Contoh Teks MC Acara Lahiran

 


Lahiran

Lahiran atau proses persalinan janin keluar dari rahim memang menjadi momen mendebarkan. Semua ibu yang pernah mengalami ini tentu akan menjadi pengalaman yang akan terus terbawa dalam kehidupannya.  Proses lahiran bisa saja normal dan alami sesuai jalannya, namun dalam konsisi tertentu seseorang terpaksa harus melalui persalinan melalui meja operasi.

Lahiran merupakan bagian dari siklus kehidupan. Bayi yang baru lahir akan menjadi generasi penerus keluarga. Umumnya seseorang yang mendapatkan anak baru akan sangat senang dan bersyukur. Dalam rangka syukuran ini dalam masyarakat muncul berbagai tradisi. Setiap syukuran lahiran ini bisa saja berbeda di setiap daerah sesuai adat masing-masing.

MC acara lahiran 

Pembawa acara atau master of ceremony (MC) acara lahiran berperan mengarahkan agar acara bisa runtut dan teratur. Tugas tersebut bisa saja mudah bagi yang sudah berpengalaman. Namun bisa mengalami kesulitan bagi orang yang belum terbiasa. Butuh banyak berlatih dan jika diperlukan mencari contoh-contoh teks agar lebih terampil menyusun kata. 

Persiapan MC acara lahiran

Suatu kebanggaan jika bisa menjadi pribadi ya g bermanfaat di masyarakat. Salah contoh orang yang bermanfaat yaitu pemandu acara lahiran. Agar lancar dan berjalan baik dalam memandu acara perlu disiapkan beberapa hal, di antaranya:
  • Mencatat nama yang punya hajat
  • Mencatat nama bayi
  • Mencatat tanggal, waktu dan tempat lahir bayi
  • Mencatat nama wakil bicara tuan rumah
  • Mencatat nama pengisi acara
  • Datang lebih awal di acara
  • Teks MC acara lahiran (jika diperlukan)

Untuk memudahkan dalam memandu acara berikut ini contoh teksnya.
======================================

Contoh Teks MC Acara Lahiran 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bapak-bapak, ibu-ibu, dan saudara sekalian yang kami hormati. 

Mengawali kegiatan, mari bersama-sama kita haturkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. atas rahmat hidayat yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga pada hari yang penuh berkah ini kita bisa hadir memenuhi undangan dari bapak Muhammad Fadil sekeluarga dalam rangka syukuran kelahiran putra beliau yang pertama, yang lahir pada tanggal 1 Januari 2022 di rumah bersalin restu bunda, Alhamdulillah atas ijin Allah dalam keadaan sehat dan telah diberi nama Firman Illahi.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada beliau junjungan dan teladan kita nabi agung Muhammad Saw. yang telah memberikan bimbingan ajaran agama Islam, sehingga kita dapat mengetahui mana perkara yang haq dan mana perkara yang bathil.


Hadirin sekalian yang kami hormati!

Sebelum acara dimulai, perkenankan kami membacakan susunan acara yang akan kita laksanakan pada kesempatan ini. Susunan acara selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Pembukaan.

2. Pembacaan ayat-ayat suci al-Quran.

3. Sambutan dari wakil shohibul hajat.

4. Pembacaan do'a.

5. Penutup dan diteruskan dengan makan bersama.

Hadirin sekalian yang kami hormati! 
Memasuki acara yang kesatu pembukaan, mari kita buka bersama dengan bacaan basmalah, "Bismillahirrahmanirrahim".

PEMBACAAN AYAT-AYAT SUCI AL-QURAN

Melangkah ke acara yang berikutnya yaitu pembacaan ayat-ayat al-Quran. Pada kesempatan ini akan dilantunkan oleh adik Fatkiyah Zahra. Kepada adik Fatkiyah Zahra disilahkan.


Terima kasih, semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari bacaan Kalamullah tersebut.

SAMBUTAN DARI WAKIL SHOHIBUL HAJAT

Memasuki acara yang ketiga yaitu: sambutan dari shohibul hajat, yang akan diwakili oleh bapak Suparlan. Kepada beliau yang kami hormati disilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada bapak suparlan Atas sambutannya.

PEMBACAAN DOA

Hadirin tamu undangan sekalian yang berbahagia.
Tiba saatnya untuk acara yang keempat yaitu pembacaan do'a, yang akan dipimpin oleh bapak KH. Mas'ud. Kepada beliau kami persilahkan.


Terima kasih atas pembacaan do'anya. Semoga Allah mengabulkan hajat kita semua terkhusus untuk ananda Firman Illahi, putra bapak  Muhammad Fadil bisa menjadi anak salih, sehat cerdas dan menjadi kebanggaan orang tua. Amin.

Istirahat dan penutup 

Hadirin sekalian yang berbahagia! 
Acara berikutnya merupakan acara terakhir, yaitu istirahat. Dalam acara ini hadirin sekalian dipersilahkan untuk bersantap bersama. 

Kami atas nama keluarga bapak Muhammad Fadil mempersilahkan kepada Bapak Ibu sekalian yang hadir untuk menikmati hidangan ala kadarnya, semoga berkenan. 

Sekalian menginformasikan, dengan berlangsungnya kegiatan ini, maka menjadi tanda berakhir pula acara pada kesempatan ini.
 
Kami selaku pemandu acara bila ada sikap yang kurang berkenan, tutur kata dan tata bahasa yang tidak tepat, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Dan akhirnya kami akhiri, wassalamu'alaikum Warrah- matullahi Wabarakatuh. 





0 comments

Post a Comment