Arti sesepuh, pini sepuh, aji sepuh, lengkap dengan contoh katanya

 


Daftar isi:

  • Pendahuluan
  • Arti kata pini sepuh
  • Arti kata Sesepuh
  • Arti kata aji sepuh
  • Arti kata kasepuhan
  • Contoh penggunaan katanya 

Pinisepuh itu artinya apa adalah sebuah pertanyaan yang akan ditanyakan bagi orang yang ingin tahu maknanya. Ada juga yang bertanya "apa yang dimaksud sesepuh?", mungkin saja ia sering mendengar tapi tidak paham artinya, selain itu juga masih ada pertanyaan serupa, yaitu aji sepuh dan kasepuhan. Tentu pertanyaan-pertanyaan tersebut bila belum memperoleh jawaban akan membuat penasaran. 


Kata pinisepuh, sesepuh, aji sepuh dan kasepuhan seringkali muncul ketika seseorang yang sedang bertugas menjadi pembawa acara akan membacakan susunan acara. Kata tersebut banyak digunakan sebagai kata sapaan bentuk penghormatan tamu yang hadir. Sapaan penghormatan dalam tradisi Jawa merupakan bagian dari tatakrama atau unggah-ungguh dalam menghormati orang lain. Adab orang Jawa memang andap asor. Sehingga lawan bicara tetap ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi darinya.


Pini sepuh, sesepuh, aji sepuh dan kasepuhan berasal dari rumpun kata yang sama yaitu sepuh yang berarti tua. Meski demikian, memang sebaiknya mengetahui artinya bila ingin menggunakan salah satu diantara kata-kata tersebut. Karena ketika mendapat imbuhan, makna sepuh sudah bergeser menjadi arti yang berbeda. Maka, agar semakin percaya diri dan tepat dalam menyampaikannya, simak penjelasannya berikut ini.


Arti Pini sepuh 

Kata sepuh dalam bahasa Indonesia artinya tua. Sedangkan pini sepuh menurut penjelasan dari salah satu pembina LPK Permadani Pusat Semarang, Bapak Yitno Sukiya, S.Pd artinya adalah orang yang dituakan. Orang yang dituakan maksudnya adalah orang yang bisa saja sudah tua, ataupun ia muda sekalipun namun dipercaya sebagai pemimpin atau panutan dalam sebuah kelompok masyarakat. 


Contohnya adalah orang yang masih muda yang dipilih sebagai Ketua RW. Walaupun masih muda, ia termasuk dalam kategori Pini sepuh. Orang yang dituakan karena dianggap mampu membina dan mengarahkan kelompoknya. Sebagai orang yang dituakan, arahan-arahannya didengar dan diikuti. Itulah bentuk adab orang Jawa memang andap asor. 


Arti Sesepuh

Sesepuh berbeda artinya dengan pini sepuh. Sesepuh adalah orang yang memang sudah tua secara usia. Orang yang sudah tua dihormati karena hirarki sosial melalui kelahiran. Adab orang Jawa pada umumnya memang mengajarkan agar generasi muda bisa menghargai orang yang lebih tua. Contoh jika adab tersebut masih dijalankan adalah dianjurkan memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan kang, mbak yu, lek, pakdhe, budhe, dan lain sebagainya. 


Arti aji sepuh 

Aji sepuh juga berasal dari kata sepuh yang berarti tua. Namun sepuh mendapat tambahan kata aji, sehingga menjadi aji sepuh. Aji sepuh berarti orang yang sudah tua yang memiliki kelebihan dalam kebijaksanaan. Kebijaksanaan orang aji sepuh bisa saja karena memiliki pengalaman yang banyak, punya kelebihan pengetahuan sehingga ilmunya bisa mencerahkan orang lain. Aji sepuh adalah orang yang sudah tua dan mempunyai kelebihan dalam bab bertutur, ilmu dan menjadi teladan masyarakat. Karena kelebihan-kelebihan orang tua tersebut dihargai dan arahan-arahannya sering didengar dan diikuti.


Arti Kasepuhan

Kasepuhan juga masih erat hubungannya dengan kata sepuh. Kata sepuh yang mendapat imbuhan ka-an berubah maknanya. Makna kasepuhan adalah orang-orang atau sekelompok orang yang mempunyai kedewasaan dan menjadi teladan. Ia suka bertindak kebaikan serta memberi petunjuk keutamaan hidup. 


Begitulah kurang lebih arti kata Pini sepuh, sesepuh, aji sepuh dan kasepuhan yang mungkin pernah kita baca atau dengar. Adapun contoh penggunaan dalam pranatacara adalah di pembukaan pembacaan susunan acara seperti di bawah ini.


Contoh penggunaan Kata Pini sepuh, Sesepuh, aji sepuh dalam pranatacara.


Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Dhumateng para tamu kakung miwah putri ingkang kinormatan.

Dhumateng para sesepuh, pini sepuh, aji sepuh ingkang sampun pana ing pamawas sarta lebda ing pitutur.

Boten katalumpen Dhumateng para kadang wreda muda taruna ingkang bagya mulya.


Artinya:

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Kepada Bapak Ibu para tamu yang saya hormati.

Kepada para orang tua, yang dituakan, beliau yang lebih tua yang mempunyai wawasan dan kebijaksanaan dalam bernasehat .

Tidak terlupakan kepada para remaja dan pemuda yang berbahagia.

Baca juga: 10+ Kata yang sering digunakan pranatacara. Ada yang keliru...

Demikian artikel mengenai arti kata pinisepuh, sesepuh, aji sepuh dan kasepuhan. Jika ada masukkan silahkan berkomentar di kolom komentar yang disediakan.

0 comments

Post a Comment