Batasan Minum Kopi instan sachet. Tukang ngopi harus tahu nih!



Secangkir kopi panas di pagi atau menjelang sore memang dapat menghangatkan tubuh. Tidak hanya penghilang haus, kopi juga mempunyai beragam manfaat, di antaranya menambah semangat dan konsentrasi. Bagi penikmatnya, minum kopi sudah menjadi ritual wajib yang harus ada untuk melewati hari-harinya.

Banyak orang yang mengandalkan kopi agar merasa segar di pagi hari. Ngantuk yang menyerang seakan sirna setelah menyeruput secangkir kopi panas. Badan yang awalnya terasa lemas menjadi lebih bersemangat dan seakan lebih siap beraktivitas setelah minum kopi.

Kafein yang ada dalam biji kopi memang bisa membuat fokus meningkat. Menikmati kopi bisa beragam caranya, ada yang ditambah gula ataupun murni tanpa tambahan apapun. Kopi pahit tetap nikmat bagi mereka yang sudah merasa kopi sebagai bagian dari hidupnya.

Kapan waktu yang baik untuk minum kopi?

Menikmati secangkir kopi yang baik adalah ketika produksi hormon kortisol di tubuh rendah. sedangkan pagi hari biasanya hormon ini berada pada puncaknya. Hormon kortisol atau yang biasa disebut hormon stres ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan. Pada kebanyakan orang,  kadar kortisol mereka akan memuncak antara pukul: 08.00-09.00. pagi, setelah itu akan mulai menurun.

Baca juga:

Bahayakah makan semangka bersamaan dengan minum kopi

Namun itu tergantung pada ritme siklus tidur dan bangun seseorang. Umumnya pelepasan hormon kortisol akan memuncak sekitar 30–45 menit setelah orang terbangun dari tidurnya. Apabila seseorang terbangun dari tidurnya pada pukul 06.30, puncak hormon kortisol akan terjadi pada pukul 07.00 atau 07.15.

Bila berdasar hal di atas, maka waktu yang paling tepat untuk menikmati kopi agarendapat manfaat yang baik adalah saat produksi hormon kortisol mulai menurun, yaitu antara jam 9.30-11.30 yang biasa dikenal coffee break.

Apakah baik minum kopi setiap hari?

Kopi yang berasa pahit ternyata memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi setiap hari. Berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh itu di antaranya kopi dapat meningkatkan stamina dan energi, memperbaiki mood, melancarkan metabolisme, meningkatkan konsentrasi, dan menghalau rasa kantuk.

Meminum kopi dengan ukuran yang sesuai mengutip dari  alodokter.com  disebut dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, penyakit jantung, dan stroke. Kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis. Kopi dengan takaran yang tepat juga dapat melindungi otak dari penyakit demensia. 

Batasan minum kopi instan sachet

Minum kopi setiap hari memang bisa menambah semangat. Secangkir kopi di pagi hari bagi sebagian orang bisa menambah konstrasi dan meningkatkan produktivitas kerja.  Apalagi sekarang banyak varian kopi yang tersedia di toko-toko terdekat.  Kopi instan ini sangat mudah ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau

Kopi instan siap saji memudahkan orang untuk menikmati kopi. Tinggal sobek, tuang ke gelas dan siram air panas, maka secangkir kopi sudah siap diminum. Kopi instan yang beredar di pasaran banyak macamnya, ada yang kopi plus gula, kopi plus gula plus susu, kopi campur gula campur coklat dan masih ada varian lainnya.

Untuk menikmati secangkir kopi instan kita tidak lebih dari 5 ribu rupiah. Murah dan ramah dikantong. Bahkan bola mau membuat sendiri dengan 5 ribu rupiah bisa dapat 3 cangkir. 

Namun ternyata, kopi dengan tambahan pemanis dan campuran rasa-rasa tidak disarankan dikonsumsi terlalu banyak. Efek meminum kopi instan yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan.

Mengutip dari hellosehat.com, bahaya meminum kopi instan berlebihan di antaranya adalah membuat rentan peminumnya mengalami berat badan berlebih hingga obesitas. 

Fakta kopi instan sachet


Adanya tambahan gula pada kopi sachet tentu akan meningkatkan asupan kalori harian peminumnya. Diketahui bahwa kandungan dalam 1 gram gula, ada tambahan 4 kkal kalori.

Fakta yang perlu diketahui, dalam satu sachet kopi bisa mengandung gula hingga 13 gram. Artinya, sudah ada tambahan 52 kkal untuk satu sajian kopi instan.

Kebutuhan asupan gula setiap orang menurut kementerian kesehatan, dianjurkan tidak melebihi 50 gram perhari. Dan dalam 1 bungkus kopi instan bisa mengandung gula tambahan sebanyak 13 gram.

