Contoh Teks Pranatacara Jawa Versi Bahasa Indonesia

Contoh Teks Pranatacara Jawa Versi BAHASA INDONESIA


Contohtekspranatacara.com- Memenuhi harapan dari pengunjung setia blog ini, maka berikut saya posting contoh teks pranatacara dalam versi Bahasa Indonesia untuk memudahkan pemahaman mengenai apa saja yang disampaikan saat membawakan/memandu acara dengan adat Jawa. Adapun contoh teks dalam versi asli (Bahasa Jawa) bisa anda lihat pada postingan saya CONTOH TEKS PRANATACARA TERBARU

Langsung saja, berikut terjemahannya.


Assalamuallaikum Wr Wb (Bagi yang muslim)

Dengan panjatan segala puja kepada Tuhan pemelihara alam, sehingga berkenan menebarkan kasihNya kepada hambaNya, terbukti dikesempatan kali ini kita semua bisa berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan yang baik tanpa ada kendala. Maka dari itu, mari kita panjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Bijaksana teriring doa dengan harapan, semoga apa yang menjadi hajat (acara) kita dari mulai hingga selesai nanti dapat berjalan dengan baik, lancar, meriah dan dijauhkan dari segala halangan terbebas dari gangguan.

Kepada hadirin sekalian yang sungguh pantas menerima penghormatan.
Kepada para sesepuh yang sangat luas wawasan dan bijaksana dalam bertutur kata
Kepada para purna karya (pensiunan) dan para sarjana yang berbudi baik
tidak terlupakan kepada para muda-mudi sekalian yang berbahagia,

Perkenankanlah saya hadir dihadapan anda semuanya dalam rangka mengemban tugas dari pemilik hajat yaitu Bapak.....(yang punya hajat).....ditunjuk guna memandu pesta sederhana pernikahan Nimas Ayu...(Nama pengantin putri)...yang di hari ini dipersunting oleh Dhimas Bagus .....(nama pengantin putra) anak lelaki dari Bapak...(nama besan) yang berasal dari desa/daerah... (nama desa besan).

Baca juga artikel : Contoh teks atur pasrah
                              Contoh teks atur tampi

Hadirin sekalian yang sungguh pantas menerima segala penghormatan.

Untuk memulai kegiatan, perkenankan terlebih dahulu saya bacakan urutan acara yang sudah disusun oleh keluarga yang sedang berbahagia. adapun isi acara yaitu:
  1. pembukaan
  2. keluarnya pengantin putri
  3. Kedatangan pengantin putra
  4. pasrah dan terima
  5. panggih (dipertemukannya kedua mempelai)
  6. krobongan (isi acara merupakan ritual adat sebagai perlambang permohonan dan doa terhadap Tuhan)
  7. mapak besan (menjemput besan)
  8. sungkeman (merupakan sembah penghormatan dan permintaaan restu terhadap kedua orang tua)
  9. photo pengantin
  10. pambagya harja (sambutan tuan rumah)
  11. panutup/purna
Demikianlah hadirin sekalian, apa-apa yang menjadi urutan acara pada kesempatan kali ini. selanjutnya diharapkan anda semua berkenan mengikuti jalannya acara dengan bergembira hati hingga acara berakhir nanti.

Dalam setiap sesi acara agar tidak sepi dan bisa menghidupkan suasana perlu diputarkan gending-gending pahargyan temanten.Untuk membuka acara gendingnya adalah Ktw. Mijil Wigaraningtyas Pl. 6 / Pramugari Pl.Br

Dalam setiap acara terbagi beberapa sesi seperti yang sudah terdaftar dalam susunan acara tersebut di atas. Sebagai pranatacara tentunya dalam setiap sesinya harus mengarahkannya agar bisa urut dan berjalan sesuai yang sudah direncanakan.

