Contoh Teks MC Acara Halal bihalal

 

Apa itu halal Bihalal dan apa tujuannya?

Halal bihalal merupakan suatu tradisi atau kegiatan di masyarakat saling bermaaf-maafan. Tradisi ini umumnya akan dilaksanakan setelah melakukan salat Ied (idul Fitri). Biasanya kegiatan akan dimulai dari lingkar orang terdekat terlebih dulu terutama keluarga. Jika masih memiliki orang tua, maka yang jauh pun bisa terpanggil untuk berkumpul bersama.

Halal bihalal adalah memiliki banyak manfaat di antaranya adalah dapat mengharmoniskan hubungan kekerabatan. Sesudah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, maka diadakan perayaan idul Fitri dengan salah satu kegiatannya adalah halal bihalal.

Halal Bihalal dilakukan kapan?

Halal bihalal dilakukan setelah tiba hari raya idul Fitri. Dalam perayaan idul Fitri ada beberapa kegiatan di antaranya membayar zakat, salat hari raya dan kemudian dilanjutkan acara halal bihalal. Halal bihalal hanya ada di bulan Syawal (kalender Islam). Selama bulan Syawal umumnya masih banyak teman, kerabat jika belum sempat bermaafan maka akan mengucapkan selamat idul Fitri dan berhalal bihalal.

Acara halal bihalal itu seperti apa?

Halal bihalal adalah kegiatan bermaaf-maafan. Kegiatan ini bisa dilakukan secara personal maupun kelompok. Jika personal, maka seseorang akan berkunjung ke keluarga, saudara tetangga  atau teman untuk meminta dihalalkan atau dimaafkan semua kesalahan yang dilakukan di waktu-waktu sebelum hari itu. Jika kelompok, maka acara ini diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang dan dalam kegiatan tersebut biasanya diselenggarakan acara yang salah satu kegiatannya adalah bersalaman untuk bermaaf-maafan.

Persiapan menjadi MC acara halal bihalal

Persiapan menjadi MC (Master of Ceremony) atau pembawa acara halal bihalal penting dilakukan agar makin percaya diri dan lancar. Sebagai  MC tentunya sangat berperan dalam kesuksesan sebuah acara. Seorang MC memiliki peran penting untuk membuat suasana terasa lebih menarik, sehingga audiens akan selalu bersemangat mengikuti acara.

Adapun persiapan MC halal bihalal di antaranya sebagai berikut:

  • Catat nama penyelenggara acara halal bihalal (contoh warga RT 01 RW 02 Kelurahan Sumberjosari)
  • Cari tahu siapa tamu penting yang akan datang.(misal pak lurah, pak Kapolsek, dll)
  • Siapa saja nama yang akan memberi sambutan (sambutan 1 panitia, sambutan 2 pak RT, sambutan 3 pak lurah dst.)
  • Siapa pengisi acara (pembaca ayat suci Alquran, pengisi mauidhoh, dll).
Selain hal di atas, seorang MC halal bihalal hendaknya datang lebih awal beberapa waktu sebelum acara dimulai. Hal ini agar bisa berkoordinasi dengan panitia dan memastikan keadaan.

Contoh Teks MC Acara Halal bihalal

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

“Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allahu Akbar walillaahil hamdu."

Alhamdulillah, wash shalatu was salamu 'alaa rasulillah, muhammad ibnu Abdillah, wa'ala aalihi wa ash-habihi wa maw walah, amma ba'du

Al Mukaromun para alim ulama yang senantiasa kami ta'ati: Wabil khusus bapak KH. Mahfudz Mustofa.

Yang kami hormati Bapak Kepala Desa beserta perangkatnya.

Yang kami hormati, Para Ketua RT, RW sedesa Sumberjosari, serta para tokoh masyarakat, Para sesepuh, pinisepuh dan Segenap tamu undangan, yang berbahagia.

Alhamdulillahirabbil alamiin. 

Mengawali kegiatan di malam yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. karena telah memberi nikmat berupa panjang umur, kesehatan sehingga kita dimampukan untuk menyelesaikan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan serta pada malam ini bisa menyelenggarakan acara halal bihalal. Semoga acara kita pada malam ini senantiasa diridhoi oleh Allah SWT. Aamiin....

Tidak ketinggalan, sholawat juga kita haturkan kepada Uswatun Hasanah kita Rasulullah Saw. Biqaulina "Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad, wa 'Alaa aali sayyidina Muhammad". Semoga kita termasuk umatnya yang mendapat syafaat nanti di hari kiamat.

Bapak ibu hadirin sekalian yang berbahagia. Sebagai pembawa acara Halal bi Halal yang diselenggarakan oleh warga RT 01 RW 02 Kelurahan Sumberjosari ini, perlu kami bacakan susunan acara pada malam hari ini, yaitu:

Susunan acara halal bihalal 

1. Pembukaan

2. Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an

3. Sambutan-sambutan.

4. Mushofahah (berjabat tangan/halal bihalal)

4. Istirahat-lain-lain

5. Mauidhoh Hasanah 

6. Penutup/Doa

Demikianlah susunan mata acara Halal bi Halal pada malam hari ini. Semoga tetap teguh persaudaraan di antara kita

Pembukaan

Hadirin yang dimuliakan Allah.

Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka terlebih dahulu acara ini dengan pembacaan Ummul Kitab (surat Al-Fatihah), 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an. al-fatihah....

Terima kasih, mudah-mudahan dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi acara demi acara kita pada malam hari ini, dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan apapun.

PEMBACAAN AYAT SUCI AL-QUR'AN

Melangkah pada acara yang kedua, yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh saudari Siti Munawaroh, kepadanya dipersilahkan. 

