Teks Pranatacara Bahasa Jawa Pengajian



Acara pengajian adalah acara yang diadakan dengan tujuan untuk membaca, mengkaji, dan mempelajari kitab suci Al-Quran serta membahas isu-isu keagamaan dalam Islam. Acara pengajian biasanya diadakan oleh kelompok masyarakat atau lembaga keagamaan di masjid atau di rumah-rumah warga dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keimanan umat Islam. 

Dalam acara pengajian, biasanya akan dihadirkan seorang ustadz atau kyai yang akan memberikan ceramah dan menjawab pertanyaan para peserta. Acara pengajian juga dianggap sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar umat Islam serta untuk meningkatkan kebersamaan dalam kegiatan keagamaan.

Susunan acara pengajian

Susunan acara pengajian dapat berbeda-beda tergantung pada tradisi dan kebiasaan di masing-masing daerah atau komunitas. Namun, secara umum, susunan acara pengajian biasanya sebagai berikut:

1. Pembukaan

Membaca doa pembukaan, misal membaca surat Al-Fatihah

2. Bacaan ayat suci Al-Qur'an

Qori atau Qoriah yang dianggap memiliki suara bagus membacakan ayat-ayat Al Qur'an pilihan.

3. Sambutan panitia

Sambutan ini bisa saja oleh ketua panitia atau yang mewakili. Jika ada tamu penting bisa ditambahkan untuk memberikan sambutan.

 4. Dzikir

Membaca zikir atau doa bersama. Dzikir dapat dilakukan dengan menggunakan tasbih atau tanpa tasbih.

5. Tausiyah

Penceramah memberikan tausiyah atau ceramah agama. Tausiyah dapat diikuti dengan sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan pada hadirin untuk bertanya dan mendapatkan penjelasan lebih lanjut

5. Doa penutup

Membaca doa penutup
Membaca salawat NabiPemberian hidangan atau makanan ringanDalam beberapa tradisi, setelah pengajian selesai, biasanya disajikan hidangan atau makanan ringan untuk berbuka puasa atau sekadar untuk menikmati bersama.

Namun, perlu diingat bahwa susunan acara pengajian dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan dan tradisi di masing-masing daerah atau komunitas.

Teks Pranatacara Bahasa Jawa Pengajian

Acara pengajian umumnya melibatkan orang banyak. Hal ini tentu membutuhkan perencanaan dan juga koordinasi yang baik dalam pelaksanaannya. Pembagian tugas juga perlu diadakan agar acara bisa terlaksana dengan lancar. Salah satu peran yang sering digunakan diantaranya adalah adanya seorang pembawa acara. Pembawa acara ini berperan untuk mengarahkan acara agar sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat panitia.

Acara pengajian biasanya menggunakan bahasa yang umumnya digunakan di daerah dilakukan kegiatan. Sebagaimana masyarakat Jawa, maka akan menggunakan bahasa Jawa. Tentu sebagai pembawa acara sebaiknya juga menyesuaikan dengan menggunakan bahasa Jawa. 

Tips:

Pembawa acara atau pranatacara sebaiknya mengetahui kesiapan dan siapa saja yang akan terlibat sebagai pengisi acara. Pastikan sebelum acara dimulai, mencatat dulu nama-nama pengisi acara. 

Sebagai contoh berikut ini contoh teks pembawa acara pengajian maulid nabi bahasa Jawa yang dilengkapi dengan terjemah Bahasa Indonesia.

--------

Contoh Teks Pranatacara Bahasa Jawa Acara Pengajian Dilengkapi terjemah Bahasa Indonesia 

-----------

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillahi rabbil a'lamin.

Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuluh'

Asyhadu'allaa ilahaillahu wahdahu laa syarikalah.

waasyhaduannaa muhammadan 'abduhu warosuuluh.

Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa’ala Aalihi Washohbihi Ajma’in. 

Ammaa ba'du.

Dhumateng para tamu kakung miwah putri ingkang winantu ing kabagyan.

Para sepuh, Pini sepuh ingkang sampun pana ing pamawas sarta lebda ing pitutur.

