Ciri-ciri orang sukses, kamu salah satunya?


Tidak ada satu definisi pasti mengenai orang yang sukses, karena setiap orang memiliki pandangan dan tujuan yang berbeda-beda mengenai konsep tersebut. Sukses bisa saja dimaknai secara sederhana, seperti keberhasilan dalam menyelesaikan suatu masalah dianggap sebagai kesuksesan dalam mengatasi masalah.

Namun, kesuksesan pada pandangan umum masih banyak bersifat materialisme yang berwujud atau kebendaan. Orang yang mapan secara ekonomi dan memiliki berbagai macam benda atau materi yang banyak di anggap orang yang sukses.

Pandangan tersebut tidaklah salah karena memang hanya 1 di antara banyak sudut pandang mengenai arti sukses seseorang.

Orang yang sukses dan berhasil pada umumnya mempunyai beberapa ciri khas. Tindakan dan cara berfikirnya bisa dikatakan memiliki beberapa ciri umum yang bisa diduplikasi. Adapun ciri-ciri dari orang yang sukses adalah:

Ciri-ciri orang sukses 

Memiliki tujuan yang jelas

Orang yang sukses biasanya memiliki tujuan yang jelas dan spesifik, sehingga mereka tahu apa yang ingin dicapai dan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mencapainya.


Konsisten dalam tindakan

Orang yang sukses biasanya konsisten dalam tindakan dan tekun dalam mencapai tujuan mereka. Mereka tidak mudah menyerah dan terus berusaha meskipun menghadapi rintangan atau kesulitan.


Dinamis dan open mind

Orang yang sukses biasanya terbuka terhadap pembelajaran dan perubahan. Mereka selalu mencari kesempatan untuk belajar dan berkembang, serta mampu beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah.


Baca juga:  Ide usaha modal  minim


Memiliki jaringan sosial yang baik

Orang yang sukses biasanya memiliki jaringan sosial yang baik, baik dalam lingkungan kerja maupun kehidupan pribadi. Mereka mampu membangun hubungan yang positif dengan orang lain, sehingga dapat memperluas peluang dan mendapatkan dukungan saat membutuhkannya.


Memiliki integritas dan nilai-nilai yang kuat

 Orang yang sukses biasanya memiliki integritas yang tinggi dan nilai-nilai yang kuat. Mereka memegang teguh prinsip-prinsip moral dan etika, serta berkomitmen untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

Baca juga: 10 Kunci Sukses

Namun, perlu diingat bahwa definisi sukses dapat berbeda-beda bagi setiap orang. Tidak semua orang mengukur sukses dari aspek yang sama, dan setiap individu memiliki pandangan dan tujuan yang berbeda-beda mengenai konsep tersebut.

5 Wujud sukses

Kesuksesan ada dalam beberapa bentuk. Menyadur dari buku 19 rahasia sukses karya Firmanto, berikut ini beberapa bentuk sukses.

1. Sukses material 

Sukses secara materi merupakan wujud sukses yang paling kasat mata dan umumnya paling sering di-judge sebagai indikator sukses-tidaknya seseorang karena semua-muanya terukur dari kepemilikan unsur-unsur yang bersifat duniawi, misalnya memiliki uang banyak, mobil, atau perusahaan yang besar.

2. Sukses Fisik

kesuksesan fisik antara lain ditandai dengan memiliki tubuh yang selalu sehat, tubuh yang sempurna, serta berumur panjang. Kesuksesan fisik cenderung sering diabaikan oleh seseorang yang mengincar kesuksesan material semata. Padahal kesuksesan fisik harusnya menjadi modal utama seseorang untuk meraih kesuksesan dalam wujud lain karena dengan tubuh sehat kita bisa bekerja dengan giat dan bisa menikmati kehidupan.

3. Sukses intelektual

Kesuksesan intelektual mengacu pada seberapa cakapnya kemampuan otak kita. Parameternya bisa dilihat dari level pendidikan yang dicapai, S2 atau S3. Atau bisa juga dilihat dari profesi yang digeluti yang berkaitan dengan keilmuan seseorang, misalkan: berprofesi sebagai dokter, dosen, atau peneliti. Dari mulut seorang yang mengejar kesuksesan intelektual kadang bisa terucap "Saya tidak perlu uang banyak, tapi saya harus pintar".

Baca juga: karakter wirausaha sukses 

4. Sukses Emosional

Kesuksesan emosional adalah kesuksesan yang berada pada level psikologis. Seseorang yang merasa bangga apabila dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain. Kepuasan batin ketika dirinya bisa berkontribusi pada suatu komunitas atau di lingkungan ia berada. Ia juga merasa bahagia apabila mengetahui keberadaannya dibutuhkan oleh orang-orang yang ada didekatnya.

5. Sukses spiritual

Ada orang yang merasa kedekatannya dengan sang penciptanya Allah SWT  menjadi hal utama dari tujuan hidupnya. Alasannya, bisa mencari kedamaian hati. Hal ini juga merupakan wujud dari kesuksesan.

Sejatinya kesuksesan adalah buah. Dari semua itu yang paling utama adalah tetap bisa bahagia dalam proses dan berusaha secara optimal. Manusia hanya bisa berusaha, menyerahkan semua hasil akhir kepada Allah SWT setelah maksimal dalam ikhtiar adalah sikap yang paling bijaksana.

0 comments

Post a Comment