Sekolah Pranatacara Bahasa Jawa: Melestarikan Budaya Nusantara

sekolah-pranatacara-bahasa-jawa-melestarikan-budaya-nusantara
sekolah pranatacara bahasa jawa: melestarikan budaya nusantara

  

Sekolah pranatacara bahasa Jawa masih banyak yang mencari. Di Semarang terdapat sebuah organisasi sosial yang berfokus pada pelestarian budaya-budaya Nusantara. Lembaga ini telah lama eksis dan melayani masyarakat. Organisasi sosial ini bernama PERMADANI yang berpusat di Kota Semarang. PERMADANI ini khusus dan berkomitmen untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia. Permadani menjadi sekolah Pranatacara di Semarang yang sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan public speaking khususnya berbahasa Jawa.

Pelestarian Budaya Jawa

Budaya Jawa tidak hanya milik orang Jawa tengah, namun budaya Jawa masih banyak digunakan oleh masyarakat di daerah istimewa Yogyakarta, sebagian masyarakat Jawa timur dan beberapa daerah lainnya. Dalam upaya pelestarian budaya, PERMADANI memiliki cabang di berbagai daerah, seperti Kudus, Pati, Sragen, Wonosobo, beberapa kota di Jawa Timur, bahkan sudah ada di luar pulau Jawa dengan mengembangkan adat budaya masyarakat lokal.

Kegiatan dan Materi Pembelajaran

Kegiatan pengembangan budaya Jawa di PERMADANI terstruktur dan menggunakan pedoman dalam pembelajaran. Para pengajarnya umumnya juga tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai profesi. Mulai dari guru, dosen, dalang, dan profesi-profesi lainnya. Materi-materi yang diberikan seputar kebudayaan Jawa seperti pernikahan adat Jawa, Lamaran, Gending-gending Jawa(Sekar), pusaka keris, Cara berbusana Adat jawa, bahkan lelayu semua diajarkan. Siswa juga dibekali bagaimana bersikap menjadi seorang pemandu acara (MC) bahasa Jawa hingga bisa suksesnya memandu acara tersebut. Public speaking yang diajarkan disini tentunya menggunakan bahasa Jawa.

Peserta dan Jadwal Belajar

Peserta yang mau mengikuti kegiatan pengembangan budaya Jawa juga terdiri dari beragam profesi, seperti PNS, pegawai swasta, pengusaha, tukang, dan lain-lain. Sudah ratusan alumni PERMADANI yang tersebar dan menjadi pribadi yang lebih bermanfaat di masyarakat. Kegiatan belajar kepranatacaraan ini diadakan 2 kali dalam seminggu, setiap hari Selasa dan Jumat, dimulai pukul 19.00-21.30 WIB. Biaya sangat terjangkau dan lama belajar antara 6-9 Bulan. Di akhir pembelajaran ada tes untuk melihat seberapa jauh kemampuan peserta telah berkembang.



Lokasi Cabang PERMADANI di Semarang

Di Semarang sendiri, PERMADANI memiliki cabang empat tempat, yaitu di Semarang Kota, Semarang Barat, Gunung Pati, dan Semarang bagian atas di jalan Sumurboto (balai kelurahan Sumurboto

Info pendaftaran

Untuk mendaftar atau mendapatkan informasi lebih lanjut tentang PERMADANI, Anda dapat mengunjungi langsung Museum Ranggawarsito di Jalan Abdurahman Saleh No. 1 (Fly over Kalibanteng) di Semarang atau menghubungi pengurus melalui nomor telepon berikut:

1. Bapak Suka Prayitno di nomor 081228039707, alamat Jalan Taman Kumudasmoro 1 No. 5 RT 9 RW 8 Bongsari Semarang Barat.

2. Bapak Kusmanto di nomor 0852 2848 5454, alamat Jalan Wologito Utara 1/37, Kembang Arum, Semarang.

Untuk cabang PERMADANI di Gunung Pati, Anda dapat menghubungi salah satu dari empat orang berikut:

1. Bapak Edi P. di nomor 085100192800

2. Bapak Saptono di nomor 081325646070

3. Bapak Hardi S. di nomor 085926160111

4. Bapak Iwan di nomor 085878529169.

Biaya pendaftaran untuk mengikuti kursus PERMADANI adalah Rp. 100.000 (biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu). Selain itu, peserta diharapkan membayar biaya SPP setiap bulan sebesar Rp. 150.000 dan biaya wisuda sebesar Rp. 100.000 selama mengikuti kegiatan pelatihan.

Sebagaimana pepatah yang sering diucapkan oleh orang tua di desa-desa, "Yen awakmu pengen bisa ya kudu gelem sekolah" yang artinya jika ingin bisa, harus mau belajar dan terus berlatih. Oleh karena itu, jika berlatih dengan tekun, akan memperoleh ketrampilan yang baik dan guru akan lebih dapat memberikan bimbingan yang terarah. Itulah informasi mengenai sekolah pranatacara di Semarang.

0 comments

Post a Comment