Contoh teks pranatacara bahasa jawa acara pengajian singkat lengkap dengan tipsnya

contoh-teks-pranatacara-bahasa-jawa-acara-pengajian-singkat-lengkap-dengan-tipsnya
Contoh teks pranatacara bahasa jawa acara pengajian singkat lengkap dengan tipsnya



Pengajian agama Islam adalah kegiatan pengajaran agama yang dilakukan oleh seorang ustadz atau kyai kepada jamaah yang hadir. Kegiatan ini biasanya dilakukan di masjid, musala, atau di rumah-rumah warga sebagai bentuk pengajian yang bersifat kelompok atau komunitas.

Tujuan dari pengajian agama Islam adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan jamaah mengenai ajaran agama Islam serta membimbing mereka dalam mengamalkannya. Pengajian agama Islam juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan antarumat beragama dan membentuk jamaah yang taat beragama.

Dalam pengajian agama Islam, para ustadz atau kyai biasanya membahas berbagai macam topik terkait agama Islam, seperti tafsir Al-Quran, hadits, sejarah Islam, fiqh, akhlak, dan lain sebagainya. Kegiatan pengajian agama Islam juga sering diikuti dengan diskusi dan tanya jawab antara ustadz atau kyai dengan jamaah, sehingga memberikan kesempatan kepada jamaah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang ajaran agama Islam.

Pentingnya pranatacara atau mc bahasa jawa acara pengajian

MC Bahasa Jawa dalam pengajian memiliki peran yang sangat penting karena dapat membantu memperkuat dan mempertahankan penggunaan bahasa Jawa sebagai warisan budaya yang berharga. Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa daerah di Indonesia yang memiliki sejarah panjang dan kaya akan nilai-nilai budaya, sehingga penggunaannya perlu dijaga dan dipertahankan.

Dalam pengajian Bahasa Jawa, MC Bahasa Jawa bertanggung jawab untuk memandu jalannya acara dan memberikan pengantar atau sambutan dalam bahasa Jawa kepada para jamaah yang hadir. Dengan adanya MC Bahasa Jawa, penggunaan bahasa Jawa dalam acara pengajian dapat menjadi lebih lancar dan terjaga, serta dapat memperkuat rasa kebersamaan dan keakraban antara pembicara dan jamaah.

Selain itu, penggunaan bahasa Jawa dalam pengajian juga dapat memberikan dampak positif dalam melestarikan bahasa dan budaya Jawa. Sebagai bahasa daerah yang memiliki nilai budaya yang tinggi, penggunaan bahasa Jawa dalam pengajian dapat menjadi bentuk pelestarian budaya dan warisan nenek moyang yang perlu dijaga agar tidak hilang atau terkikis oleh budaya globalisasi yang semakin berkembang saat ini. Oleh karena itu, peran MC Bahasa Jawa dalam pengajian sangat penting untuk melestarikan bahasa dan budaya Jawa sebagai identitas budaya bangsa Indonesia

Contoh teks pranatacara Bahasa Jawa acara pengajian yang telah dilengkapi tips

Persiapan perlu dicatat dulu

Pembawa acara harus memastikan dan mengetahui siapa-siapa yang akan terlibat mengisi acara. Mulai dari tempat, nama petugas yang akan memberi sambutan, pengisi acara mauidhoh dan lainnya jika ada. 

Pada kesempatan kali ini saya berikan contoh acara pengajian memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah.  Adapun tempat dan petugas sebagai berikut:

Tempat : RT 1 RW 1.

Petugas pembaca Al-Qur'an: Ahmad Syaifudin.

Nama pemberi sambutan 1: ketua panitia Bapak Darmawan.

Nama pemberi sambutan 2 : Ketua RT 1 RW 2 Bapak Nuryadi.

Pengisi Pengajian (Mauidhoh Hasanah) : Rama Kyai Haji Salafudin, M.Ag.

Catatan:
Untuk pengisi acara jika memiliki gelar sebaiknya disebutkan karena sebagai identitas penguat bahwa beliau orang yang berkompeten.

Teks Pranatacara Bahasa Jawa Acara Pengajian memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah.

