Susunan Acara Lamaran dan Akad Nikah

Susunan acara lamaran


Contoh Persiapan Acara lamaran

Contohtekspranatacaraterbaru.com- Bagi seorang pranatacara memang hendaknya mempunyai pemahaman mengenai adat-adat Jawa yang ada di masyarakat. Termasuk budaya pra pernikahan. Karena tak jarang bila kita sudah dikenal sebagai pembawa acara atau pranatacara, kita juga akan sering dimintai bantuan untuk mengarahkan pada acara-acara pra pernikahan seperti pada saat proses lamaran. 

Nah, tentu sebelum kita mengarahkan suatu acara harus tahu apa saja isi acara yang akan dipandu. Karena tidak sedikit pamangku gati akan menyerahkan sepenuhnya kepada pembawa acara karena mereka juga kurang begitu paham isi acara lamaran. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bila kita bisa turut memberikan sumbang sih untuk kelancaran acara.

                 

Baik langsung saja saya berikan isi acara atau susunan acara yang akan berlangsung pada acara lamaran:
  1. Sowanipun kulawarga ageng (kakung lan putri)
  2. Pembukaan
  3. Atur pambagyaharjo dari pamangku gati
  4. Atur Pasrah lamaran
  5. Atur panampi lamaran
  6. Adicara adat. isinya yaitu:  
  • Pasrah sanggan
  • Lintu kalpiko(tukar cincin)
  • Pasrah arta Buwuh 
    7. Sumene (istirahat)
    8. Purna

TERJEMAH BAHASA INDONESIA
  1. Kedatangan keluarga besar (pihak laki-laki dan perempuan)
  2. Pembukaan
  3. Sambutan tuan rumah
  4. Penyampaian Pasrah lamaran
  5. Penyampaian panampi lamaran
  6. Adicara adat. isinya yaitu:  
  • Serah buah tangan
  • Tukar cincin
  • Penyerahan uang tanda cinta
    7. Istirahat
    8. Selesai

Demikian kurang lebih isi acara pada acara lamaran. Meskipun acara tidak sebesar acara pernikahan, bila tidak disiapkan dengan matang juga kurang berjalan dengan khitmad. 

Jangan lupa ketika acara pasrah sanggan, tukar cincin untuk didokumentasikan.

Susunan acara diatas sifatnya kondisional menyesuaikan keadaan. Adakalanya acara bisa saja berubah urutannya mengikuti kehendak tuan rumah.

Acara tukar cincin, dan serah uang tanda cinta bisa saja tidak ditampilkan atau diganti acara lain.

Selain itu hendaknya prantacara atau MC juga menjalin komunikasi dengan pamangku gati siapa yang akan menjadi wakil pamangku gati untuk bertugas menerima pasrah. siapa yang bertugas atur pambagyaharja. Dan tidak kalah penting juga pembawa acara harus tahu siapa nama calon pengantin putra maupun putri, nama kedua orang tuanya, nama daerahnya berasal dan juga siapa yang akan menjadi duta pemasrahnya.

Penting juga baca:   Contoh teks panampi lamaran

Susunan acara akad nikah Jawa


Akad Nikah

Acara akad nikah Jawa pada umumnya diadakan sebelum upacara Panggih dimulai. Bisa diadakan di rumah maupun digedung tempat Upacara panggih/resepsi dilaksanakan. Acara akad nikah tidaklah serumit ketika acara panggih pengantin, jadi lebih sederhana. 

Pada prinsipnya acara akad nikah dirumah maupun digedung tidaklah jauh berbeda, namun sebagai pranatacara harus sudah tahu betul apa saja isi acara yang akan dijalankan pada acara akad nikah. Baik dirumah maupun digedung pastinya setiap acara harus disiapkan dengan baik agar apa yang menjadi hajat mempelai bisa berjalan dengan baik dan  lancar pula. 

Susunan acara akad nikah ini melengkapi artikel contoh Teks pranatacara terbaru yang telah saya posting sebelumnya. 

Berikut saya berikan susunan acara akad nikah sebagai panduan PRANATACARA untuk memandu acara akad pernikahan.

SUSUNAN ACARA AKAD NIKAH

  1. Pambuka
  2. Waosan ayat suci alquran lan sari tilawah
  3. Khotbah Nikah
  4. Ijab Qobul
  5. Doa
  6. Maos Siqot Taklik
  7. Tapak Asma Buku Nikah
  8. Lung tinampen Buku Nikah
  9. Purna
Mekaten babagan rantaman adicara wonten saklebeting akad nikah. Sakderengipun adicara kawiwitan, sedaya para paraga kedah sampun samapta ing gati. 

Para paraga menika kadasta sinten ingkang badhe dados Wali nikah calon temanten kakung menapa calon temanten putri, paraga ingkang badhe dados saksi nikahipun Calon temanten putra menapa dene saksinipun calon temanten putri kedah dipun samaptaaken sakderengipun adicara kawiwitan. 

Kejawi menika pranatacara ugi kedah tansah atur wicara dhumateng paraga dokumeter, soundmen lan paraga sanesipun gegayutan adicara akad nikah menika. (Koordinasi dengan mereka). 

Minangka pranatacara ingkang sae inggih menika paling boten kedah sampun wonten saklebeting pawiwahan kirang langkung setunggal jam sakderengipun acara katindaaken. Menika supados saget mirsani suasana saha nyamaptaaken napakemawon ingkang badhe kalampahaken.

Mugi artikel sepala menika saget atur biantu dhumateng panjenengan.

Nuwun 

TERJEMAH BAHASA INDONESIA

SUSUNAN ACARA AKAD NIKAH

  1. Pembukaan
  2. Bacaan ayat suci alquran dan Sari Tilawah 
  3. Priksan Jati diri 
  4. Khotbah Nikah
  5. Ijab Qobul
  6. Doa
  7. Bacaan Siqot Taklik
  8. Tapak Asma Buku Nikah
  9. Serah terima Buku Nikah
  10. Selesai
Demikian mengenai urutan acara dalam akad nikah. Sebelum acara dimulai, semua petugas (yang ditugasi) harus dipastikan siap. 

Para petugas seperti siapa yang akan menjadi wali nikah, saksi nikah dari calon temanten kakung ataupun dari pihak calon temanten putri, petugas-petugas harus sudah disiapkannya sebelum acara dimulai.

Baca Juga: 
Selain itu pranatacara juga harus selalu berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan terkait acara tersebut, seperti dokumeter, soundmen dan lain-lain. (Koordinasi dengan mereka). 

Sebagai pranatacara yang baik yaitu paling tidak sudah hadir satu jam sebelum acara dijalankan.

Hal itu berguna untuk bisa melihat situasi dan menyiapkan apa saja yang akan dijalankan.

Semoga artikel sederhana ini bisa membantu. (Mugi artikel sepala menika saget atur biantu dhumateng panjenengan). Artikel lainnya Artikel sanesipun kadasta tuladaha aturipun pambiwara saklebiting adicara panggih temanten Jawi saget mirsani wonten ing ngriki.




0 comments

Post a Comment