

Bersamaan rasa syukur tersebut, semoga jalannya acara pasrah dan tampi lamaran pada kesempatan ini diberikan keselamatan jauh dari gangguan.

Hadirin yang terhormat, perkenankan saya mengawali jalannya acara dengan menyampaikan susunan acara yang telah dirancang oleh pihak keluarga.

Dibuka dengan sambutan/atur pambagyaharja dari tuan rumah yang akan disampaikan oleh beliau yang telah ditunjuk mewakili. Penyampaian lamaran beserta pelengkapnya oleh duta yang telah ditugasi oleh calon besan. 

Penyampaian atur panampi oleh beliau yang telah diberikan tugas sebagai wakil dari Bp. ...(tuan rumah). Selanjutnya dilaksanakannya acara tukar cincin Kaleksananing adicara liru kalpika (bila ada). Kemudian pidato/nasehat dari orang yang dituakan sebagai arahan kebaikan (bila ada). Penutup kegiatan apabila sudah ada tanda dari keluarga.

Demikian para tamu sekalian susunan acara pasrah tampi lamaran yang telah terancang. Berkenan hadirin sekalian dengan hati senang untuk mengikuti rangkaian kegiatan hingga selesai nanti.  Nuwun, nuwun matur nuwun.






0 comments

Post a Comment