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillahi rabbil a'lamin.
Hamdan watamjiidan wa syukron 'alaa maa akmaltalanaa min diinil islaam.
Wanushollii wanusallimu 'alaa nabiyyilhuda warrahmatihii khotiminnabiyyin waimamilmursalin sayyidinaa wamaulaanaa Muhammadin wa'alaa Aalihi wa as habihi ajma'iin. Ammaa ba'du.

Dhumateng para tamu kakung miwah putri ingkang satuhu kinormatan.
Para sepuh ingkang sampun pana ing pamawas sarta lebda ing pitutur.
Para alim, kyai, saha asatidz, mliginipun dhumateng Al mukarram Rama Kyai Haji Salafudin M.Ag ingkang dipun antu-antu pituduhipun.
Boten katalumpen dumateng para kadang Wreda, muda taruna ingkang dipun mulyaaken dening Gusti Allah.

Sumangga sesarengan ngunjuaken raos syukur dhumateng Gusti Allah ingkang maha welas kanthi syukur bilisan "Alhamdulillahi rabbil al Amin." Awit kanthi sih wilasanipun panjenengan Sedaya lan Kula saget nyawiji wonten ing adicara pengaosan mengeti warsa enggal Islam 1 Muharram 1444 Hijriah wonten ing wedhal menika kanthi Rahayu wilujeng nir ing sakara-kara.

Sholawat Saha salam sumangga ugi Kaaturaken dhumateng junjungan kula lan panjenengan sami Uswatun Hasanah Rasulullah Saw, biqoulina " allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad wa 'alaa ali sayyidina Muhammad". Mugi Kula lan panjenengan kalabet umatipun ingkang pikantuk syafaat benjang wonten Yaumil qiyamah. Aamiin ya rabbal Al-Amin.
Para rawuh ingkang dipun mulyaaken dening Gusti Allah. 

Kula ing ngriki minangka pambiwara ingkang badhe ndhereaken lampahing adicara menika, kepareng ngaturaken menggah urut rantamane adicara.
  • Acara ingkang kaping sepisan nun inggih pambuka.
  • Acara angka kalih nggih menika waosan Kalam ilahi ayat suci Al-Quran
  • Acara kaping tiga sambutan - sambutan.
  • Acara angka sekawan mauidhoh Hasanah kalajengaken Dunga.
  • Acara ingkang pungkasan nun inggih panutup.
Mekaten para rawuh, menggah urut rantamaning acara ingkang sampun rinumpaka. Saklajengipun Monggo sesarengan acara dipun wiwiti kanthi waosan Ummul kitab suratul Fatihah.

Liridhoilahi wabisyafaati Rasulillah Alfatihah "...
Aamiin. Matur nuwun para lenggah. Mugi kanthi waosan serat Alfatihah kalawau ndhadosaken acara ing wedhal menika Wiwit Purwo, madyo dumugi wasana saget pinaringan gancar rancak sepen ing rubedha.

Ngancik acara ingkang angka kalih nun inggih waosan Kalam ilahi ayat suci Al-Quran, ingkang badhe dipun pandegani dening Mas Ahmad Syaifudin. Murih rahayuning Sedaya, dhumateng paraga ingkang piniji sumangga.

Sodaqallahuladzim washodaqo rasuluhul kariim. Wa ana isyaallahu 'alaa dzalika minasysyahidiin.
Mugi Kula lan panjenengan Sedaya pikantuk kaberkahanipun waosan Kalam ilahi menika.

Para rawuh Kakung miwah putri ingkang winengku ing suka Basuki. Paripurna acara angka kalih kalajengaken acara candakipun nun ingking sambutan-sambutan. Ewondene sambutan ingkang sepisan saking pangarsa panitia acara nun inggih Bapak Darmawan. Dhumateng priyagung ingkang piniji kasumanggaken.

Mekaten sambutan saking pangarsa panitia. Sambutan saklajengipun saking pangarsa RT 1 RW 1 Bapak Nuryadi. Dhumateng Bapak Nuryadi sasana miwah swasana Amung sumangga.

Mekaten para rawuh sambutan saking pangarsa RT 1 RW 2, saklajengipun Enggal lumadi acara candakipun nun inggih mauidhoh Hasanah ingkang badhe Kaaturaken dening Al-Mukarram Rama kyai Haji Salafudin M. Ag. Murih rahayuning Sedaya dhumateng Rama Kyai Haji Salafudin hamung sumangga. "Allahumma sholli 'ala Muhammad".

