Cara Meminum Kopi yang Baik dan Benar agar makin mantap bermanfaat

 


Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan minuman kopi. Bagi sebagian orang, meminum kopi sudah menjadi  kebiasaaan setiap hari. Secangkir kopi di pagi hari atau siang hari untuk mengusir kantuk menjadi ritual yang kerap dilakukan. Kopi yang mudah didapatkan menjadikan kopi bisa dinikmati kapan saja.

Meminum kopi merupakan hak setiap orang. Undang-undang belum mengatur tentang minum kopi. Jadi mengenai efek dikembalikan kepada pelakunya sendiri, yaitu peminum kopi. Oleh karena itu sebagai peminum kopi hendaknya bijak agar tidak terjebak ke dalam dampak negatif minum kopi. Kopi memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, namun bila dikonsumsi secara serampangan dan berlebihan bisa menyebabkan berbagai maslah kesehatan. 

Kopi bisa menghambat penyerapan zat besi, maka bisa berbahaya minum kopi setiap hari rentan mengalami kekurangan zat besi seperti anemia defisiensi besi. Kafein dan berbagai zat lainnya yang terkandung dalam kopi diketahui bisa mengikat kadar zat besi. Oleh karena itu,bagi peminum kopi bisa terhambat proses penyerapan zat besinya dalam tubuh yang umumnya diperoleh dari bahan nabati.

Cara Meminum Kopi yang Baik dan Benar

Konsumsi kopi bisa memperoleh manfaat positif bagi kesehatan. Namun untuk memperoleh manfaat positif tadi, perlu mengikuti batasan minum kopi dan cara yang benar. Berikut ini beberapa cara minum kopi yang baik dan benar

Memilih biji kopi 

Pilih biji kopi yang berkualitas. Untuk menikmati secangkir kopi yang nikmat, pilihlah biji kopi yang berkualitas dan disukai. Biji kopi segar yang dipanggang dengan benar akan memberikan rasa kopi yang lebih baik.

Gunakan air bersih dan segar. 

Air yang digunakan untuk menyeduh kopi sebaiknya adalah air yang bersih dan segar. Jangan menggunakan air yang sudah lama, karena bisa menghasilkan rasa kopi yang tidak enak.

Jangan menggunakan air panas mendidih.

 Jangan menyeduh kopi dengan air yang terlalu panas, karena bisa menghasilkan rasa kopi yang terlalu pahit. Sebaiknya gunakan air dengan suhu antara 90-95 derajat Celsius.

Ukur proporsi kopi dan air dengan benar. 

Untuk mendapatkan secangkir kopi yang nikmat, ukur proporsi kopi dan air dengan benar. Secara umum, disarankan menggunakan satu sendok makan kopi untuk 180 ml air.

Tambahkan bahan lain sesuai selera. 

Jika ingin menambahkan gula atau susu, tambahkanlah sesuai dengan selera. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan bahan lain, karena dapat mengubah rasa kopi yang asli.

Nikmati secangkir kopi dengan perlahan.

 Minumlah secangkir kopi dengan perlahan dan nikmati rasa kopi yang sebenarnya. Jangan terburu-buru dan nikmati momen Anda dengan secangkir kopi yang nikmat.

#Tips Berikutnya 

Minum kopi murni tanpa campuran

Kopi yang murni sangat baik dikonsumsi dan bisa memberikan efek kesahatan jika dinikmati secara wajar. Meminum kopi hitam yang tanpa campuran sirup, tanpa campuran atau ditambahkan gula sangat dianjurkan agar minum kopi bisa memberikan manfaat positif. Minum kopi hitam yang murni bisa menjadikan konsentrasi meningkat, namun bila ditambahkan creamer bisa mengurangi manfaat kebaikannya.

Meminum kopi dengan berbagai tambahan seperti gula, susu, creamer akan mengurangi potensi manfaatnya. Para peminum kopi disarankan meminum kopi yang murni dan tidak ditambahkan pemanis karena bisa meningkatkan berat badan dan resiko gangguan kesehatan lainnya.

