Efek minum kopi bersamaan makan semangka


Memakan semangka memang menyegarkan. Semangka merupakan buah yang kaya dengan kandungan airnya. Dalam bahasa latin semangka disebut dengan citrullus lanatus. Semangka yang masih kerabat labu-labuan ini merupakan tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika.

Buah semangka memiliki manfaat untuk membantu memulihkan kesehatan tubuh seperti menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyakit jantung dan menjaga kelembaban kulit.

BACA JUGA: Aturan yang baik minum kopi agar menyehatkan


Dalam menikmati buah semangka ada mitos yang berkembang di masyarakat, yaitu jangan pernah makan semangka sambil minum kopi. Memakan semangka bersamaan dengan minum kopi bisa berakibat fatal bahkan sebabkan kematian. 

Apakah benar demikian?

dr. Devika Yuldharia dari alodokter.com menyatakan bahwa hingga saat ini ini belum ada penelitian mengenai efek samping atau efek negatif dari konsumsi kopi bersamaan dengan semangka. Belum diketahui ada publikasi penelitian mengenai makan semangka yang kaya kandungan air itu bersamaan kopi. Dengan demikian informasi yang beredar di masayarakat itu hanya mitos.

Buah semangka memiliki berbagai varian warna, yang ada di Indonesia yang populer adalah warna merah dan kuning. Buah semangka selain mengandung kadar air cukup tinggi, ia juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti magnesium, kalium, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan rendah kalori.

Di sisi lain minuman kopi sudah menjadi bagian hidup masyarakat. Kopi hangat di pagi hari atau menjelang sore kerap menemani kegiatan sekedar penghilang ngantuk atau untuk menambah semangat. 

Minum kopi bisa menjadikan konsentrasi meningkat. Namun hendaknya perlu membatasi jumlahnya untuk memperoleh manfaat. Minum kopi sebaiknya ara peminum kopi dalam sehari bisa mengonsumsi kopi 2 cangkir / hari.

Penikmat kopi yang over dosis dalam mengonsumsi kopi bisa meningkatkan resiko gangguan jantung, osteoporosis, diare, penyakit asam lambung, dan gangguan janin.

-------

Pendapat serupa mengenai dampak negatif makan semangka bersamaan dengan minum kopi disampaikan juga oleh pakar kesehatan Jansen Ongko, MSc RD. Ia menegaskan makan semangka sambil minum kopi bisa membahayakan kesehatan adalah mitos.


BACA JUGA: Kisah konyol pembeli motor beat

-----

Pernyataan di atas mengutip doktersehat.com, di mana dalam artikel tersebut menambahkan informasi bahwa dokter Jansen tersebut juga menyatakan:  “Banyak orang yang bertanya kepada saya tentang kepercayaan bahwa semangka tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minum kopi. Menurut saya hal ini tidak benar. Aktivitas ini tidak akan memberikan efek berbahaya bagi kesehatan.”

Minum kopi berlebihan juga memberi dampak negatif, hal tersebut disampaikan oleh dr. Jansen yang juga mengingatkan bahwa minum kopi bisa mengganggu proses penyerapan zat besi yang berasal dari bahan makanan lainnya.

Zat besi dalam makanan tertentu yang sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan sel darah dan mencegah datangnya anemia akan berkurang atau tidak terserap maksimal bila dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Selain itu, kata Jansen, makan semangka berbarengan dengan minum kopi sepertinya bukan kombinasi yang cocok. Bisa jadi kita justru akan merasa kurang nyaman jika mengonsumsi keduanya di waktu yang berdekatan. 

Minum kopi sebaiknya dengan batas wajar dan menghindari penggunaan gula berlebih.


0 comments

Post a Comment