Sholat dan keutamaannya yang luar biasa

sholat-dan-keutamaannya
Sholat dan keutamaannya

Sholat dan keutamaannya yang luar biasa-Sholat adalah rukun Islam kedua. Sholat atau salat merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim. Sebagai rukun Islam kedua, sholat merupakan bentuk ketaatan manusia kepada Allah SWT. Melalui sholat, seorang muslim berkomunikasi dengan Sang Pencipta, memohon kebaikan dan keberkahan dalam hidup. 

Selain itu, sholat juga dianggap sebagai sarana untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan. Dalam praktiknya, sholat dilakukan lima kali sehari, yaitu sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. 

Sholat dapat dilakukan di masjid atau di tempat lain yang suci, seperti rumah atau kantor. Untuk memastikan pelaksanaan sholat yang benar, seorang muslim harus mempelajari tata cara dan doa-doa sholat yang sesuai dengan ajaran Islam.

Sholat dan keutamaannya yang luar biasa menjadi amal pertama dihisab

Sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan, karena sholat merupakan pondasi keislaman seseorang. Setelah menyatakan imannya, sesorang memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah sholat. 

Namun sholat yang dimaksud hendaknya tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban, karena kualitas sholat juga merupakan penentu nasib seseorang di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam  Tirmidzi, no. 413 : 

“Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika sholatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari sholat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya."

Jelas di sini bahwa sholat memiliki poin yang sangat luar biasa, keberhasilan menjalani kehidupan seseorang dilihat bagaimana ia mengerjakan kewajiban sholatnya. Sholat menjadi pintu utama kebaikan-kebaikan yang lain.

Hadits tersebut menegaskan betapa pentingnya sholat dalam kehidupan seorang Muslim. Sholat merupakan amalan pertama yang akan dihisab pada hari kiamat. Jika seseorang telah melaksanakan sholat dengan baik, ia akan beruntung dan berhasil. Namun jika sholatnya rusak, maka ia telah gagal dan rugi.

Menjalankan ibadah sholat merupakan salah satu ibadah yang paling sulit dijaga dari waktu ke waktu. Banyak tantangan yang dihadapi dalam menjalankan ibadah ini. Mulai dari kesibukan pekerjaan, hingga rasa malas untuk bangun dari tempat tidur pada pagi hari. Untuk menjaga kualitas sholat agar tetap istiqomah, dibutuhkan usaha terus menerus agar bisa mengerjakannya secara teratur.

Sholat sunnah penyempurna sholat fardhu

Manusia memiliki sifat pelupa dan mudah lalai. Oleh karena itu, untuk menambal ketidak sempurnaan sholat yang pernah dijalankan, diperlukan usaha lebih dengan menjalankan sholat sunnah. 

Sholat-sholat sunnah yang terdapat dalam sholat 5 waktu dapat membantu mengisi ketidak sempurnaan sholat wajib yang pernah dijalankan. Sehingga dapat menambal hisab yang kurang di akhirat kelak. 

Selain itu, menjalankan sholat sunnah juga dapat membantu memperkuat keimanan seseorang dan menjaga kualitas sholat seseorang. 

Sholat keutamaannya bisa sebagai kunci pembuka rezeki.

Dalam usaha mendapatkan cintaNYa Allah dan memperoleh kunci pembuka rezeki, hendaknya mengikuti anjuran Rasullah SAW. untuk menjalankan sholat tepat waktu. Selain itu, kita juga ditekankan agar bisa sholat dengan berjamaah, sebagaimana yang dikisahkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim no. 1044: 

Pada masa Rasulullah  ada seorang lelaki yang tidak bisa melihat menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian lelaki itu berujar: 

“Wahai Rasulullah, saya tidak memiliki seseorang yang akan menuntunku ke masjid. Lalu ia meminta keringanan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk sholat di rumah. 

Ketika lelaki tersebut berpaling, Rasulullah kemudiani bertanya: Apakah engkau mendengar panggilan sholat (adzan)? Lelaki itu menjawab: Benar. Beliau bersabda: Penuhilah seruan tersebut (hadiri jamaah sholat)”.

