Bengkak di tangan karena Erysipelas dan Selulitis

Bengkak di tangan karena Erysipelas dan Selulitis
Bengkak di tangan karena Erysipelas dan Selulitis

Bengkak di tangan mengganggu aktivitas dan tidak nyaman. Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam hidup. Hampir setiap orang berusaha menjaga kesehatannya dengan berbagai cara, seperti menerapkan pola hidup sehat dan menghindari hal-hal yang dapat merusak kesehatan. Namun, meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan, terkadang penyakit masih bisa datang tanpa diduga. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk selalu siap menghadapi segala kemungkinan dan menjaga kesehatannya dengan sebaik-baiknya.

Sakit tidak hanya memberikan rasa tidak nyaman, tetapi juga dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari seseorang. Sakit pada bagian luar tubuh seperti luka atau memar mungkin tidak diharapkan sebelumnya 

Ketika penyakit datang, sangat penting untuk segera mengatasi dan mengobatinya. Mengabaikan penyakit dapat memperparah kondisi kesehatan dan mengakibatkan komplikasi yang lebih serius. Selain mengobati penyakit, mengambil tindakan pencegahan dan menjaga kesehatan juga sangat penting untuk mencegah penyakit kambuh atau timbulnya penyakit baru. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan mengobati penyakit dengan tepat dapat membantu seseorang untuk menjalani kehidupan dengan lebih sehat dan bahagia.

Beberapa hari ini saya sedang berjibaku dengan masalah kulit yang oleh dokter disebut erysipelas atau selulitis. Saya yang awam mengenai inipun bertanya-tanya dan segera mencari lebih jauh mengenai kedua hal tersebut. Dari berbagai sumber akhirnya bisa saya pahami setidaknya bisa membedakan apa itu erysipelas dan apa itu selulitis.

Ternyata bengkak di tangan karena Erysipelas dan Selulitis

Erisipelas itu apa?

Erisipelas atau erysipelas merupakan masalah kulit bagian lapisan tengah (disebut lapisan dermis) yang terinfeksi. Bakteri  Streptococcus menjadi penyebab yang paling sering menyerang. Tidak hanya pada kulit lapisan tengah, bakteri jenis ini juga bisa menyerang pada saluran getah bening (alodokter.com)

Erysipelas bisa menyerang bagian tubuh manapun. Namun seringnya menyerang daerah wajah, kaki dan lengan. Seperti yang saya alami di saat saya menulis artikel ini. Area lengan tangan hingga siku juga mengalami bengkak hingga merah kehitaman di bagian tertentu. Jika dipegang akan terasa hangat, tetapi hanya akan terasa sakit bila bagian yang bengkak ditekan.

Selain pembengkakan, jika tidak segera tertangani akan ada bagian kulit yang menghitam dan lama-lama menipis ( berlapis/mbesisik jaringan kulit lepas karena mati).

Infeksi kulit erysipelas bukanlah penyakit menular. Tidak seperti masalah kulit yang disebabkan jamur kulit seperti panu, kadas kurap atau eksim. Erysipelas tidak menular karena menginfeksi di kulit bagian tengah. 

Selulitis itu apa?

Selulitis merupakan suatu gangguan kulit akibat bakteri yang menyerang kulit bagian dalam. Bakteri penyebab infeksi umumnya adalah bakteri  Streptococcus. Bakteri ini akan sangat mudah masuk apabila seseorang memiliki luka di kulit.

Kulit seseorang yang mempunyai gangguan selulitis bisa mengalami kemerahan, bengkak, melepuh, dan bila ditekan akan terasa nyeri. Selulitis bisa menyerang segala usia dan paling sering menyerang area kulit tungkai, wajah, lengan, mata, dan bagian perut.

Erysipelas dan selulitis memiliki kemiripan. Penyakit kulit ini juga bisa terjadi bersamaan (alodokter.com). Orang yang mengalami erysipelas juga bisa terkena selulitis. Sebagaimana yang sedang saya alami saat artikel ini dibuat. Bagian lengan selulitis, dan menjalar hingga ke siku menjadi erysipelas (menyerang lapisan kulit bagian tengah). 

Berapa lama sembuh selulitis?

Dirangkum dari beberapa sumber, selulitis dan erysipelas bila mendapat penanganan yang baik bisa sembuh total setelah 7 sampai 10 hari setelah pemberian antibiotik. Kondisi stamina tubuh seseorang juga mempengaruhi proses kesembuhan. Semakin fit dan bagus daya tahan tubuh, semakin cepat pula pemulihannya.

Pembengkakan di tangan yang saya alami juga demikian, butuh waktu lebih dari 7 hari untuk bisa kempes. Selulitis bisa menjadikan area yang terinfeksi bernanah. Pemberian antibiotik umumnya masih diperlukan beberapa waktu lagi meski gejala sudah tidak dirasakan.

Selulitis harus ke dokter spesialis apa?

Orang yang mengalami erysipelas maupun selulitis, mungkin awalnya belum tahu sebaiknya harus periksa ke dokter apa. Mereka bisa saja pergi ke dokter keluarga praktek umum yang menjadi fasilitas kesehatannya. Baik erysipelas maupun selulitis merupakan gangguan kulit, sehingga periksa ke dokter spesialis kulit dan kelamin merupakan pilihan yang tepat. 

Baca juga:Penyakit erysipelas gejala dan mengatasinya 

Berdasar pengalaman, masalah kulit erysipelas maupun selulitis tidak dicover BPJS. Hal tersebut disampaikan oleh dokter keluarga saya yang menyatakan rumah sakit rujukan tidak meng-cover biaya masalah kulit tersebut. Maka bagi pemegang BPJS tentunya harus bersiap dana untuk biaya pengobatannya di dokter kulit dan kelamin yang dituju. 

0 comments

Post a Comment