Para alim, kyai, saha asatidz, mliginipun dhumateng Al mukarram Rama Kyai Haji Mahmud M.Ag ingkang tansah dipun dereken menggah dawuhipun.

Boten katalumpen dumateng para kadang wreda ingkang dipun mulyaaken dening Gusti Allah.

Sakderingipun adicara kawiwitan, sumangga Kula dhereaken ngunjuaken suka syukur dhumateng Gusti Allah ingkang maha Kawasa kanthi syukur bilisan "Alhamdulillahi rabbil al Amin." Sedaya nikmat ingkang panjenengan lan kula tampi namung awit sih wilasaniPun satemah saget nyawiji wonten ing adicara pengaosan... (acara pengajiannya)..wonten ing wedhal menika kanthi Rahayu tanpa reridu.

Sholawat Saha salam ugi kaaturaken dhumateng uswah Hasanah panjenengan Kula sami Rasulullah Saw biqoulina "Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad wa ala Ali sayyidina Muhammad."

Para tamu ingkang dipun mulyaaken dening Gusti Allah. Kula ing ngriki minangka pambiwa keparengaken ngaturaken urut rantaman adicara ingkang rinumpaka.

Acara kaping sepisan nun inggih pambuka, angka kalih waosan ayat suci Alquran, angka tiga sambutan-sambutan, angka sekawan mauidhoh Hasanah ingkang kalajengaken doa lan panutup.

Mekaten para rawuh, menggah urut rantamaning acara ingkang sampun rinumpaka. Saklajengipun Monggo sesarengan acara dipun wiwiti kanthi waosan Ummul kitab suratul Fatihah.

Liridhoilahi wabisyafaati Rasulillah Alfatihah "...

Aamiin. 

Matur nuwun. Mugi kanthi waosan serat Alfatihah kalawau saget damel acara ing wedhal menika lumadi kanthi gancar rancak sepen ing rubedha.

Acara ingkang angka kalih nun inggih waosan Kalam ilahi ayat suci Al-Quran, ingkang badhe dipun pandegani dening...(nama yang akan mengisi)... Dumateng paraga ingkang piniji sumangga.

Sodaqallahuladzim washodaqo rasuluhul kariim. Wa ana isyaallahu 'alaa dzalika minasysyahidiin.

Mugi Kula lan panjenengan Sedaya saget pikantuk kaberkahanipun waosan Kalam ilahi menika.

Para tamu ingkang kinormatan. Ngancik acara angka tiga nun inggih sambutan-sambutan. sambutan ingkang sepisan saking pangarsa panitia acara nun inggih Bapak...(namanya)... Dhumateng priyagung ingkang piniji kasumanggaken.

Mekaten sambutan saking pangarsa panitia. Sambutan saklajengipun nun inggih saking pangarsa takmir Masjid (nama ketua takmir)... Dhumateng Bapak (Namanya)... sasana miwah swasana Amung sumangga.

Mekaten para rawuh sambutan saking pangarsa takmir Masjid...(nama masjid)...saklajengipun Enggal lumadi acara candakipun nun inggih mauidhoh Hasanah ingkang badhe Kaaturaken dening Al-Mukarram Rama kyai Haji Mahmud, M. Ag. Murih rahayuning Sedaya dhumateng Rama Kyai Haji Salafudin hamung sumangga. "Allahumma sholli 'ala Muhammad".

Alhamdulillahirabbil'alamiin. Sampun purna acara maudhoh Hasanah, Mugi Sedaya kala wau hanambahi pangertosan panjenengan sami Aamiin.

Para rawuh ingkang minulya. Sampun dumugi adicara ingkang pungkasan nun inggih dunga panutup ingkang badhe dipun pandegani dening Bapak...(nama beliau)... Dhumateng priyagung ingkang piniji kasumanggaaken. 

Aamiin. Kanthi kaleksananioun donga panutup menika, pratanda bilih adicara ing kalenggahan menika purna. Kula minangka pambiwara nglenggana kathah kekiranganipun. Pramila kepareng bapak ibu Sedaya kesdu hanglumeberaken gunging samudra pangaksama. 

Akhirul Kalam, billahittaufiiqu walhidayah, warridho wal'inayah.

Wassalamu'alaikum warrahmah mautullahi wabarakatu.