Perlu latihan terus menerus untuk bisa menjaga sholat tepat waktu berjamaah. Sholat tepat waktu memberikan rasa tenang, meningkatkan keimanan, Allah melapangkan hati dan memudahkan pekerjaan.

Sebaliknya, ketika kita menunda-nunda sholat, kita akan disibukkan dengan urusan pekerjaan yang seakan tidak segera terselesaikan. Bahkan hasil akhirnya kadang malah tidak sesuai yang diharapkan dan atau malah sia-sia apa yang kita lakukan. Hal tersebut hanya contoh kecil karena lalai dalam sholat.  

Sholat adalah salah satu kunci pembuka rezeki, ketika kita memperbaiki ibadah sholat, maka Allah juga akan bergerak untuk memperbagus kehidupan kita. Dalam sholat, seorang Muslim berkomunikasi dengan Allah SWT, membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an, dan memperkuat hubungannya dengan-Nya. Seseorang yang mampu menjalankan ibadah sholat dengan baik mendapat predikat orang yang beruntung, sebagaimana yang difirmankan dalam Al quran surat al mukminun ayat 1-2:

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ  

 الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلٰو تِهِمْ خَاشِعُوْنَ  

“Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam sholatnya)”

Maka, mantapkan hati untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan berhijrah dari masa lalu yang buruk. Seseorang yang mau memperbiki dengan berhijrah dari keburukan ke kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah akan dilapangkan kehidupan dan rezekinya, sebagaimana firman Allah dalam surat An Nisa ayat 100:

وَمَنْ يُّهَاجِرْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يَجِدْ فِى الْاَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيْرًا وَّسَعَةً ۗ



"Dan barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak."

Maka dalam pembahasan ini disimpulkan, bahwa sholat merupakan salah satu langkah untuk memperoleh kunci pembuka rezeki. Hal ini karena sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam. 

Sholat yang baik dapat menentukan nasib seseorang di akhirat kelak, sedangkan sholat yang buruk dapat merugikannya. Untuk menjaga kualitas sholat, dibutuhkan usaha terus menerus dan sebaiknya juga menjalankan sholat sunnah untuk menyempurnakan kekurangan. Sholat sunnah mempunyai manfaat dapat membantu memperkuat keimanan seseorang. 

Sholat tepat waktu berjamaah juga ditekankan agar dilakukan, karena memberikan banyak manfaat dan dapat membantu seseorang dalam mendapatkan cinta Allah serta memperoleh kunci pembuka rezeki. 

Demikian pembahasan sholat dan keutamaannya yang luar biasa bisa sebagai kunci pembuka rezeki melalui penyempurnaan iman dan Islam yaitu melalui sholat. 

Semoga kita semua dapat menjadi muslim yang baik dan selalu mendapat keberkahan dari Allah SWT. Untuk lebih jelas bisa menyimak video berikut:






----------------------------------------------------------

Referensi:

https://shafta.sch.id/perbaiki-sholatmu-maka-allah-akan-perbaiki-kualitas-hidupmu/

https://www.laduni.id/post/read/44889/perbedaan-sholat-qiyamul-lail-dan-sholat-sunnah-lainnya

https://fk.uii.ac.id/manfaat-sholat-tahajud-dalam-menurunkan-stres/

https://alhilal.or.id/amalan-yang-bisa-merubah-takdir-dan-nasib-buruk/

https://rumaysho.com/7141-sholat-di-awal-waktu.html

http://www.daarussunnahbekasi.com/artikel/fiqih/masihkah-kita-meremehkan-sholat#

https://muhammadiyah.or.id/wajibkah-sholat-berjamaah/

https://ilmuislam.id/hadits/22287/hadits-ibnu-majah-nomor-4012

https://rumaysho.com/16963-sholat-itu-yang-pertama-kali-akan-dihisab.html

0 comments

Post a Comment