Contoh teks MC acara khitanan

 


Acara khitanan atau lazim disebut walimatul khitan adalah perayaan atau pesta untuk anak laki-laki yang telah selesai dikhitan. Acara ini merupakan acara yang diadakan sebagai bentuk rasa syukur dan sekaligus menjadi penghibur agar tidak terlalu merasakan sakit. 

Masyarakat umum menyebut walimatul khitan dengan berbagai sebutan, ada yang menyebut dengan pesta khitan atau ada pula yang menamainya dengan sunatan. Kegiatan walimatul khitan bisa bermacam-macam, tergantung tradisi daerah masing-masing. Ada yang diarak menunggangi kuda berkeliling kampung, ada yang diisi dengan kegiatan positif seperti mengkhatamkan Alquran dan lain sebagainya.

Pada prinsipnya walimatul khitan adalah bentuk rasa syukur orang tua dan telah menjalankan suatu kesunnahan yang diajarkan Rasulullah.  Adapun bentuk pelaksanaannya bisa sederhana atau mewah tergantung pribadi masing-masing. 

Dalam acara khitanan baik sederhana ataupun mewah tentunya akan semakin bagus dan terarah bila menggunakan pemandu acara. Sebagai bahan berikut ini contoh teksnya.

Contoh teks MC acara khitanan 

Sebelumnya perlu diketahui nama yang punya hajat serta pengisi acaranya (jika ada). Sebagai contoh:

Yang punya hajat:  Harjono

Anak yang khitan: Muhammad Fadil

Wakil/duta bicara tuan rumah : Wagiman

Pembaca tilawah : Luqman hadi

Pengisi Mauidhoh : Kyai Haji Syukur Mahfud.

Pemimpin doa : Rahman

========================================

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bapak, ibu hadirin sekalian yang kami hormati!

Marilah bersama-sama kita panjatkan puja-puji syukur kepada Allah SWT. yang telah memberikan nikmat kesehatan dan kesempatan kepada kita sekalian, sehingga pada hari ini kita bisa memenuhi undangan bapak Harjono sekeluarga dalam rangka acara khitanan putra beliau yang bernama Muhammad Fadil. 

Sholawat dan salam juga haturkan untuk uswah Hasanah kita Rasulullah Saw biqaulina Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala Ali sayyidina Muhammad. 

Bapak Ibu hadirin yang dimuliakan Allah.

Sebelum acara dimulai, saya di sini sebagai pemandu acara perkenankan membacakan susunan kegiatan hari ini yang telah dirancang oleh panitia.

Acara yang pertama yaitu pembukaan.

Acara yang kedua pembacaan ayat suci Al Quran.

Acara yang ketiga sambutan shohibul walimah/ shohibul hajat.

Acara yang keempat pembacaan ayat suci Al-Quran (tilawah).

Acara yang kelima Mauidhoh Hasanah

Acara kelima doa.

Acara keenam penutup.

Demikian hadirin sekalian, susunan acara yang akan dilaksanakan. 

PEMBUKAAN

Selanjutnya, marilah bersama acara kita buka dengan bacaan basmalah. "Bismillahirrah manir- rahim".

Terima kasih, semoga dengan bacaan basmallah tersebut, kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan meriah, sesuai harapan kita bersama.

PEMBACAAN AYAT SUCI AL-QUR'AN 

Melangkah pada acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat Al Quran, yang akan dilantunkan oleh saudara Luqman Hadi. Waktu secukupnya disilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada saudara Luqman Hadi, semoga apa yang dibacakan tadi membawa keberkahan bagi kita semua.

SAMBUTAN TUAN RUMAH 

Bapak ibu hadirin sekalian, menginjak acara berikutnya yaitu acara yang ketiga sambutan Shohibul hajat yang akan diwakili oleh bapak Wagiman. Kepada beliau kami persilahkan.

Demikian tadi hadirin, sambutan dari tuan rumah. 

MAUIDHOH HASANAH 

Melangkah ke acara berikutnya, yaitu mauidhoh Hasanah yang akan disampaikan oleh al-mukarrom Bapak Kyai Haji Syukur Mahfud.

Berkenan kiranya hadirin sekalian menyimak dengan hikmat sehingga kita semua bisa memperoleh manfaat yang beliau sampaikan. 

Kepada Al Mukarrom bapak Kyai Haji Syukur Mahfud, kami persilahkan. 

"Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad".

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak kyai haji Syukur Mahfud, semoga apa yang disampaikan beliau menambah keimanan dan meningkatkan ketaqwaan kita  kepada Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamiin.

DOA

Hadirin para tamu yang berbahagia! Acara do'a merupakan acara yang kelima, kegiatan ini akan dipimpin oleh Bapak Rahman, kepada beliau kami persilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Rahman yang telah memimpin do'a, semoga Allah mengijah doa kita semua. Amin ya rabbal 'alamin. 

PENUTUP 

Hadirin sekalian, dengan terlaksananya doa penutup menjadi tanda bahwa acara kesempatan kali ini telah selesai. Sebagai pembawa acara saya menyadari tidak ada yang sempurna. Maka perkenankan saya meminta maaf untuk segala kekurangan.

Billahit taufiq wal-hidayah. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.

NB: 

Adakalanya doa juga dimintakan untuk dipimpin langsung oleh kyai yang selesai memberi ceramah.

Teks di atas merupakan contoh yang tentunya masih bisa diubah, ditambah atau dikurangi disesuaikan keadaan.


0 comments

Post a Comment