Obat Sakit Gigi. Saran berdasar pengalaman


Daftar isi: 

  • Obat sakit gigi yang ampuh apa ya? 
  • Bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dalam waktu 5 menit 
  • Saran berdasar pengalaman
  • Obat rumahan
  • Obat beli di apotek
  • Kesimpulan
  • Saran agar tidak sakit gigi

Obat Sakit Gigi yang ampuh apa ya? 

Itulah tampaknya pertanyaan yang tepat bagi orang yang sedang mengalami sakit gigi dan ingin segera mendapatkan pertolongan agar hilang sakitnya. Pertanyaan seperti itu wajar karena sakit gigi memang sangat mengganggu dan bisa mengubah situasi menjadi serba emosional.

Orang yang sakit gigi sering kali tidak hanya di bagian area gigi saja yang merasa tidak nyaman. Sering kali sakit gigi dibarengi dengan sakit kepala yang pastinya menambah tidak bisa berkonsentrasi. Selain itu penyakit lainnya yang kadang juga turut nimbrung yaitu demam dan pilek. Jika ini sudah bersatu di diri seseorang, sebaiknya hindari membuat suasana dengannya semakin panas. Karena dalam kondisi seperti itu, seseorang yang terkena sakit gigi dan kawan-kawannya ini bagaikan memiliki kekuatan bak seekor singa yang ganas.

Orang yang sakit gigi saraf-sarafnya sensitif. Dia lebih banyak berpikir bagaimana agar ia tidak merasakan sakit lagi daripada memikirkan makan enak di restoran. Dia lebih  memilih segera sembuh daripada berpikir untuk mengisi perutnya. Bahkan ada yang ekstrim sampai tidak nafsu untuk makan.

Bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dalam waktu 5 menit? 

Sakit gigi bisa menyerang tanpa mengenal waktu. Ketika tidak tersedia obat, saat di rumah dan waktu malam serta kondisi jauh dari toko obat tentu butuh alternatif.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi Gigi yang sakit berdasarkan pengalaman saya. Rekomendasi yang pertama adalah memanfaatkan bahan yang ada di rumah, sedang rekomendasi yang kedua menggunakan obat yang bisa dibeli di apotek terdekat anda.

1. Bahan yang tersedia di rumah.



‌Gunakan garam

Garam menjadi saran pertama untuk meredakan gigi yang sakit. Garam merupakan bumbu masak yang hampir setiap rumah memilikinya. Tentu akan dengan mudah kita menjumpainya di dapur. Garam yang dibutuhkan bisa garam halus atau garam krasak. Garam  diketahui mengandung natrium klorida yang bisa membantu menurunkan pertumbuhan bakteri di mulut. Garam juga bisa mengatasi pembengkakan gusi dan bau mulut (Sumber halodoc.com)

Cara penyiapannya

Ambil garam setengah sendok dan larutkan ke dalam gelas berisi air. Air yang digunakan air suhu normal atau agak hangat (jangan panas-panas gigi bisa ngilu). Jangan pula menggunakan  air es. 

Tuang air ke dalam gelas secukupnya saja untuk kumur-kumur. Lalu aduk hingga larut garamnya. Kemudian kumur-kumur dengan larutan air garam tersebut. 

Lakukan kumur lagi jika sakit gigi datang menyerang lagi. Hindari menelan air garam.  Alhamdulillah, sudah saya coba sakit gigi di malam hari bisa reda dan saya pun bisa tidur kembali.

Catatan: jangan kumur air garam untuk jangka lama. Jika dalam beberapa hari tidak sembuh gunakan alternatif obat lainnya.

2. saran berikutnya adalah dengan Obat yang bisa dibeli di apotek di dekat rumah


Ketika sakit gigi tak tertahankan, kita butuh obat yang bisa menghilangkan sakit segera. Obat yang menjadi saran berdasar pengalaman meredakan sakit gigi adalah obat dengan merk demacolin bentuk tablet (Ada yang berbentuk sirup khusus untuk anak-anak).

Demacolin tablet diketahui memiliki kandungan paracetamol, pseudoephedrine HCl, serta chlorpheniramine maleate yang bisa meredakan nyeri dan demam. 

Manfaat lain dari Demacolin tablet dikutip dari doktersehat.com yaitu bisa mengatasi:

Sakit kepala dan sakit gigi, Sakit pada telinga, meredakan flu /pilek mengatasi badan kedinginan, demam. Selain itu Demacolin tablet juga efektif mengurangi bersin-bersin dan Hidung tersumbat. Bisa juga digunakan untuk nyeri haid, nyeri sendi dan Alergi Mata berair.