(Sesudah qari' selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, MC kembali melanjutkan acara)

Kepada saudari Siti Munawaroh kami sampaikan banyak terima kasih, semoga pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an tadi membawa manfaat dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amin.

SAMBUTAN KETUA PANITIA

Memasuki acara yang ketiga yaitu, sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari Ketua Panitia yang akan disampaikan oleh Bapak Farid Hidayat, kepada beliau kami persilahkan.


Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Farid Hidayat yang telah menyampaikan sambutan atas nama Panitia. Sambutan Berikutnya dari ketua RT bapak Salman Wahid.kepada beliau kami persilakan...

(Setelah ketika sambutan selesai diberi ucapan terima kasih. dan demikian lagi bila masih ada sambutan berikutnya)

Mushofahah / halal bihalal

Hadirin sekalian. Acara berikutnya adalah mushofahah, yaitu dengan berjabat tangan memutar bergantian untuk bermaaf-maafan. Hadirin sekalian dimohon berdiri mengikuti arahan dari koordinator kegiatan. 

(Petugas memberikan arahan dan tata cara berdiri sesuai kondisi lapangan). 

Catatan: 
acara ini ditaruh didepan dengan pertimbangan setelah mushofahah setidaknya minuman bisa keluar karena setelah ini dilanjutkan ceramah hadirin tidak dalam keadaan haus.

Jika tidak ada makan besar (nasi), Snack bisa dikeluarkan setelah sesi mushofahah ini. Para tamu bisa menikmati minuman dan makanan sambil menyimak tausiyah (lebih nyaman dan bisa menghilangkan ngantuk)


Alhamdulillah. Acara mushofahah halal bihalal telah selesai dan semoga menjadikan kita kehidupan kita semua bertambah keberkahannya.

Mauidhoh Hasanah

Hadirin yang dimuliakan Allah. Menyusul acara selanjutnya, yaitu mauidhoh Hasanah yang akan disampaikan oleh beliau Al Mukarrom Bapak KH. Mahfudz Mustofa. Berkenan hadirin menyimak tausiyah beliau dengan hikmat sehingga mendapatkan keberkahannya. Kepada Al Mukarrom bapak KH. Mahfudz Mustofa dengan segala hormat kami persilahkan.

Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak KH. Mahfudz Mustofa yang telah menerangkan tentang manfaat dari halal bihalal. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.  Semoga ukhuwah islamiah di antaranya kita semakin terjaga dan memperkokoh jalinan tali silaturahmi.

Pembacaan doa

Hadirin sekalian yang berbahagia! 

Setelah rangkaian acara sudah kita ikuti bersama, marilah kita akhiri kegiatan hari ini dengan berdoa bersama. Kita memohon kepada Allah SWT. agar diberikan kekuatan iman islam, kebahagiaan dunia dan akhirat serta diberi khusnul khotimah. Doa akan dipimpin oleh beliau ustadz Maman Suherman. Kepada beliau kami persilahkan.

Dengan berakhirnya doa, maka berakhir pula tugas kami selaku pembawa acara. Apabila ada tingkah laku, atau tutur kata kami yang kurang berkenan dihati para hadirin sekalian, kami mohon maaf yang sebesar- besarnya, akhirnya, wabillahit taufiq walhidayat. Wassala- mu'alaikum Wr. Wb. 

Tips menjadi MC

Selain berlatih, salah satu kunci sukses seorang pembawa acara atau MC adalah memperbanyak wawasan. Tips menjadi MC berikut ini bisa digunakan agar bisa lebih mantap dan menambah percaya diri.

1. Usahakan benar-benar siap

Umumnya sebelum mendapat job untuk menghandle acara akan diberitahu beberapa waktu sebelumnya. Dalam masa tunggu ini seorang MC hendaknya berlatih dan menyiapkan apa saja yang akan digunakan saat tampil nanti.

Pelajari dan cari tahu tentang tema acara, siapa yang menyelenggarakan acara, agenda acara, dan audiens yang akan mengikuti acara halal bihalal. 

2. Berpenampilan disesuaikan keadaan

Kenali siapa yang datang. Misal kebanyakan yang hadir orang tua, maka penampilan juga usahakan yang santun. Jika audiens dominan remaja maka berpakaian cool dan rapi bisa menjadi pilihan. 

Demikian pula dalam berbahasa hendaknya juga disesuaikan audiens. Jika formal maka MC pun harus memilih kata formal pula. Jika semi formal maka hendaknya MC dapat berimprovisasi.

3. Murah senyum dan ekspresi gembira

Orang akan memiliki kesan baik jika melihat wajah seseorang ramah dan murah senyum. Demikian pula seorang MC hendaknya menjadi magnet yang bisa membawa audiens merasa dihargai dan diajak melebur dalam acara.

Seorang pembawa acara yang baik bisa membawa acara berjalan sesuai arahan acara. Namun adakalanya diperlukan kemampuan untuk membuat improvisasi. Misal ketika ada kendala seperti pengisi acara telat, maka disenggang waktu pembawa acara bisa mengisinya dengan memberikan informasi yang masih berkaitan dengan acara sehingga suasana tidak terasa berhenti atau mati.

Pembawa acara sebaiknya bisa memiliki aura yang positif. Hal ini bisa bermanfaat untuk membuat acara menjadi lebih menyenangkan dan membuat audiens bisa lebih fokus mengikuti acara. Suara juga disesuaikan. Begitu pula gestur tubuh saat berbicara juga bisa membawa aura yang positif.

0 comments

Post a Comment