Mekaten para rawuh sampun purna acara maudhoh Hasanah, Mugi ingkang dipun aturaken kalawau saget hanambahi kiat Iman Saha takwanipun Kula panjenengan sami Aamiin.

Bapak Ibu para tamu ingkang minulya. Ngancik acara saklajengipun nun inggih Dunga panutup ingkang badhe dipun pandegani dening Bapak Mustaghfirin. Dhumateng priyagung ingkang piniji kasumanggaaken. 

Alhamdulillahirabbil'alamin. Kanthi Mekaten, acara ing kalenggahan menika sampun purna. Kula minangka pambiwara Wiwit purna dumugi wasana kathah kekurangan Pramila kepareng panjenengan Sedaya hanglumeberaken gunging samudra pangaksama. 

Akhirul Kalam, billahittaufiiqu walhidayah, warridho wal'inayah.

Wassalamu'alaikum warrahmah mautullahi wabarakatu.

TERJEMAH BAHASA INDONESIA

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.
Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillahi rabbil a'lamin.
Hamdan watamjiidan wa syukron 'alaa maa akmaltalanaa min diinil islaam.
Wanushollii wanusallimu 'alaa nabiyyilhuda warrahmatihii khotiminnabiyyin waimamilmursalin sayyidinaa wamaulaanaa Muhammadin wa'alaa Aalihi wa as habihi ajma'iin. Ammaa ba'du.

Bapak ibu hadirin sekalian yang terhormat.
Para orang tua yang sudah berpengalaman,
Para alim, kyai, ustadz - ustadz, khususnya beliau yang terhormat Rama Kyai Haji Salafudin M.Ag yang senantiasa ditunggu pencerahannya. Tidak lupa kepada para pemuda-pemudi dan para remaja yang di muliakan Allah.
Marilah bersama-sama kita menghaturkan rasa syukur kepada Allah Yang Maha Pengasih dengan syukur secara lisan "Alhamdulillahi rabbil al Amin." Berkat kasih dan sayangNya kita semua bisa berkumpul dalam acara pengajian memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah di kesempatan kali tanpa halangan apapun.

Sholawat serta salam marilah juga kita haturkan kepada junjungan kita semua Uswatun Hasanah Rasulullah Saw, biqoulina " allahumma sholih ala sayyidina Muhammad wa ala Ali sayyidina Muhammad". Semoga kita semua termasuk umatnya yang mendapatkan syafaat nanti di Yaumil qiyamah. Aamiin ya rabbal Al-Amin.

Hadirin sekalian yang dimuliakan Allah.
Saya sebagai pembawa acara yang akan memandu jalan acara ini mohon ijin menyampaikan susunan acara.

  • Acara yang pertama yaitu pembuka.
  • Acara yang kedua bacaan Kalam ilahi ayat suci Al-Quran
  • Acara yang ketiga sambutan - sambutan.
  • Acara nomer empat mauidhoh Hasanah dilanjutkan doa.
  • Acara yang terakhir yaitu penutup.
Demikian hadirin urutan acara yang telah tersusun. Selanjutnya marilah bersama-sama kita mulai acara dengan bacaan Ummul kitab suratul Fatihah. 

Liridhoilahi wabisyafaati Rasulillah Alfatihah "...
Aamiin. Terima kasih hadirin. Semoga dengan bacaan surat Alfatihah tadi menjadikan kesempatan kali ini dari awal hingga akhir bisa lancar, meriah jauh dari gangguan.

Menginjak acara yang kedua yaitu bacaan kalam ilahi ayat suci Al-Quran, yang akan dibawakan oleh Mas Ahmad Syaifudin. Agar terlaksana kegiatan yang telah dijadwalkan, kepada beliau yang telah ditunjuk disilahkan.

Sodaqallahuladzim washodaqo rasuluhul kariim. Wa ana isyaallahu 'alaa dzalika minasysyahidiin.
Semoga kita semua mendapat keberkahan dari bacaan kalam ilahi tersebut.