Batasi sehari maksimal 3 cangkir

Meminum kopi hitam murni bisa meningkatkan fakus dan produktivitas kerja. Namun ini dengan syarat tertentu agar manfaat baiknya terus dirasakan dan tidak membawa efek negative lain. Batasi konsumsi 3 gelas kopi sehari. Jika memang terpaksa batasi hanya 4 gelas saja (400mg kopi). Pada umumnya dengan konsumsi batas itu masih tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan. Tetapi perlu diketahui bahwa kondisi tiap orang tidaklah sama. Saran tersebut adalah untuk kondisi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan seperti masalah lambung. Ambang toleransi tiap orang tidaklah yang sama. Bisa saja orang ambangnya lebih sedikit dari itu. Jika saat mengonsumsi kopi mengalami sensasi berdebar yang menyebabkan gemetaran, perasaan gelisah, dan tidak focus, maka pertimbangkan jumlah konsumsi kopinya.

Hindari minum kopi menjelang tidur

Minum kopi sebaiknya tidak mendekati waktu tidur. Hal ini bisa mengakibatkan seseorang terkena imsonia. Minum kopi menjelang tidur akan terganggu tidurnya sehingga memiliki kualitas tidur yang buruk.

Jangan paksakan minum kopi

Meminum kopi  bisa membuat semangat. Namun adakalanya fisik seseorang tidak sanggup untuk diajak kerjasama. Saat hati atau pikiran mengajak minum kopi, namun apa daya jika asam lambung sedang tidak bersahabat, maka jangan sampai meminum kopi karena bukan manfaat kesehatan yang diperoleh, malah bisa berbaring di ICU.

Siapa yang Harus Mengurangi atau Menghindari Kopi?

Kopi memiliki banyak manfaat saat dikonsumsi secara baik dan benar. Namun demikian, ternyata tidak semua orang aman mengonsumsi kopi. Ada orang-orang yang memang sebaiknya menjauhi minuman kopi. Ada yang dengan kondisi tertentu sebaiknya tidak minum kopi atau boleh minum kopi namun dengan porsi terbatas. Kondisi orang yang perlu waspada dengan kopi adalah orang dengan gangguan kesehatan sebagai berikut:

Orang dengan Gangguan mental

Orang yang memiliki gangguan mental kecemasan tidak dianjurkan mengonsumsi kopi. Kopi yan g bisa menyebabkan jantung berdebar-debar bisa meningkatkan gangguan kecemasannya. Orang yang mengalami gangguan bipolar, atau depresi juga tidak disarankan meminum kopi karena dapat memperparah masalah mentalnya.

Mereka dengan Gangguan pencernaan

Orang yang mempunyai gangguan pencernaan juga tidak dianjurkan meminum kopi. Gangguan pencernaan seperti asam lambung sebaiknya menjauhi minuman berkafein tersebut. Kopi juga tidak disarankan untuk penderita gangguan pencernaan gerd atau penyakit asam lambung.

Penderita Diabetes

Daftar orang yang tidak dianjurkan minum kopi berikutnya adalah orang yang terkena diabetes. Kopi sachet instan yang mengandung  pemanis dan creamer tidak disarankan untuk diminum penderita diabetes. Kandungan gula dqalam kopi sachet instan perlu diwaspadai bagi orang yang sakit diabetes karena bisa meningkatkan kadar gula.

Terkena Asam urat

Orang dengan yang memiliki penyakit asam urat perlu mewaspadai minuman kopi. Mengonsumsi kopi bisa menjadikan penyakit asam urat tidak segera sembuh. Sudah seharusnya penderita sakit asam urat menghindari kopi.

Orang yang minum obat-obatan tertentu

Orang yang sedang sakit dan terapi dengan minum obat-obatan juga tidak dianjurkan minum kopi. Meminum kopi bersamaan obat akan mengurangi efektifitas obat. Selain itu meminum obat juga dapat menyebabkan jantung berdebar-debar dan meningkatkan rasa cemas.

Beberapa kondisi berikutnya agar waspada dansebaiknya menghindari kopi adalah wanita hami. Wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan meminum kopi secara berlebihan. Meminum kopi bagi wanita hamil bisa mengancam janin yang ada dikaqndungan. Wanita hamil terancam atau bersiko mengalami kelahiran prematur, dan berat badan lahir bayi yang rendah.

Selain wanita yang hamil, kopi yang mengandung kafein juga tidak di disarankan diminum berlebihan bagi ibu menyusui. Bayi yang masih menyusu akan terserap ke dalam ASI, sehingga bayi yang diberi ASI bisa menjadi lebih rewel, susah tidur, dan berisiko mengalami kolik.


0 comments

Post a Comment