Contoh Teks Pranatacara Akan Masuk Upacara Krobongan

TULADHA ATURIPUN PRANATACARA BADHE UPACARA KROBONGAN



Contoh teks pranatacara terbaru.com- Krobongan merupakan puncak acara dalam upacara pernikahan adat Jawa. Pada krobongan ini terdapat beberapa ritual, diantaranya: bobot timbang, tandur atau tanem, kacar-kucur, dilanjutkan sungkeman dan dulang-dulangan dilengkapi dengan unjukan Tirta Wening.

Setelah Krobongan juga ada sesi pambagyoharjo yang contohnya telah saya bagikan di website ini. Selain itu terdapat juga sesi foto dengan pengantin. Jangan lupa untuk mengingatkan kepada para tamu jika mau berfoto disilahkan maju dengan tertib. Sebaiknya juga dipandu agar lancar tidak berebutan, terutama dari pihak keluarga mempelai dulu.

Sebagai pranatacara hendaknya juga mengantarkan acara ini sebaik mungkin. Untuk panduan berikut ini contoh teks nya.

TULADHA ATURIPUN PANATACARA BADHE UPACARA KROBONGAN

Tinon wus paripurna upacara panggih, satuhu trep pindha curiga panggih kaliyan warangka. Bebasan getih rong tetes, daging rong tempel, balung rong ceklek, samangke wus manunggal dadya sajuga. 

Sang jejaka miwah sang kenya, mangkya wus manunggal ing karep. Nunggal sedya, nunggal tekad, nunggal ati, nunggal raga, nunggal jiwa. 

Paraning sedya ninggal alam jejaka miwah kenya, saperlu sesarengan lelayaran ing samodraning gesang, angayahi darmaning kodrat. 

Jejering gesang kedah jejodhohan minangka sarana nangkaraken wiji kinarya lestarining tumuwuh.

Para rawuh saha para lenggah, ngancik adicara salajengipun, nun inggih Upacara Adat Krobongan, anut satataning adat Widhiwidana ingkang sampun lumampah. 

Upacara krobongan punika, antawisipun: Timbangan, Kacar-kucur, Dulangan saha Ngunjuk Rujak Degan/Tirto wening. Wondene ingkang badhe mratitisaken lampahing Upacara Krobongan nun inggih panjenenganipun Ibu juru sumbaga Temanten.

Dhumateng ingkang tinanggenah, wekdal saha papan kawula sumanggakaken.

Lampahing upacara krobongan badhe kabiwadha ungeling ladrang Sri Widodo, Laras pelog pathet barang.

Sesi Foto:

Para tamu kakung miwah putri ingkang winengku ing kabagyan. Ngancik adicara candakipun nun inggih foto Temanten. Dhumateng para tamu ingkang badhe ngersakaken foto saget gegantosan kanthi tertib supados dipun pundut gambaripun kalian tukang gambar. Mliginipun dhumateng para kadang sutresno saking keluarga Ageng bapak ...(pamangku Gati) sekalian, saha keluarga besan Sutrisna supados saget siaga.

TERJEMAH BAHASA INDONESIA

CONTOH TEKS PRANATACARA AKAN MASUK UPACARA KROBONGAN

Terlihat sudah selesai upacara panggih, sungguh pas bagaikan keris bertemu tempatnya. Ibarat darah dua tetes dagis dua iris, tulang dua patahan, kini sudah manunggal menjadi satu. 

Sang jejaka dan gadis kini sudah bersatu dalam tujuan. Satu niat, satu tekat, menyatunya hati dan raga, bersatunya jiwa. 

Bertekat meninggalkan masa jejak dan kegadisan, untuk bersama berlayar ke samudera rumah tangga menjalankan kodrat kehidupan. Kodrat kehidupan diantaranya adalah dengan menikah sebagai sarana melanjutkan generasi.

Hadirin sekalian, beranjak ke acara selanjutnya, yaitu upacara Adat Krobongan, menurut tatacara adat yang sudah berjalan di sini. 

Baca juga:

Contoh teks masuk pambagyoharjo 

Upacara krobongan tersebut, diantarany: Timbangan, Kacar-kucur, Dulangan serta minum rujak degan/ air putih. Adapun yang akan mengarahkan adalah ibu juru rias pengantin.

Kepada beliau, waktu dan tempat dipersilahkan.

Jalannya upacara krobongan akan diiringi pemutaran gending ladrang Sri Widodo, Laras pelog pathet barang.

Sesi Foto:

Bapak ibu hadirin yang berbahagia, menginjak acara berikutnya yaitu foto pengantin. Kepada para tamu yang menghendaki foto bersama bisa bergantian dengan tertib agar bisa diambil gambarnya oleh juru foto. Khususnya kepada pihak keluarga besar Bapak ...(nama yang punya hajat) dan istri, serta dari keluarga besan agar bisa bersiap.

Sebelum sesi foto juga terdapat acara kirab kanarendran. Contoh masuk dan panyondro juga sudah saya berikan panduannya di website ini.

Demikian postingan tentang panduan masuk acara krobongan.

Semoga bermanfaat.

0 comments

Post a Comment