Contoh Teks Pranatacara Acara Lamaran. Dilengkapi Bahasa Indonesia

    Daftar isi 

  • Pendahuluan
  • Contoh teks pembawa acara lamaran bahasa Jawa
  • Terjemah bahasa Indonesia contoh teks
  • Kesimpulan 

Lamaran merupakan salah satu wujud pembuktian niat seseorang untuk membina rumah tangga. Orang yang akan berumah tangga umumnya akan melewati fase ini. Seorang laki-laki yang hendak menikahi seorang perempuan memastikan ke orangtuanya apakah diijinkan untuk dipersunting.

Meski sudah melalui proses pendekatan sebelumnya, acara lamaran merupakan acara formal kedua belah pihak keluarga menyatakan komitmen untuk menjalin tali kekeluargaan. Dalam acara lamaran kedua belah pihak mengutarakan maksud masing-masing. Keluarga pihak laki-laki melalui dutanya akan memasrahkan hajatnya, dan pihak perempuan juga melalui wakil atau juru bicara akan menerima hajat pihak laki-laki tersebut.

Prosesi lamaran ini tentunya akan semakin bagus jika menggunakan seorang pembawa acara. Acara semakin runtut dan terkendali sesuai susunan yang telah dirancang. Jika masyarakat masih kental budaya jawanya, hendaknya pembawa acara juga menggunakan bahasa Jawa.

Sebagai panduan, berikut ini contoh teks pembawa acara lamaran bahasa Jawa. Untuk memudahkan, maka perlu diberi nama pemeran sebagai berikut:

  • Tuan rumah bernama Darmawan
  • Calon mempelai perempuan bernama Suciwati
  • wakil panampi-nya bernama Tukiman
  • Wakil pambagyoharjo bernama Jumanto
  • Tempat asal keluarga perempuan Dusun Kedungwungu, Desa Sumberjosari, Kecamatan Karang Rayung, Kabupaten Grobogan 

Untuk pihak keluarga laki-laki:

  • Bapak bernama Suryanto
  • Calon mempelai laki-laki bernama Joko Santoso
  • Duta pemasrah bernama Paiman
  • Alamat asal keluarga laki-laki Dusun Ploso, Desa Nampu, Kecamatan Karang Rayung, Kabupaten Grobogan 

Mengetahui siapa saja yang akan terlibat dalam acara seperti hal diatas perlu dilakukan oleh seorang pembawa acara atau pranatacara lamaran. Hendaknya nama-nama dan alamat kedua belah pihak diketahui dan dicatat sebelum kegiatan dimulai. Berikut contoh teks.nya.

Tuladha Atur Pambuka Pranatacara Pasrah Panampining Lamaran

Bismillahirrohmanirrohim 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Para pepundhen, para sesepuh, para pinisepuh  ingkang pantes pinundhi, dhumateng keluarga badhe besan sutresna ingkang pantes kinurmatan, para lenggah kakung putri, kadang wredha ingkang winantu suka basuki.

Mradapa keparengipun Bp. Darmawan sekaliyan sumrambah para kulawangsa ing kalenggahan punika, kula piniji pinangka pambiwara wontenipun upacara pasrah panampining upakarti miwah lamaran kinarya jejangkeping tata cara salaki rabi,

Namung saderengipun kula ngaturaken urut reroncening adicara ingkang sampun karakit dening para kulawarga, cundhuk kaliyaning bangsa ingkang linambaran agunging Pancasila, sumangga nun kula dherekaken ngaturaken puji syukur wonten ngarsa dalem Allah ingkang Maha Agung, awit ageng barokah saha rahmat ingkang sampun kaparingaken dhumateng panjenengan sadaya dalasan kula.

Sinawung raos syukur ing ngajeng, mugi lampahing adicara pasrah panampi lamaran saha upakarti pinangka jejangkeping palakrama tansah pinaringan rahayu tebih ing sambekala.

Nun inggih para lenggah ingkang sinuba ing pakurmatan,

keparenga pambiwara murwani lekasing sedya ingkang punika enggal badhe binuka lampahing upacara pasrah panampi kanthi ngaturaken reroncening adicara ingkang-rinantam para kulawangsa.

Tinarbuka atur pambagyaharja saking ingkang hamengku gati dening tetuwangga ingkang sampun piniji. Atur lamaran miwah upakarti dening pangarsaning duta saraya pinangka sulih salira saking badhe/calon kadang besan. Atur panampi dening tetuwangga ingkang pinangka sulih saliranipun Bp. Darmawan ingkang mengku gati. Kaleksananing adicara liru kalpika (menawi wonten). Tanggap wacana sawatawis saking pinisepuh ingkang tumuju dhumateng kasaenan (menawi wonten). Paripurnaning sedya hambok bilih ing mangke wonten pratandha saking kulawarga minangka paran para.

Mekaten para rawuh menggah urut reroncening tata acara pasrah lamaran ingkang sinanggit dening para kulawarga, kasuwun wontena sukawaning penggalih para lenggah tansah hanjenengi ngantos dumugi purnaning gati.

Nuwun.

