Kursus pranatacara bahasa Jawa

 

kursus-pranatacara-bahasa-jawa-semarang-kediri
Kursus Pranatacara MC Bahasa Jawa

Kursus Pranatacara MC Bahasa Jawa masih diminati karena banyaknya acara adat dan budaya yang masih mempertahankan bahasa Jawa sebagai bahasa pengantar. Selain itu, banyak juga acara resmi yang membutuhkan MC berbahasa Jawa. Oleh karena itu, kursus pranatacara bahasa Jawa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menekuni profesi ini. Dengan mengikuti kursus, peserta akan belajar tata cara membawakan acara, etika berbahasa, serta penyampaian kalimat-kalimat yang tepat dalam bahasa Jawa.

Profesi pranatacara memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Tidak hanya menguasai bahasa Jawa dengan baik, tetapi juga memahami budaya dan adat yang terkait dengan acara yang akan dibawakan. Keterampilan membawakan acara secara baik dan menarik juga menjadi hal yang penting dalam profesi ini. Oleh karena itu, mengikuti kursus Pranatacara MC Bahasa Jawa dapat menjadi jalan bagi seseorang yang ingin mempelajari dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang ini. Selain itu, kursus juga dapat membantu peserta untuk membangun jaringan relasi di dunia industri acara, yang akan memudahkan mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan mengikuti kursus Pranatacara MC Bahasa Jawa, peserta akan mendapatkan keuntungan dalam memandu acara dengan baik. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari kursus akan membantu peserta untuk menghindari kesalahan dalam berbahasa dan membawakan acara dengan cara yang menarik. Dalam era modern ini, profesi pranatacara bahasa Jawa masih diminati dan menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menekuni bidang ini. Dengan menguasai bahasa Jawa dengan baik dan memiliki keterampilan membawakan acara yang baik, peluang mendapatkan pekerjaan dalam bidang ini semakin terbuka lebar.

Baca juga informasi sekolah pranatacara:

PERMADANI SEMARANG MEMBUKA PELATIHAN PRANATACARA DAN PAMEDARSABDA

Pranatacara hingga jaman modern ini masih dibutuhkan seiring masih eksisnya kegiatan-kegiatan menggunakan bahasa Jawa. Salah satu acara yang paling sering dilaksanakan di masyarakat adalah pernikahan menggunakan adat Jawa. Pranatacara mempunyai peran penting karena memegang kendali acara. Pranatacara sebagai pemandu kegiatan sering dibutuhkan agar  kegiatan bisa berjalan lebih lancar. Kursus pranatacara MC bahasa Jawa adalah pilihan tepat meningkatkan kemampuan diri. 

Memandu acara butuh keterampilan. Keterampilan ini harus diasah agar semakin meningkat kemampuannya. Seorang pemandu hendaknya menguasai seluk beluk acara yang akan dibawakannya. Bila ingin memandu sebuah acara pernikahan adat maka hendaknya memperluas pengetahuan mengenai tatacara pernikahan. Dalam meningkatkan keterampilan seseorang yang akan menekuni profesi pranatacara bisa belajar secara meandiri melalui buku-buku, website ataupun melalui lembaga pelatihan.

Berikut ini tempat kursus pranatacara MC Bahasa Jawa

Sang Pawara Semarang

Sanggar Sang Pawara cabang Semarang sebagai sebuah lembaga pelatihan ke-pranatacaraan yang berpusat di Keraton Surakarta Hadiningrat membuka penerimaan peserta didik baru. Lokasi pelatihan di jalan Gayamsari Selatan No. 12 RT 08 RW 05, Kelurahan Sendang Guwo, Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.

Pengajar merupakan guru berpengalaman ada yang dari Semarang ataupun yang didatangkan langsung dari Keraton. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000 saja, peserta akan memperoleh materi pelatihan diantaranya:

  • Sesuluh kebudayan Jawi
  • Sesuluh Basa Jawi
  • Kawruh Pambiwara
  • Gladen Busana Jawi
  • Gladen Beksan 
  • dan lain-lain seputar kebudayaan Jawa
Waktu pelatihan seminggu 3 kali selama 6 bulan. Pertemuan setiap Minggu pukul 12.30-17.00 WIB, Selasa pukul 19.00-22.00 WIB, Jumat pukul 19.00-22.00 WIB.
 

 Ujian tertulis dilaksanakan di sanggar Sang Pawara Semarang, sedangkan ujian praktek akan dilakukan di Keraton Surakarta. Peserta setelah lulus akan mendapatkan sertifikat. 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

KRRA Sudarsono Nagara : 085700300105

KRRA Harsadiningrat : 081325713444


Permadani Kediri

kursus-pranatacara-bahasa-jawa-semarang-kediri
Gambar dari Instagram Permadani Kediri

Permadani Kediri - Kebudayaan Jawa merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia. Kebudayaan Jawa berkembang dan tumbuh di masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa memiliki beragam kebudayaan diantaranya dari cara berbahasa, berbusana dan juga aneka kesenian yang berciri khusus. Kebudayaan yang tumbuh di masyarakat Jawa ini masih terus dikembangkan baik oleh masyarakat sendiri maupun melalui lembaga-lembaga pendidikan.

LPK Permadani merupakan lembaga yang juga turut mengembangkan kebudayaan Jawa dengan membuka kursus pranatacara MC bahasa Jawa.  LPK permadani yang berpusat di Kota Semarang juga telah memiliki cabang di berbagai daerah diantaranya di Kota Kediri. LPK permadani cabang Kediri beralamat di Jl. Joyoboyo gang Mawar, RT 23 RW 03 Karang Rejo, Ngasem, Kediri.

Kursus Pranatacara MC Bahasa Jawa

Materi pelajaran

Materi yang diajarkan di LPK Permadani Kediri tempat kursus pranatacara MC bahasa Jawa sangat menarik karena lengkap bagi mereka yang ingin menekuni budaya Jawa. Seperti LPK Permadani lainnya, materi yang diajarkan diantaranya:

  • Basa tuwin sastra
  • Budi pekerti
  • Renggeping wicara
  • Sikep
  • Adat tatacara Jawi
  • Ngedi busana ngedi Sarita
  • Padhuwungan
  • Sekar gendhing
  • Sekar setaman 

Info kontak pendaftaran

Permadi Kediri menerima peserta dari kalangan umum maupun pelajar. Pendaftaran juga cukup mudah hanya dengan mengisi blangko yang disediakan dan melengkapi dengan KTP atau kartu pelajar. Untuk biaya cukup terjangkau peserta hanya dikenakan Rp. 200.000. untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomer telpon 0857 4544 8155. Bisa juga menghubungi melalui direct message ke Instagram Permadani Kediri.

Silahkan mengikuti kursus pranatacara MC bahasa Jawa agar makin terasah dan terampil mejadi pranatacara.

0 comments

Post a Comment