Hadirin sekalian yang berbahagia. Selesai acara yang kedua dilanjutkan acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan. Adapun sambutan yang pertama dari ketua panitia acara Bapak Darmawan. Kepada beliau disilahkan.
Demikian sambutam dari ketua panitia. Sambutan berikutnya dari ketua RT 1 RW 1 Bapak Nuryadi. Kepada beliau tempat dan waktu disilahkan.

Demikian hadirin sambutan dari ketua RT 1 RW 2, selanjutnya segera dilangsungkan acara berikutnya yaitu mauidhoh Hasanah yang akan disampaikan oleh beliau Al-Mukarram Rama kyai Haji Salafudin M. Ag. Agar terlaksana kegiatan yang telah dijadwalkan, kepada Rama Kyai Haji Salafudin disilahkan. "Allahumma sholli 'ala Muhammad".


Demikian hadirin telah usai acara mauidhoh hasanah, semoga yang telah disampaikan tadi bisa menambah kuat keimanan serta ketakwaan kita semua. Aamiin.

Bapak Ibu para tamu yang mulia. Menginjak acara berikutnya adalah doa penutup yang akan dipimpin oleh Bapak Mustaghfirin. Kepada beliau disilahkan.

Alhamdulillahirabbil'alamin. Dengan demikian, acara pada kesempatan kali ini telah selesai. Saya selaku pembawa acara dari awal hingga akhir banyak kekurangan, maka berkenan hadirin sekalian memberikan lautan maaf. 

Akhirul Kalam, billahittaufiiqu walhidayah, warridho wal'inayah.

Wassalamu'alaikum warrahmah mautullahi wabarakatu.

#contoh teks Teks Pranatacara Bahasa Jawa Acara Pengajian memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah.

Acara pengajian biasanya dihadiri oleh orang-orang yang ingin memperdalam pemahaman agama Islam. Acara ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antara umat Islam.

Persiapan menjadi MC pengajian

Sebagai seorang MC pengajian, ada beberapa persiapan yang dapat dilakukan, antara lain:

Persiapkan diri secara mental: Sebelum memulai acara, pastikan bahwa Anda dalam kondisi yang tenang dan siap secara mental. Jangan terlalu gugup atau cemas, tetaplah tenang dan percaya diri.

Persiapkan materi yang akan dibawakan: Sebagai MC pengajian, Anda harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan kepada audiens. Hal ini meliputi naskah acara, kalimat pembuka, pengantar, dan penutup acara.

Kenali audiens: Sebelum memulai acara, kenali audiens yang akan hadir. Sebisa mungkin, ketahui latar belakang mereka dan sesuaikan cara Anda memandu acara sesuai dengan karakteristik audiens.

Berlatih: Sebelum memandu acara pengajian, sebaiknya berlatih terlebih dahulu untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan menguasai materi yang akan disampaikan.

Persiapkan peralatan: Pastikan semua peralatan yang dibutuhkan dalam acara pengajian sudah tersedia dan berfungsi dengan baik, seperti sound system, microphone, kursi, dan meja.

Kenali tata cara pengajian: Ketahui tata cara pengajian yang akan dilakukan dan pastikan Anda memahami dengan baik agar dapat memandu acara dengan lancar dan terstruktur.

Tetap sopan dan santun: Selama memandu acara pengajian, tetaplah sopan dan santun dalam menyampaikan kata-kata dan sikap. Jangan sampai merusak suasana yang sudah tenang dengan komentar atau tingkah yang kurang pantas.


Dengan persiapan yang matang, seorang MC pengajian dapat memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan bagi para audiens yang hadir.

Kesimpulan

Panduan diperlukan sebagaimana contoh Contoh Teks Pranatacara Bahasa Jawa Acara Pengajian singkat lengkap dengan tipsnya ini agar bisa membawakan acara semakin terstruktur. Panduan bisa saja digunakan semua, atau disesuaikan dengan keadaan. Karena sebagai pembawa acara memang harus bisa dinamis dan fleksibel dalam mengarahkan acara.

Demikian contoh teks pranatacara bahasa Jawa Acara Pengajian. Anda bisa belajar pranatacara melalui lembaga ketrampilan seperti sekolah parnatacara. Artikel seperti yang telah saya posting sebelumnya.


0 comments

Post a Comment