Baca juga: 


VERSI BAHASA INDONESIA

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillahi rabbil a'lamin.

Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuluh'

Asyhadu'allaa ilahaillahu wahdahu laa syarikalah.

waasyhaduannaa muhammadan 'abduhu warosuuluh.

Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa’ala Aalihi Washohbihi Ajma’in. 

Ammaa ba'du

Kepada bapak ibu para tamu yang berbahagia.

Para orang tua, Beliau-beliau yang dituakan yang berpengalaman.

Para alim, kyai, dan asatidz, khususnya beliau Al mukarram Rama Kyai Haji Mahmud M.Ag yang senantiasa diikuti arahannya.

Tidak lupa kepada para pemuda-pemudi yang dimuliakan Allah.

Sebelum acara dimulai, mari bersama kita haturkan puji syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa dengan syukur bilisan "Alhamdulillahi rabbil al Amin." Semua kenikmatan yang kita terima adalah karena kasih sayangNya sehingga bisa berkumpul bersama dalam acara ..(acara pengajian peringatannya)..pada kali ini dengan selamat tanpa gangguan.

Sholawat dan salam juga kita haturkan kepada uswah Hasanah kita semua Rasulullah Saw biqoulina "Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad wa ala Ali sayyidina Muhammad."

Para tamu yang dimuliakan Allah. Saya sebagai pembawa acara perkenankan saya menyampaikan rangkaian yang telah tersusun.

Acara yang pertama adalah pembukaan, yang kedua bacaan ayat suci Alquran, ketiga sambutan-sambutan, keempat mauidhoh Hasanah dilanjutkan dengan doa dan penutup.

Demikian bapak ibu susunan acara hari ini, selanjutnya mari kita bersama kegiatan ini dengan bacaan ummul kitab suratul Fatihah.

Liridhoilahi wabisyafaati Rasulillah Alfatihah "...

Aamiin. 

Terimakasih. Semoga dengan bacaan surat Alfatihah tersebut bisa menjadikan acara kali ini terlaksana dengan lancar jauh dari gangguan. 

Acara kedua yaitu bacaan kalam ilahi ayat suci Al-Quran, yang akan dibawakan oleh...(nama yang akan mengisi)... Kepada beliau yang ditunjuk dipersilahkan.

Sodaqallahuladzim washodaqo rasuluhul kariim. Wa ana isyaallahu 'alaa dzalika minasysyahidiin.

Semoga kita semua bisa mendapat keberkahan dari bacaan Kalam ilahi tadi.

Para tamu yang terhormat. Menginjak acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan. sambutan yang pertama oleh ketua panitia Bapak...(namanya)... Kepada beliau disilahkan.

Demikian sambutan dari ketua panitia. Sambutan selanjutnya dari ketua takmir Masjid (nama ketua takmir)... Kepada Dhumateng Bapak (Namanya)... Tempat dan waktu disilahkan.

Demikian bapak ibu, sambutan dari ketua takmir Masjid...(nama masjid)...segera dilanjutkan acara berikutnya yaitu mauidhoh Hasanah yang akan disampaikan oleh Al-Mukarram Rama kyai Haji Mahmud, M. Ag. Kepada beliau disilahkan. "Allahumma sholli 'ala Muhammad".

Alhamdulillahirabbil'alamiin. Sudah selesai acara maudhoh Hasanah, semoga semua yang telah disampaikan tadi bisa menambah pengetahuan kita semua. Aamiin.

Hadirin yang kami muliakan. Telah sampai di penghujung acara yaitu doa penutup yang akan dipimpin oleh Bapak...(nama beliau)... Kepada beliau disilahkan.

Aamiin. Dengan terlaksananya doa penutup, maka itu sebagai tanda bahwa acara ini telah berakhir. Saya selaku pembawa acara menyadari masih banyak kekurangan. Maka berkenan hadirin sekalian memberikan maaf.

Akhirul Kalam, billahittaufiiqu walhidayah, warridho wal'inayah.

Wassalamu'alaikum warrahmah mautullahi wabarakatu.

Baca juga: Contoh Teks pengajian Tahun Baru Hijriah 


0 comments

Post a Comment