Baca juga: susunan acara lamaran 

Sesuai susunan acara, maka acara segera diarahkan ke acara pambagyoharjo. Adapun contoh teksnya sebagai berikut:

Tuladha Aturipun Pranatacara Badhe Pambagyaharjo Ing Pahargyan Lamaran

Para tamu kakung miwah putri, ingkang winantu ing suka Basuki, raos bombong miwah mongkoging manah, panjenenganipun Bp. Darmawan sekaliyan ingkang mengku gati mboten saged kagambaraken ing ngriki, madyaning pahargyan ing kalenggahan punika ing sedya badhe hangaturaken pambagyaharjo wonten ngarsa panjenengan.

Awit saking bombonging manah anggennya badhe matur amung kandheg wonten samadyaning jangga, ingkang punika minangka sulih sarira ingkang piniji nun inggih panjenenganipun Bp. Jumanto ..wekdal kasumanggakaken, sumangga nuwun.

VERSI BAHASA INDONESIA 

Panduan Contoh Teks Pranatacara Lamaran Bahasa Jawa ini dilengkapi terjemah bahasa Indonesia, sehingga semakin memudahkan untuk memahami apa yang disampaikan.

Namun hendaknya perlu dipahami sebelumnya, bahwa dalam budaya orang Jawa telah biasa meninggikan/mengagungkan lawan bicara sebagai bentuk penghormatan, sehingga dalam penggunaan kata adakalanya cenderung terkesan berlebihan. Itulah bentuk tatakrama. Orang Jawa dikenal santun dan mengedepankan unggah-ungguh dihadapan orang lain terlebih orang yang lebih tua atau tamu.

Demikian juga dalam penggunaan bahasa formal seperti saat membawakan acara dan lain sebagainya. 

Contoh Teks Pembawa Acara Lamaran

Bismillahirrohmanirrohim 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada para orang tua, orang yang dituakan yang kami segani, kepada keluarga calon besan yang kami hormati, kepada hadirin sekalian dan juga para muda yang berbahagia.

Melaksanakan keinginan Bp. Darmawan sekeluarga, saya yang ditunjuk sebagai pembawa acara upacara pasrah panampining lamaran pada kesempatan ini.

Namun sebelum saya menyampaikan rangkaian acara yang telah  disusun oleh kepanitiaan, sesuai dengan dasar negara kita Pancasila, mari bersama kita terlebih dahulu menghaturkan rasa syukur kepada Allah Yang Maha Agung atas limpahan kasih sayang dan RahmatNya kepada kita semua.

Dengan ungkapan syukur tersebut, semoga jalannya acara pasrah panampi lamaran berjalan lancar dijauhkan gangguan. 

Hadirin sekalian yang kami hormati,

Perkenankan pembawa acara menyampaikan susunan acara.

Acara diawali dengan sambutan tuan rumah yang disampaikan oleh beliau yang ditunjuk sebagai wakil bicara. Penyampaikan lamaran dan kelengkapannya oleh beliau duta yang ditunjuk oleh calon besan. Pemberian jawaban atau panampi oleh wakil dari Bp. Darmawan selaku tuan rumah. Dilanjutkan tukar cincin (bila ada). Mauidhoh Hasanah/ular-ular/nasehat dari Sesepuh  (bila ada). Acara selesai apabila sudah ada tanda dari tuan rumah.

Demikian hadirin rangkaian acara pasrah lamaran yang telah disusun panitia. Selanjutnya berkenan hadirin sekalian mengikuti jalannya acara ini hingga selesai.

Nuwun.

Sesuai susunan acara, maka acara segera diarahkan ke acara pambagyoharjo. Adapun contoh teksnya sebagai berikut:

Contoh teks pembawa acara lamaran ketika masuk acara pambagyaharjo

Bapak ibu hadirin yang berbahagia, rasa senang dan bangga hatinya tuan rumah Bp. Darmawan sekeluarga tak bisa diungkapkan, bermaksud menyampaikan sambutan ke hadirin sekalian.

Karena begitu gembira hati beliau, sehingga terhenti di tenggorokan, maka meminta Bp. Jumanto untuk berkenan mewakili. Kepada beliau disilahkan.  nuwun.

Baca juga:Susunan acara lamaran 

Baca jugaContoh Teks Pambagyoharjo Lamaran 

Kesimpulan 

Lamaran merupakan langkah yang umumnya dilalui oleh mereka yang akan menikah.

Acara lamaran akan semakin bagus dan terarah bila menggunakan pembawa acara.

Jika budaya daerah setempat masih banyak yang menggunakan bahasa Jawa, ada baiknya pembawa acara menggunakan juga bahasa Jawa.

Panduan Contoh Teks Pranatacara Lamaran Bahasa Jawa ini dilengkapi terjemah bahasa Indonesia, sehingga semakin memudahkan untuk memahami apa yang disampaikan.

Namun hendaknya perlu dipahami sebelumnya, bahwa dalam budaya orang Jawa telah biasa meninggikan/mengagungkan lawan bicara sebagai bentuk penghormatan, sehingga dalam penggunaan kata adakalanya cenderung terkesan berlebihan. Itulah bentuk tatakrama. Orang Jawa dikenal santun dan mengedepankan unggah-ungguh dihadapan orang lain terlebih orang yang lebih tua atau tamu.

Setelah membacakan rangkaian acara, pembawa acara hendaknya juga segera mengarahkan acara sesuai susunan acara, yaitu acara pambagyoharjo.

Bac

a juga:Contoh Teks Pambagyoharjo Lamaran 

0 comments

Post a Comment