Apabila para pecinta kopi meminum kopi instan lebih dari 4 gelas, maka ia telah melebihi batas kebutuhan gula yang disarankan. Tentu ini bisa berdampak pada kesehatan, di antaranya adalah obesitas dan diabetes

Dari hal ini, maka saran sajian terbaik dalam menikmati kopi instan adalah tidak lebih dari 2 sachet perhari. Hal ini mengingat kandungan gulanya yang cukup tinggi. Misal kopi dengan tambahan pemanis lain yang lebih tinggi kandungan gulanya maka alangkah lebih baik tidak terlalu banyak dikonsumsi. Misal dalam kondisi tertentu 2 kali sehari, di lain waktu tidak meminumnya. Misal minum tiap hari maka saran terbaik adalah 1 sachet kopi instan perhari. Hal ini agar tubuh tidak kelebihan gula bila kemasukan makanan lain yang mengandung gula juga.

Bagaimana cara minum kopi yang benar?

Ada beberapa cara menikmati Kopi yang Benar dan Aman untuk Kesehatan

  • Cara yang pertama bisa menaburkan bubuk kayu manis di atas kopi. Menaburkan kayu manis selain memunculkan rasa yang lebih enak, hal itu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan,  di antaranya kayu manis terbukti dapat menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes tipe dua. Oleh karena itu, dengan menaburkan bubuk kayu manis pada kopi, Anda dapat mengurangi risiko melonjaknya kadar gula darah.
  • Jangan berlebihan dengan gula dan sirup. Penikmat kopi sebaiknya mengurangi penggunaan sirup dan gula tambahan. Menikmati kopi yang baik adalah tanpa gula, namun jika tidak bisa melepaskan pemanis dan sirup tambahan pada kopi, gunakanlah atau pilihlah pemanis lainnya sebagai pengganti gula, misalnya pemanis alami, seperti madu, gula kelapa, atau stevia. Walaupun tetap mengandung kalori, setidaknya pemanis alami tidak meningkatkan kadar gula darah secara drastis.
  • Minum kopi hindari  di atas jam 2 siang. Meminum kopi pada siang hari, terutama di atas jam 2 siang dapat mengganggu jam tidur malam. Sebuah penelitian dari Journal of Clinical Sleep Medicine telah membuktikan hal tersebut.
Pada penelitian tersebut diperlihatkan bahwa konsumsi 400 mg kafein 0,3, dan 6 jam sebelum tidur ternyata dapat mengganggu kualitas tidur penikmat kopi.


Meminum kopi 6 jam sebelum waktu tidur juga dapat mengurangi durasi tidur.  Untuk mengakalinya, penikmat bisa menyesuaikan batas maksimal minum kopi di siang atau sore hari dengan jam tidurnya. Misal, jika penikmat kopi terbiasa tidur jam 10 malam, maka batas terakhir Anda minum kopi yaitu jam 5 sore.

Berapa gelas normal minum kopi?

Dari beberapa sumber referensi menyebutkan, bahwa untuk orang dewasa dengan keadaan tubuh yang sehat, batas maksimal minum kopi dalam sehari adalah sekitar 4 gelas atau setara 400mg kafein. 

Batas maksimal konsumsi kafein yang dianjurkan agar tidak terjadi efek negatif pada tubuh. Jika lebih dari itun sebuah penelitian dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings, orang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi setiap hari dapat berdampak negatif, yaitu meningkatkan risiko kematian sebesar 56 persen.

Meminum kopi yang mengandung kafein juga dapat berdampak buruk bagi anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Perlu adanya pembatasan bagi mereka dalam asupan kafein. Adapun batasan ya bagi anak-anak dan ibu hamil serta menyusui adalah tidak lebih dari 200 miligram per hari (setara 2 cangkir kopi).

Meminum kopi pada orang dewasa minum kopi sebaiknya batasi agar tidak melebihi 2 – 3 cangkir setiap hari.

Minum kopi itu bisa memberikan manfaat dan bisa menyehatkan, asal jangan pakai gula.

Meminum kopi tidak lagi menjadi pilihan yang sehat jika didalamnya sarat dengan gula.

Setiap satu sendok pemanis tambahan dalam kopi yang diminum setiap hari bisa menambah jumlah kalori yang berdampak terhadap meningkatnya jumlah sel lemak. Adanya tambahan kalori seperti ini dapat  melampaui apa yang dibutuhkan untuk bekerja dengan normal.

Untuk memperoleh manfaat baik dari minum kopi, Mak perlu menerapkan aturan minum kopi yang tepat.  Batasi asupannya dan hindari pemakaian gula tambahan agar tetap sehat.

0 comments

Post a Comment