Contoh Teks MC Acara Walimah Safar Haji

  



Apa itu walimah Safar Haji?

Walimatus safar haji menurut istilah dimaknai sebagai acara syukuran yang diadakan ketika seseorang akan berangkat haji. Pada kesempatan itu juga menjadi ajang berpamitan kepada keluarga, tetangga dan handai tolan. Dalam walimatus Safar Haji, biasanya ada rangkaian acara dalam rangka melepas keberangkatan calon jamaah haji meninggalkan tanah air untuk menunaikan ibadah haji.

Susunan acara Walimah Safar Haji 

Acara walimatus Safar Haji umumnya dilakukan di rumah Shohibul hajat. Dengan berbagai pertimbangan, seringnya acara ini diadakan siang hari. Acara ini pun tentunya akan makin bagus bila dirancang sedemikian rupa. Tidak harus memandang dari segi nilai (harga), acara yang sederhana bila disajikan dengan acara yang runtut, terstruktur tentunya menambah hikmat tamu yang hadir. 

Setiap daerah bisa mempunyai tradisi yang berbeda. Sebuah acara bisa saja mendapat tambahan sesuai budaya setempat. Adapun susunan acara walimatus Safar Haji secara umum dan sering dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Alquran
  3. Sambutan
  4. Mauidhoh Hasanah
  5. Doa penutup 

Persiapan menjadi MC acara walimatus Safar Haji 

Dipercaya menjadi MC acara walimatus Safar Haji merupakan sebuah tantangan tersendiri. Memandu acara ini butuh persiapan yang matang agar tidak gugup. Adapun persiapan yang perlu dilakukan di antaranya:
  • Berkoordinasi dengan Shohibul hajat beberapa waktu sebelumnya untuk konfirmasi seputar acara, jam dimulai acara, acaranya apa saja, siapa pengisi acaranya dll.
  • Mencatatnya di dalam sebuah kertas. Usahakan tidak menanyakan hal yang sama sehingga dianggap tidak konsentrasi
  • Mandi dan gunakan wewangian agar makin percaya diri.
  • Memakai pakaian rapi dan sopan. Jangan sampai salah kostum yang membuat malu diri sendiri. Tamu yang datang umumnya mengenakan baju muslim, maka yang sesuai tentu MC Acara Walimah Safar Haji juga menyesuaikan.

Contoh Teks MC Acara Walimah Safar Haji

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi rabbil 'alamiin, washolatu wassalamu ala asrofil anbiya wal mursalin Sayyidina wa Maulana Muhammadin wa 'alaa alihi wa shohbihi ajma'in. 

Amma ba'du.

Bapak ibu hadirin sekalian yang dimuliakan Allah.

Para alim ulama yang senantiasa bersanding wahyu ilahi yang saya mulyakan.

Wabil khusus kepada Al Mukarom Bapak KH. Syaifullah Zuhri yang kami tunggu Mauidhoh Hasanahnya. 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi rabbil 'alamiin, washolatu wassalamu ala asrofil anbiya wal mursalin Sayyidina wa Maulana Muhammadin wa 'alaa alihi wa shohbihi ajma'in. Amma ba'du.

Sebagai kalam pembuka kegiatan hari ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Dzat Yang Maha Kuasa, karena kasih sayang yang dianugerah kepada kita sekalian sehingga dapat berkumpul bersama untuk mengikuti acara walimah safar haji bapak Amir Suatmadi dan istri pada kesempatan yang berbahagia ini dengan selamat tanpa suatu halangan apapun.

Tidak terlupa sholawat juga kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Biqaulina "Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad". Beliau salah satu manusia agung, panutan seluruh alam yang menjadi utusan Allah SWT. semoga kita senantiasa termasuk umatnya dan mendapatkan syafa'at beliau. Amin.

Para hadirin yang kami hormati. Saya selaku pembawa acara perkenankan menyampaikan susunan acara walimatul safar haji pada kesempatan hari ini:

  • Acara yang pertama pembukaan.
  • Rangkaian acara kedua yaitu pembacan ayat suci Al Qur'an dan sholawat Nabi.
  • Acara yang ketiga sambutan-sambutan
  • Dilanjutkan acara yang keempat yaitu Mauidhoh Hasanah.
  • Dan acara yang terakhir do'a penutup.

Pembukaan 

Para hadirin yang dimuliakan Allah.

Mengingat waktu terus bergulir, marilah bersama acara kita buka dengan bacaan ummul kitab surat alfatihah. 'Ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an. Alfatihah...

Pembacaan ayat suci Al-Quran 

Melangkah pada tangga acara berikutnya, yaitu acara yang kedua pembacaan ayat suci Al Qur'an yang akan dilantunkan oleh Ustadz Saifudin, kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan....

Terima kasih saya sampaikan, semoga dengan bacaan ayat suci Al Qur'an dapat menambah iman dan taqwa kita. Amin. 

Sambutan tuan rumah 

Bapak ibu hadirin sekalian yang dimuliakan Allah! 

Segera kita beranjak ke acara berikutnya, yaitu sambutan dari shohibul hajat bapak Amir Suatmadi. Kepada beliau kami persilahkan.

Terimakasih kami sampaikan kepada tuan ruma yang telah memberikan sambutannya.

Mauidhoh Hasanah 

Demikian tadi hadirin sekalian, sambutan dari Shohibul hajat. Melangkah ke acara berikutnya yaitu mauidhoh Hasanah yang akan disampaikan oleh beliau Al Mukarrom bapak kyai haji Syaifullah Zuhri. Dimohon hadirin sekalian bisa dengan hikmat menyimak acara ini sehingga memperoleh keberkahannya. Kepada Al Mukarrom bapak kyai haji Syaifullah Zuhri dengan segala hormat kami persilahkan.

Terimakasih bapak Kyai Haji Syaifullah Zuhri atas mauidhoh Hasanahnya. 

Alhamdulillahi rabbil'alamiin. Bapak ibu hadirin sekalian, telah kita simak bersama mauidhoh hasanah. Semoga kita semua bisa memperoleh hikmah dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita selanjutnya. Aamiin.

Doa

Hadirin sekalian. Acara berikutnya yaitu doa. Mari kita rendahkan hati sejenak memohon kepada Allah agar menurunkan rahmatnya. Semoga segala hajat terijabah terkhusus untuk bapak Amir Suatmadi dan istri yang akan menunaikan ibadah haji diberikan kesehatan, kelancaran dan berangkat selamat tiba kembali ke tanah air dengan selamat pula menjadi haji yang mabrur. Doa akan dipimpin oleh bapak Syaiful Anwar. S.Pd., Kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Syaiful Anwar yang telah memimpin doa. Semoga Allah mengijabah doa kita semua.

Bapak ibu yang dimuliakan Allah.

Penutup 

Puji syukur bapak ibu. Acara demi acara hari ini bisa terlaksana dengan lancar tanpa gangguan apapun. 

Kini tiba waktunya saya selaku pembawa acara undur diri. Mohon maaf untuk tutur kata dan tingkah laku saya yang kurang berkenan. Sampai ketemu di lain waktu.

 wabillahit taufiq walhidayat. Wassala- mu'alaikum Wr. Wb. 

0 comments

Post a Comment