Contoh Teks Pranatacara Ketika Akan Masuk Acara dan Sesudah Pambagyaharja (dilengkapi Kirab Kanarendran)



Hidup bermanfaat bagi orang lain merupakan suatu keberkahan tersendiri. Kehadiran kita di masyarakat begitu dihargai karena memberikan kebermanfaatan. Banyak hal yang bisa dilakukan agar menjadi diri yang bermanfaat, salah satunya adalah menjadi pranatacara di acara pernikahan. 

Nah! Menjadi pranatacara bisa belajar di lembaga pelatihan seperti yang diselenggarakan  oleh LPK PERMADANI Semarang, atau belajar secara mandiri. Agar lebih mudah dalam belajar, di website ini telah banyak di berikan contoh -contoh dalam membawakan acara di pernikahan khususnya adat Jawa.

Pambagyaharja merupakan acara sambutan tuan rumah. Dalam pambagya harja, tuan rumah memberikan sambutan berupa ucapan selamat datang, mempersilahkan duduk, mengucapkan terima kasih serta memohon maaf atas segala kekurangan.

Pambagyaharja atau sambutan tuan rumah dalam pelaksanaannya umumnya diwakili oleh juru bicara. Sebagai pranatacara sudah seharusnya paham betul siapa yang akan bertugas. Maka pranatacara harus memastikan bahwa petugas tersebut sudah siap. Pastikan untuk tahu siapa namanya sehingga ketika acara akan dimulai pranatacara siap untuk memanggil dengan menyebut namanya.

Berikut ini contoh teks pranatacara ketika akan masuk acara pambagyaharja lengkap dengan terjemah Bahasa Indonesia.

TULADHA ATURIPUN PANATACARA NGANCIK ADICARA PAMBAGYAHARJA

Para rawuh saha para lenggah, panjenenganipun Bapa (ingkang mengku gati) badhe marak ngabyantara sami, saperlu ngaturaken pambagyaharja.

Miwah wudharing gantha, lekas wekasing sedya wigatosing gati. Inggih kabekta saking raos bombong, miwah mongkoking manah, karana karoban ing sih sadaya ingkang sampun kepareng hanjenengi, saengga boten kuwawi matur piyambak, jrih menawi boten saged kawiyos ing lathi, namung kandheg wonten ing - jangga, mila lajeng hanyaraya dhumateng panjenenganipun Bapa Puryanto.

Menggah jumenengipun badhe kahapit lampah/jinajaran Deming Bapa Paiman saha Bapa Wagiman.

Dene temanten sarimbit, katuran jumeneng wonten sangajenging dhampar rinengga, kahapit dening ingkang hamengku gati. 

Ing salajengipun dhumateng para-para ingkang piniji, sasana saha swasana kawula sumanggakaken, sumangga.

nuwun.

Terjemah Bahasa Indonesia

CONTOH TEKS PRANATACARA KETIKA AKAN MASUK KE ACARA PAMBAGYAHARJA.

Para tamu undangan,  Tuan rumah yang punya hajat akan memberikan sambutan.

Dengan segala gemuruh di hati, ingin segera menyampaikan segala rasa beliau.  Begitu terharu serta bangganya bagaikan tenggelam di samudera madu karena kehadiran para tamu sekalian sehingga tidak mampu menyampaikan sendiri, oleh karena itu meminta bantuan kepada Bapak Puryanto untuk menyampaikannya.

Adapun dalam menyampaikannya akan ditemani oleh Bapak Paiman dan Bapak Wagiman.

Sedangkan kepada mempelai berdua dipersilahkan berdiri di kursi pelaminan dengan diapit oleh tuan rumah.

Selanjutnya kepada beliau-beliau yang telah disebutkan disilahkan.

Terima kasih.

