5 karakter wirausaha yang harus dimiliki agar sukses dalam menjalankan usaha

 



Pandangan mengenai kesuksesan bagi setiap orang bisa tidak sama. Mempunyai keberhasilan usaha atau kesuksesan adalah sesuatu hal yang ingin diraih ketika seseorang berusaha. Ketika mencapai kesuksesan, tentu itu hal  yang sangat membanggakan sekaligus menggembirakan. 

Meraih kesuksesan di dalam sebuah usaha membutuhkan suatu ketekunan. Kesuksesan dalam usaha kadang tidak semudah yang dibayangkan. Namun dibalik kesuksesan yang diraih tidak mudah tersebut, rasanya akan lebih nikmat dan membuat hati merasa bangga dengan usaha kerasnya.

Menjadi wirausaha yang sukses memang banyak tantangan. Wirausaha yang sukses tampaknya memiliki beberapa ciri khas yang sama, seperti bekerja keras, kompeten, fokus, memiliki tekad dan usaha untuk mencapai tujuan yang ditargetkan. Meskipun tidak ada aturan yang ditetapkan untuk mencapai kesuksesan dalam usaha, namun ada beberapa praktik sederhana yang dapat membantu kamu melangkah lebih jauh dalam hidup.

5 karakter wirausaha yang harus dimiliki agar sukses dalam menjalankan usaha



Karakter merupakan perilaku yang dimiliki orang. Untuk menjadi wirausaha yang sukses membutuhkan beberapa karakter agar kesuksesannya bisa bertumbuh. Berikut ada tips karakter yang  dikutip dari buku 19 rahasia sukses karya Firmanto. Tips ini bisa diambil dan  sebaiknya dimiliki bagi mereka yang ingin eksis dengan kesuksesan usahanya.


Hal-hal yang bisa dimilik sebagai wirausaha sukses, di antaranya:

1. Jujur dan Tulus dalam menjual


Seorang wirausaha yang jujur akan hidup dengan penuh integritas. Ketika ketulusannya dalam melayani customer akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Hasil kejujuran dan ketulusan terhadap para konsumen atau pelanggan menjadi modal utama yang akan mendongkrak usahanya dan menumbuhkan kepercayaan bagi mereka.

Perlu dipahami, bahwa perumpamaan yang sering sekali kita dengar, yakni "bekerja adalah ibadah"biru bisa menjadi pegangan dalam berwirausaha.

Hindari karakter penjual yang menjadi pembohong, apalagi pembohong ulung yang hanya menjual kata-kata. Kejujuran dalam berwirausaha merupakan pakem mutlak yang harus dicamkan sebaik- baiknya. Pada prinsipnya, semua orang tidak ingin dikecewakan dan dibohongi.


Ketika sekalinya seorang yang  berwirausaha melakukan kebohongan, maka bisa dipastikan selamanya ia tidak akan pernah memiliki pelanggan setia. Jika ia bisa melayani konsumen maupun pelanggan dengan jujur dan penuh ketulusan, maka buahnya bagi mereka akan puas dan akan dengan senang hati merekomendasikan usahanya kepada teman atau kerabatnya tentang produk atau jasa yang mereka beli.


Ketulusan seorang wirausaha untuk membantu pelanggan dan memberikan bantuan dalam bentuk solusi kepada mereka ternyata bisa berbuah manis. Hal bisa menjadi membangun tidak sekedar hubungan jual beli, namun hubungan melebihi hubungan pelanggan dan penjual, bagi beberap orang bahkan sangat erat layaknya hubungan persaudaraan. 

2. Menumbuhkan Kepercayaan

Salah satu alasan paling utama konsumen untuk membeli produk atau jasa yang  dijual adalah kepercayaan. Kepercayaan konsumen pada seorang wirausaha penting untuk dibangun. Kepercayaan konsumen justru berada pada proses setelah barang terjual atau after sales service. Kegagalan dalam memberi tanggapan bisa berakibat fatal yang dapat menjatuhkan kepercayaan konsumen.



Kunci sukses membangun kepercayaan untuk mencegah hal tersebut terjadi, yakni jangan menunggu pelanggan sampai mengeluh dan lebih proaktif menanyakan keluhan dan ketidakpuasan mereka terhadap produk yang sudah mereka gunakan. Hal ini ternyata efektif dalam mengetahui hal apa saja yang perlu ditambahkan atau diperbaiki pada produk yang sedang mereka gunakan.


Untuk itu, disarankan memberikan lebih dari apa yang sudah dijanjikan", sehingga pelayanan konsumen berbuah menjadi kepuasan konsumen.

3. Mendengarkan


Wirausaha sukses sebaiknya mau menjadi pendengar yang baik. Wirausaha profesional pasti menggunakan kemampuan mendengarkannya secara optimal karena tidak pernah ada sejarahnya seorang wirausaha ditinggalkan konsumen setelah ia mendengarkan apa saja yang dibutuhkan pelanggannya. 

Dalam mendengarkan, seorang wirausaha harus mengalahkan diri sendiri dan harus mau belajar untuk lebih sabar, fokus kepada pembicaraan orang lain, serta memberikan umpan balik dan saran terbaik di saat-saat yang tepat.


"Wirausaha harus menyiapkan telinga untuk konsumennya!"

Disini sekali lagi saya diingatkan bahwa menjadi salesman bukan segala-galanya mengenai kita atau produk apa yang kita tawarkan, melainkan lebih kepada fokus memberikan solusi kepada pelanggan. Ya, it's all about customer!!

4. Berusaha menjaga reputasi dan kredibilitas


Reputasi dan kredibilitas merupakan satu paket yang membuat seorang wirausahawan dipercaya dan bernilai. Bisa dikatakan, seseorang yang dapat dipercaya akan mendapatkan banyak keuntungan, utamanya menyuburkan rasa percaya diri. Orang yang memiliki rasa percaya diri yang besar maka ia akan berjalan sangat dekat menuju kesuksesan.

5. Bekerja cerdas bukan keras


Setiap orang memiliki keterbatasan waktu. Meski bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Tidak mungkin waktu dipergunakan bekerja sepanjang hari tanpa beristirahat. Oleh karena itu, agar bisa sukses dalam meniti karir sebagai wirausaha, harus bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Di sinilah pentingnya sebuah perencanaan, database pelanggan, dan penggunaan sarana komunikasi yang semakin hari semakin

memudahkan kinerja kita dalam berhubungan dengan pelanggan dan melayani pelanggan secara optimal.

Reputasi dan kredibilitas merupakan satu paket yang membuat seorang wirausahawan meraih kesuksesan.

0 comments

Post a Comment