Tuladha Atur Pambagyaharja Terbaru

CONTOH PAMBAGYA HARJA YANG BAIK
Tuladha atur pambagyaharja

Contohtekspranatacara.com- Pambagyaharja umumnya selalu ada pada acara resepsi/ pernikahan atau acara-acara lain seperti khitanan. Pambagyaharja diberikan untuk menyambut para tamu undangan dan ucapan terima kasih kepada para mitra dan handaitaulan yang telah membantu terlaksananya acara. 

Pambagyaharja ditugaskan kepada orang yang telah ditunjuk sebelumnya oleh pamangku gati/tuan rumah. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bila duta yang telah ditunjuk berhalangan, tugas ini akan diserahkan kepada pranatacara untuk mewakilinya. Maka dari itu, sebagai pranatacara hendaknya juga mampu menguasai materi mengenai pambagyaharja ini. 
Isi Pambagyaharja setidaknya memuat hal sebagai berikut:
  1. Salam
  2. Syukur 
  3. Ucapan Selamat Datang
  4. Memberitahukan mengenai hajat/acara yang sedang berlangsung
  5. Meminta doa
  6. Ucapan terima kasih
  7. Permohonan maaf

Isi pesan pambagyaharja diatas hendaknya bisa tersampaikan karena merupakan ungkapan dari pamangku gati yang diwakilkan kepada duta pambgyaharja. Sebagai bahan saya berikan contoh pambagyaharja acara pernikahan. untuk Pambagyaharja acara-acara lain tinggal merubah saja kepentingannya. Contoh bisa lihat dibawah ini.


TULADHA ATUR PAMBAGYAHARJA TEMANTEN

Assalamua'laikum Wr Wb.

➤ Kula nuwun dhumateng para tamu kakung miwah putri ingkang winantu ing suka basuki, para sepuh, pini sepuh ingkang sampun pana ing pamawas sarta lebda ing pitutur ingkang pantes hanampi sagungeng sekar pakurmatan
Panjenenganipun para sarjana sujananeng budi, para priyagung pangemban pengembating praja, para satriyaning nagari minangka pandam pandoming para kawula dasih ingkang satuhu kinormatan.
Boten katalumpen dhumateng para kadang mitra, wreda mudha ingkang pantes sinudarsana.

Nun inggih awit saking keparengipun pamangku gati saha kapanatyan bawahan manton(kepanitiaan acara manten) ing kalenggahan menika. Kula pun ..(nama diri misal Hendro)..kinen sumileh sarira angemban wuwus ngaturaken wedharing gantha babaring prasedya.

➤ Minangka purwakaning atur, sumangga sesarengan kula dhereaken ngaturaken suka syukur wonten Ngarsanipun Gusti Allah ingkang Maha Wikan ingkang sampun kepareng hambabar daya pangaribawanipun ingkang tumanduk dhumateng kawula dasih. Satemah wonten ing kalodhangan menika panjenegan sedaya lan  kula taksih saget makempal wonten papan panggenan menika kanthi rahayu wijeng nir ing sakara-kara. 

Sumangga sinartan ndedunga mugi-mugi salwiring gati wiwit purwa, madya dumugui wasana mangke saget pinaringan gancar, rancak sepen ing rubeda.

➤ Para tamu kakung miwah putri sinedhahan ingkang winantu ing suka basuki, madyaning suka ing kalenggahan menika , Bapa..(nama tuan rumah/pamangku gati)...sekalian angambali atur pambagyawilujeng awit karawuhan panjenengan sedaya sinarengan raos panuwun ingkang tanpa pepindhan, mugi keparenga pinarak sinambi ngrantos wosing gati dumugi pari purnaning pawiwahan ing kalenggahan menika.

Pastinya anda juga ingin tahu mengenai: Sekolah Pranatacara 

➤ Parandene wosing gati adicara pahargyan menika nun inggih panjenenganipun pamangku gati Bapa.. (nama tuan rumah) sekalian netepi peperangan darmaning asepuh maharghya suta amiwaha siwinun inggih putrinipun ingkang asesilih..(nama mempelai putri) ..dahup kalian Bagus..(nama pengantin putra)..jalu tenayanipun Bapa..(nama besan/orang tua pengantin putra)..ingkang pidalem ing..(alamat besan/ pengantin putra).Wondene wiwaha gama satataning adat sarta agami, sampun kelampahan kala wau wanci..(waktu akad nikah jika sudah terlakasana)..antuk pepayung karahayon tebih ing sambekala.

➤ Winantu pangajabing sedya  saking Bapa..(nama tuan rumah/pamangku gati) sarimbit,mugi wonten sukalilaning manah panggalihipun para tamu kasuwun puja hastawa hastunipun, satemah penganten sarimbit sageta tresna tiresnanan, atut runtut anggennya mangun bale wisma, hayu hayem hangayomi(sakinah mawaddah wa rahmah), saha enggal pinaringan kanugrahan saking Gusti wujuding golek kencana ingkang saget tata jalma pinangka panyambating sejarah, rah tumerahipun ingkang sami mangun bebesanan.

