Ucapan Dirgahayu Yang Baik dan Benar. Lengkap Dengan Contoh


Bulan Agustus terdapat tanggal yang menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus adalah hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Hari itu merupakan hari yang monumental ketika pada 17 Agustus 1945 Nusantara menyatakan kemerdekaannya dari penjajahan dan menjadi sebuah bangsa yang berdaulat. Seluruh penjuru negeri banyak yang menggelar kegiatan untuk memeriahkan hari istimewa tersebut.

Bulan Agustus memang istimewa. Ketika kita bepergian ke berbagai daerah di bulan Agustus, kita akan melihat jalan-jalan yang dihias. Bulan Agustus akan kian meriah dengan diadakan berbagai perlombaan. Banyak gang-gang dan gapura perumahan di bulan Agustus yang dipercantik dengan aneka cat warna-warni. Agar semakin indah dan juga turut menyemarakkan hari kemerdekaan, tidak sedikit ditemui tulisan - tulisan ucapan untuk menyatakan partisipasinya dalam memeriahkan hari jadi lahir bangsa tercinta.

Tulisan ucapan yang bisa kita temui diantaranya adalah "dirgahayu HUT RI, dirgahayu RI ke ..., dirgahayu kemerdekaan kita ke ...,hari ulang tahun republik Indonesia ke...,ulang tahun republik Indonesia ke..., peringatan ulang tahun RI ke..., selamat ulang RI ke..., H.U.T.R.I ke ...

Ucapan-ucapan di atas merupakan salah satu wujud syukur dan kebanggaan terhadap negeri Indonesia. Rasa memiliki negeri yang merdeka. Kemerdekaan anugerah Allah SWT. melalui semangat melawan penindasan yang telah lama menyengsarakan. 

Namun ungkapan atau ucapan menggunakan kata dirgahayu dan seterusnya menurut ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar masih ada yang belum tepat penyusunan kata-nya. Bila kita mencermati susunan ucapan dirgahayu sebagaimana yang telah dicontohkan sebelumnya, maka dalam penulisan ucapan dirgahayu menurut contoh dari Badan Bahasa Kemendikbud ternyata masih perlu ada yang disesuaikan.

Arti dirgahayu

Perlu diketahui bahwa arti kata dirgahayu menurut KBBI adalah berumur panjang. Ucapan ini biasanya ditujukan bukan untuk perorangan, namun lazimnya adalah untuk organisasi atau sebuah negara. Meski maknanya adalah semacam doa, namun kata dirgahayu tidak bisa diterapkan secara sembarangan. Bila ada seseorang yang sedang berulangtahun, tidak dibenarkan bila mengucapkan dengan kata dirgahayu ke ... (Jumlah usianya)

Demikian pula cara pengucapan atau tulisan ucapan dirgahayu untuk negara kita Indonesia di bulan Agustus, hendaknya juga perlu diperhatikan susunan katanya. Jika ucapan atau penulisan ucapan dirgahayu sebagaimana dibawah ini, maka tepatnya adalah:

  • ‌(Salah) Dirgahayu HUT RI - (Benar) Dirgahayu Republik Indonesia
  • ‌(Salah) Dirgahayu RI ke -77 - (Benar) Dirgahayu RI
  • ‌(Salah) Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke 77 (Benar) Dirgahayu kemerdekaan Indonesia 
  • ‌(Salah) Hari ulang tahun Republik Indonesia ke -77 - (Benar) Hari Ulang Tahun ke -77 Republik Indonesia
  • ‌(Salah) Ulang tahun Republik Indonesia - (Benar) Ulang Tahun ke 77 Republik Indonesia
  • ‌(Salah) Peringatan ulang tahun RI ke - 77 - (Benar) Peringatan Ulang Tahun ke -77 Republik Indonesia
  • ‌(Salah) Selamat Hari Ulang tahun RI ke - 77 - (Benar) Selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
  • ‌(Salah) H.U.T.R.I ke-77 - (Benar) HUT ke-77 RI

Gambar tangkapan layar dari Instagram badanbahasaskemendikbud


Setelah mendapat pencerahan dari badan bahasa Kemendikbud kini kita jadi makin tahu dan lebih percaya diri mengucapkan selamat dirgahayu untuk negara kita. Semarak acara tujuh belasan semakin meriah dengan berbagai perlombaan. Acara Agustusan yang telah dua tahun terjeda karena adanya covid-19, kini bisa dihadirkan kembali. 

Di beberapa daerah tertentu momen Agustusan ini sudah ada yang menggelar kegiatan jalan sehat bersama satu RT. Kegiatan ini seperti yang ada di daerah Grobogan sudah ada yang menggelar acara memeriahkan 17an. Sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta juga sudah menyiapkan untuk melakukan upacara bendera dalam rangka HUT RI.

Dirgahayu Indonesia. Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.



0 comments

Post a Comment