Berikut contoh mengarahkan sesi:

PEMBUKAAN

Hadirin yang berbahagia, marilah kita buka acara pada kesempatan ini bersama-sama. khususnya yang memeluk agami Islam diharapkan membaca surat Al Fatikhah sekali, sedangkan bagi pemeluk agama lain bisa menyesuaikan  dengan kepercayaannya masing-masing.
Silahkan (membaca al-fatikhah)........Demikian hadirin acara telah kita buka bersama, semoga dengan doa dari anda sekalian acara nanti bisa berjalan lancara jauh dari segala gangguan. Aamiiin

KELUARNYA PENGANTIN PUTRI 
Masuk ke acara berikutnya yaitu keluarnya pengantin Putri dari kamar rias menuju kursi pelaminan, saat ini sudah ada tanda bahwa pengantin putri sudah selesai berhias. Oleh karena itu, kepada mereka yang mendampingi dan mengarahkan (pengantin putri) dipersilahkan.

Untuk sesi ini gending pahargyan yang diputar yaitu Ktw.Sekarteja Sl.My / Ktw Puspawarna Sl.My
Agar semakin hidup mijilipun temanten putri ini bisa diberikan candra yang contoh teksnya bisa di lihat pada artikel Contoh Teks Panyandra Temanten Jawa Terbaru.untuk sesi berikutnya

KEDATANGAN PENGANTIN PUTRA
Hadirin sekalian yang saya hormati, Pengantin putri sudah duduk dengan nyaman di kursi pelaminan, maka dari itu, segera dilakukan acara selanjutnya yaitu acara yang ketiga KEDATANGAN PENGANTIN PUTRA dari tempat singgah menuju ke dalam gedung pertemuan.

untuk sesi ini gendingnya Ldr. Wilujeng dan biar tambah hidup suasananya bisa diberikan candra yang contohnya bisa dilihat di Contoh Candra Temanten Pada Acara Pernikahan Jawa.
Contoh teks berikutnya adalah untuk sesi Pasrah dan tampi 

PASRAH-TERIMA
Hadirin tamu undangan yang mulia. Masuk ke acara berikutnya yaitu acara serah dan terima. Adapun yang akan menjadi wakil  sebagai duta dari Bapak...(Nama besan) yaitu Bapak ..(nama wakil pasrah)...adapun yang menjadi wakil dari tuan rumah yaitu Bapak..(nama wakil tuan rumah/yang punya hajat). Maka dari itu, kepada yang terhormat bapak-bapak yang ditunjuk waktu secukupnya dipersilahkan.

Pastinya anda juga tertarik untuk meonoton belajar pranatacara dengan mudah. KLIK saja.


9 TIPS AGAR TERHINDAR DARI GROGI SAAT TAMPIL MEBAWAKAN ACARA

Tidak dipungkiri bahwa ketika menghadapi atau berbicara di hadapan orang banyak akan muncul rasa deg-degan, grogi, atau bahkan gemetaran sehingga materi yang sudah disusun dalam ingatan pun bisa buyar entah kemana. tentu hal ini membuat sangat tidak nyaman dan segera perlu penanganan. Dengan adanya latihan dan beberapa hal yang dilakukan akan membuat rasa percaya diri tumbuh sehingga ketika tampil bisa maksimal dan acara pun bisa dipandu dengan baik, meriah dan sukses. berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Sering berlatih mandiri sehingga benar-benar terbiasa
latihan meliputi cara berbicara, pemenggalan kata, gaya bicara, gerak dll.
2. Mencari tahu apa saja yang bersangkutan dengan acara yang akan dibawakan
3. Catat poin-poin penting yang akan disampaikan (buatlah Q-card sehingga terlihat keren)
4. Tampil serapi mungkin dan sesuaikan dengan acara yang akan dibawakan
5. Tampil modis, wangi nafas dan badan tidak bau (karena akan menjadi pusat perhatian orang)
6. Datang diacara lebih awal untuk bisa menguasai keadaan (MC haram datang terlambat, sangat fatal akibatnya)
7. Sering mengikuti acara serupa yang dibawakan oleh profesional sehingga bertambah wawasan
9. Cari teman atau mentor yang bisa membimbing. (bila ada lembaga pelatihan, dengan mengikutinya akan lebih baik).
10. Belajar pada ahlinya seperti kursus di SEKOLAH PRANATACARA SEMARANG
 
Semoga membantu.

0 comments

Post a Comment