Kursus Pranatacara LPK Sang Pawara & Permadani Kediri

 


Profesi pranatacara atau MC Bahasa Jawa kini tampaknya tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya profesi ini tidak hanya sekedar berani berbicara di depan orang banyak, namun diperlukan pengetahuan dan keterampilan dalam berbahasa Jawa. Dengan pengetahuan dan terampil dalam berbahasa pastinya akan bisa memandu acara dengan baik. 

Profesi pranatacara menurut salah  satu sumber cukup menjanjikan karena bisa menghasilkan pundi-pundi ke kantong untuk menambah uang belanja. Meski bervariasi, dalam sekali kegiatan memandu bagi pranatacara profesional yang melayanai acara besar seperti pernikahan adat bisa memperoleh pembayaran jasa dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jika sebulan bisa memperoleh job 10 kali saja bisa menambah gendut rekening tabungan.

Baca juga informasi sekolah pranatacara

PERMADANI SEMARANG MEMBUKA PELATIHAN PRANATACARA DAN PAMEDARSABDA

Pranatacara hingga jaman modern ini masih dibutuhkan seiring masih eksisnya kegiatan-kegiatan menggunakan bahasa Jawa. Salah satu acara yang paling sering dilaksanakan di masyarakat adalah pernikahan menggunakan adat Jawa. Pranatacara mempunyai peran penting karena memegang kendali acara. Pranatacara sebagai pemandu kegiatan sering dibutuhkan agar  kegiatan bisa berjalan lebih lancar. 

Memandu acara butuh keterampilan. Keterampilan ini harus diasah agar semakin meningkat kemampuannya. Seorang pemandu hendaknya menguasai seluk beluk acara yang akan dibawakannya. Bila ingin memandu sebuah acara pernikahan adat maka hendaknya memperluas pengetahuan mengenai tatacara pernikahan. Dalam meningkatkan keterampilan seseorang yang akan menekuni profesi pranatacara bisa belajar secara meandiri melalui buku-buku, website ataupun melalui lembaga pelatihan.

Sang Pawara

Sanggar Sang Pawara cabang Semarang sebagai sebuah lembaga pelatihan ke-pranatacaraan yang berpusat di Keraton Surakarta Hadiningrat membuka penerimaan peserta didik baru. Lokasi pelatihan di jalan Gayamsari Selatan No. 12 RT 08 RW 05, Kelurahan Sendang Guwo, Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.

Pengajar merupakan guru berpengalaman ada yang dari Semarang ataupun yang didatangkan langsung dari Keraton. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000 saja, peserta akan memperoleh materi pelatihan diantaranya:

  • Sesuluh kebudayan Jawi
  • Sesuluh Basa Jawi
  • Kawruh Pambiwara
  • Gladen Busana Jawi
  • Gladen Beksan 
  • dan lain-lain seputar kebudayaan Jawa
Waktu pelatihan seminggu 3 kali selama 6 bulan. Pertemuan setiap Minggu pukul 12.30-17.00 WIB, Selasa pukul 19.00-22.00 WIB, Jumat pukul 19.00-22.00 WIB.
 

 Ujian tertulis dilaksanakan di sanggar Sang Pawara Semarang, sedangkan ujian praktek akan dilakukan di Keraton Surakarta. Peserta setelah lulus akan mendapatkan sertifikat. 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

KRRA Sudarsono Nagara : 085700300105

KRRA Harsadiningrat : 081325713444


Permadani Kediri

Gambar dari Instagram Permadani Kediri

Permadani Kediri - Kebudayaan Jawa merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia. Kebudayaan Jawa berkembang dan tumbuh di masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa memiliki beragam kebudayaan diantaranya dari cara berbahasa, berbusana dan juga aneka kesenian yang berciri khusus. Kebudayaan yang tumbuh di masyarakat Jawa ini masih terus dikembangkan baik oleh masyarakat sendiri maupun melalui lembaga-lembaga pendidikan.

LPK Permadani merupakan lembaga yang juga turut mengembangkan kebudayaan Jawa.  LPK permadani yang berpusat di Kota Semarang juga telah memiliki cabang di berbagai daerah diantaranya di Kota Kediri. LPK permadani cabang Kediri beralamat di Jl. Joyoboyo gang Mawar, RT 23 RW 03 Karang Rejo, Ngasem, Kediri.



Materi yang diajarkan di LPK Permadani Kediri sangat menarik karena lengkap bagi mereka yang ingin menekuni budaya Jawa. Seperti LPK Permadani lainnya, materi yang diajarkan diantaranya:

  • Basa tuwin sastra
  • Budi pekerti
  • Renggeping wicara
  • Sikep
  • Adat tatacara Jawi
  • Ngedi busana ngedi Sarita
  • Padhuwungan
  • Sekar gendhing
  • Sekar setaman 

Permadi Kediri menerima peserta dari kalangan umum maupun pelajar. Pendaftaran juga cukup mudah hanya dengan mengisi blangko yang disediakan dan melengkapi dengan KTP atau kartu pelajar. Untuk biaya cukup terjangkau peserta hanya dikenakan Rp. 200.000. untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomer telpon 0857 4544 8155

Atau dapat menghubungi melalui direct message ke Instagram Permadani Kediri 













0 comments

Post a Comment