➤ Para tamu kakung putri ingkang agung ing darma, boten katalumpen(lali)Bapa..(nama pamangku gati) sekalian ugi ngaturaken agunging panuwun dhumateng para sanak kadang miwah tangga tepalih, pamong mitra sedayanipun, ingkang sampun kepareng paring iguh pratikel menapa dene penggalihan. Sedaya kalawau bapa..(nama pamangku gati) sekalian garwa boten saget mangsulaken karana lahir, amung kasumanggaaken wonten ngarsanipun Gusti allah Ingkang Maha Kawasa. Mugi kadarman panjenengan kalawau dadosa amal kesaenan, saha pikantuk peparing nugraha ingkang satraju(setimpal).

                      
➤ Pepuntaning atur saking bapa..(nama pamangku gati) sarimbit, hambok bilih anggenipun nampi karawuhan panjenengan sedaya wonten kiranging boja miwah krama, mugi kaagungna pangaksama panjenengan.
Kula ugi taksih titah sawantah, ingkang kapurba winisesa dening Gusti, kiranging suba sita kula nglenggana taksih kiranging seserepan ingkang kedah nyadong wewarahing para winasis ing reh basa tuwin sastra. Hayu-hayu raharja niskala. nuwun.

Wassalamua'laikum Wr. wb.
----------------------------------------------------
TERJEMAH BAHASA INDONESIA
----------------------------------------------------

TULADHA ATUR PAMBAGYAHARJA TEMANTEN

Assalamua'laikum Wr Wb.
 
➤ Kepada para tamu yang berbahagia, beliau-beliau yang dituakan, para orang tua yang sudah berpengalaman yang pantas dihormati. Para sarjana yang baik budinya, para pegawai yang mengemban tugas  negara yang sungguh dimuliakan. Tidak tertinggal kepada para mitra,  para remaja yang pantas dibanggakan. 

Berawal dari keinginan pamangku gati dan panitia (kepanitiaan acara manten) di hari ini. Saya ..(nama diri misal Hendro).. perkenankan menjadi wakil untuk menyampaikan segala hajatnya.

➤Untuk mengawali bicara, mari bersama -sama saya ikuti mengucapkan syukur kepada Allah yang maha Tahu yang telah berkenan memberikan Rahmatnya kepada hambanya. Sehingga di kesempatan ini kita semua bisa berkumpul di tempat ini dengan selamat tanpa halangan apapun.

Turut kita panjatkan doa semoga acara dari awal hingga akhir nanti diberikan kelancaran, meriah dan jauh dari gangguan.

➤ Para tamu undangan yang berbahagia, di tengah kegembiraan hari ini, Bapa..(nama tuan rumah/pamangku gati)...dan istri kembali mengucapkan selamat datang dan teriring ucapan terima kasih yang mendalam. Berkenan kiranya duduk dengan nyaman mengikuti acara hingga selesai nanti.

➤ Sedangkan keperluan acara hari ini yaitu Bapa.. (nama tuan rumah) dan istri memenuhi kewajiban sebagai orang tua menikahkan putrinya yang bernama..(nama mempelai putri) ..dengan Bagus..(nama pengantin putra)..putra laki-lakinya Bapa..(nama besan/orang tua pengantin putra)..yang tinggal di..(alamat besan/ pengantin putra). Adapun upacara nikah secara agama maupun adat telah terlaksana tadi pukul (waktu akad nikah jika sudah terlakasana)..mendapat Rahmat keselamatan dijauhkan segala halangan.

➤ Harapan dari Bapa..(nama tuan rumah/pamangku gati) dan istri, berkenan dengan ikhlas hadirin sekalian memberikan doa, sehingga mempelai bisa saling cinta mencintai, guyup rukun dalam berumah tangga, bisa, bekerjasama, menentramkan dan saling menjaga (sakinah mawaddah wa rahmah), serta segera diberikan momongan sebagai penerus sejarah dalam keluarga.

➤ Para tamu kakung putri yang agungb darmanya, tidak lupa Bapa..(nama pamangku gati) dan istri juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para saudara dan tetangga, sahabat semuanya, yang telah berkenan memberikan sumbang sarannya. Semua itu Bapa..(nama pamangku gati) dan istri tidak bisa mengembalikan secara lahir, hanya diserahkan kepada Allah yang maha Kuasa, semoga kebaikan-kebaikan tadi menjadi amal soleh, serta mendapat berkah dan balasan yang seimbang/setimpal.
                      
➤ Akhir kata dari Bapa..(nama pamangku gati) dan istri, apabila dalam menerima dan menyambut Bapak Ibu sekalian ada kekurangannya, berkenan kiranya memberikan maaf yang sebesar-besarnya.

Saya juga sekedar menjalankan, semua tergantung kepada Allah SWT, saya menyadari masih perlu belajar banyak kepada para pakar bahasa dan sastra. Hayu-hayu raharja niskala. nuwun.

Wassalamua'laikum Wr. wb.

Artikel pambagyoharjo merupakan artikel pelengkap dari artikel saya yang memberikan contoh atur PASRAH PENGANTIN. Materi atur pasrah sangat penting dikuasi karena banyak digunakan di dalam masyarakat.

Sedangkan tak kalah penting untuk dipelajari adalah materi  TAMPI  yang pastinya juga perlu dilatih agar makin siap ketika nanti menerima tugas sebagai penampi.

Semoga bermanfaat. Mari niatkan dan kuatkan hati bahwa dengan membantu sesama Allah pun akan membantu dan memberikan jalan keluar untuk semua urusan kita. Rejeki tidak dari satu tempat jadi lakukan semua dengan sebaik-baiknya.









0 comments

Post a Comment