Aturan minum

Aturan minum Demacolin tablet untuk orang yang dewasa sekali minum adalah 1 tablet dan sehari minum  3 kali. Obat ini juga bisa diberikan untuk anak- anak usia 6 sampai 12 tahun. Dosisnya adalah ½ tablet sekali minum dan sehari  minum 3 kali.

✓Murah terjangkau harganya

Kelebihan Demacolin yang lain yaitu dari segi harga sangat terjangkau. Obat ini satu strip isi 10 harganya tidak sampai sepuluh ribu. Berdasar pengalaman obat ini cukup efektif cepat terasa khasiatnya. Saat badan demam dan menahan rasa sakit gigi, beberapa saat kemudian bisa reda sakitnya.

3. Gunakan obat kumur spesial.



Saran berikutnya adalah dengan menggunakan obat kumur merk Betadine. Obat kumur ini tidak untuk ditelan karena tidak sesuai peruntukannya. Obat ini merupakan obat luar yang digunakan untuk area mulut saja.

Manfaat obat kumur ini sudah saya praktekkan dan berhasil. Obat kumur dengan merk Betadine mampu mengatasi nyeri gusi yang bengkak. Sakit Gigi yang tak tertahankan berangsur sembuh dan tidak sakit lagi. Sariawan di dalam mulut pun hilang dan akhirnya bisa makan dengan nyaman kembali. 

Betadine adalah obat kumur antiseptik yang bermanfaat untuk masalah rongga mulut, diantaranya seperti gigi berlubang, gusi bengkak, sakit tenggorokan, ruam sariawan, nafas tidak sedap atau bau mulut (halodoc.com)

Agar efektif redakan sakit gigi

✓Cara paling efektif adalah dengan tetap minum Demacoline tablet saat gigi masih sakit, dan juga berkumur dengan Betadine obat kumur. Sebagaimana pengalaman saya hal tersebut membuat gigi sakit cekot-cekot bisa reda dan tidak sakit seperti sebelumnya.

Kesimpulan.

Ketika sakit gigi menyerang tanpa mengenal waktu,  tidak tersedia obat di rumah, dan untuk membeli di apotek tidak memungkinkan, maka garam menjadi obat sakit gigi yang mudah di dapat. Hal ini sudah dipraktekkan dan terbukti bisa meredakan sakit gigi.

Sakit gigi yang mengganggu memerlukan penanganan agar bisa segera reda. Berdasar pengalaman Demacoline tablet bisa meredakan sakit gigi. Obat Demacoline tablet ini bisa dibeli di apotek terdekat rumah. Demacoline tablet diketahui memiliki kandungan paracetamol, pseudoephedrine HCl, serta chlorpheniramine maleate yang bisa meredakan nyeri dan demam dan beberapa nyeri sakit lainnya.

Obat kumur Betadine berdasarkan pengalaman pribadi bisa meredakan sakit Gigi. Obat ini bisa mengatasi sariawan dan masalah bau mulut. Obat ini hanya untuk kumur dan tidak untuk ditelan.

Agar maksimal untuk mengatasi sakit gigi tetap minum  Demacoline tablet dan juga berkumur menggunakan obat kumur Betadine. Berdasarkan pengalaman pribadi sakit gigi bisa reda.

Saran agar tidak sakit gigi

Gigi merupakan organ tubuh yang sensitif karena memiliki syarat lembut. Memiliki gigi kuat hingga usia lanjut pastinya lebih baik. Memiliki gigi yang kuat akan bisa menikmati aneka makanan dengan mantap. Tentunya hal itu memerlukan langkah-langkah yang bersifat berkesinambungan.

Rawat gigi dengan tetap menjaga kebersihan gigi. Bersihkan gigi dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. 

Hal menjaga kebersihan gigi ini dalam Islam juga diatur. Kebersihan gigi akan berdampak terhadap kualitas ibadah seseorang. Masalah mulut seperti bau mulut bisa mengurangi kenikmatan dalam berinteraksi sosial. Mengutip dari NU Online Lampung, Rasulullah Muhammad dalam sebuah hadits bersabda:

"Buanglah sisa-sisa makanan di gigimu, karena perbuatan itu adalah kebersihan, dan kebersihan itu akan mengajak (menggiring) kepada iman, dan iman itu akan bersama orang yang memilikinya dalam surga." (HR. At-Thabrani)





0 comments

Post a Comment