CONTOH TEKS SESUDAH PAMBAGYAHARJA

(TULADHA ATURIPUN PANATACARA SASAMPUNIPUN ATUR PAMBAGYAHARJA)

Satuhu tatas titis, terang gamblang, wijang wijiling pangandika, kaduk ruruh hangarah prana panjenenganipun Bapa....(namanya) anggenipun ngaturaken pambagyaharja miwah wosing gati sampun paripurna. 

Ing salajengipun keparenga ngambali atur, mugi panjenenganipun para tamu kasuwun lelenggahan kanthi mardu mardikaning penggalih ngantos dumugi paripurnaning pahargyan.

Terjemah Bahasa Indonesia 

Terdengar jelas pengucapannya Bapa....(namanya) dalam menyampaikan keperluan tuan rumah sehingga tuntas.

Selanjutnya perlu kami sampaikan lagi, diharapkan hadirin berkenan duduk dengan nyaman untuk mengikuti acara hingga selesai nanti.

CONTOH AKAN MASUK KIRAB KANARENDRAN (PENGANTIN BERGANTI PAKAIANA)

Setelah sesi pambagyaharja, adakalanya jika masih menggunakan pakem resmi akan ada sesi ganti baju. Pengantin yang sebelumnya berada di sasana pelaminan akan turun menuju ke kamar untuk berganti pakaian dan model berbeda. Berjalannya dari pelaminan menuju kamar inilah yang disebut kirab kanarendran.

Dalam sesi ini juga diputarkan gendhing-gendhing pengiring pahargyan untuk kirab kanarendran. Namun sebelum berlangsungnya kirab, seorang pranatacara harus memberi tahu tamu dan mengantarkan acara ini. Berikut ini contoh teksnya:

TULADHA ATURIPUN PANATACARA BADHE UPACARA KIRAB KANARENDRAN

Para lenggah kakung sumawana putri ingkang satuhu luhuring budi, keparenging sedya temanten sarimbit badhe jengkar saking sasana rinengga, arsa kinirapaken wonten ngarsaning para tamu, tumunten manjing sasana busana, saperlu rucat busana kanarendran, santun busana kasatriyan. Tataning kirab sinanggit ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. 

Kados-kados sampun samekta ing gati para paraga ingkang badhe njengkaraken putra temanten, menggah kaleksananing sedya kawula sumanggakaken dhumateng para-para ingkang piniji. 

Jengkaring Sang Suba Manggala, lamun cinandra kawistara piyaking ngarsa tangkep ing wun (Gendhing Ayak-ayakan, laras pelog pathet barang), utawi binarung rerepen Sekar Pangkur Gedhong Kuning, laras pelog pathet barang Wondene Jengkaring temanten sarimbit saking sasana wiwaha tumuju sasana busana binarung ungeling Ketawang Langengita Sri Narendra, laras pelog pathet barang.

Terjemah Bahasa Indonesia 

Bapak Ibu hadirin yang berbudi mulia, acara selanjutnya pengantin akan melakukan kirab meninggalkan tempat untuk berganti busana melepaskan pakaian raja, berganti dengan pakaian ksatriaan. Tatacara kirab sesuai dengan adat yang masih berlaku. 

Sepertinya sudah siap menjalankan tugasnya. Maka dari itu, kepada Beliau-beliau disilahkan.

Berlalunya Sang Suba Manggala, bila diibaratkan terlihat bagaikan piyaking ngarsa tangkep ing wun (Gendhing Ayak-ayakan, laras pelog pathet barang), atau diiring dengan rerepen Sekar Pangkur Gedhong Kuning, laras pelog pathet barang. Sedangkan berlalunya kedua mempelai menuju tempat pergantian busana diiringi dengan Ketawang Langengita Sri Narendra, laras pelog pathet barang.

Demikian untuk contoh teks pranatacara dalam mengarahkan pambagyoharjo dan kirab Temanten. 

Dalam sesi ini bagus juga diberikan panyondro:

Klik di sini contoh panyondro kirab kanarendran 

Untuk contoh teks pranatacara lainnya silahkan cek di website ini.



0 comments

Post a Comment