Teks pasrah tampi pengantin bahasa jawa singkat lengkap terjemahnya

teks-pasrah-tampi-pengantin-bahasa-jawa-singkat-lengkap-terjemahnya
Teks pasrah-tampi pengantin bahasa Jawa singkat lengkap terjemahnya


Teks pasrah tampi pengantin bahasa jawa masih dibutuhkan banyak orang. Hal ini wajar saja karena dalam suatu acara pernikahan umumnya dilakukan acara pasrah calon temanten. Pasrah calon temanten bagi yang sudah berpengalaman tentu bukanlah hal yang sulit, tapi bagi yang baru belajar tentunya membutuhkan panduan untuk bisa memahaminya. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya yaitu:

Pasrah tampi pengantin merupakan sebuah acara penting. Setiap orang yang akan menikah umumnya akan mengadakan acara ini. Namun nyatanya tidak semua bisa menjadi pemasrah. Hanya orang-orang tertentu yang mampu menyusun dan merangkai kata sehingga bisa jelas maksud dan tujuan yang akan disampaikan.
Sedangkan acara pasrah sendiri hendaknya jangan terlalu panjang dan sesuai dengan apa yang ditugaskan jadi usahakan supaya singkat dan padat serta jelas. Pasrah terdiri dari:
  • Pembukaan
  • Isi 
  • Harapan
  • Meminta Maaf
  • Penutup

Berikut ini contohnya teks pasrah tampi pengantin bahasa jawa singkat dilengkapi terjemah bahasa indonesia

Contoh teks pasrah pengantin

Assalamuallaikum Wr,Wb

Kasugengan,katentreman,kabagaswarasan saha kamulyan mugi tansah tumedhak wonten jiwanggo panjenengan sedaya dalasan kula waradin sagung dumadi.

Nuwun dhumateng Bapa...(wakil Tuan rumah) ingkang wedhal menika minangka sulih sarira saking panjenenganipun Bapa..(Tuan Rumah) sekalian. kula ing ngriki minangka talanging atur saking panjenenganipun Bapa (..Yang di wakili) sarimbit keparengna matur bileh panjenenganipun Bapa.(yang diwakili) sarimbit sepisan ngaturaken puji syukur wonten pepadhaning Gusti Ingkang Maha Wicaksana awit sowanipun sapangombyong saking laladan.. (desa asal yang diwakili) dumugi ngriki sampun pinaringan wilujeng nir ing sambekala tinebeh saking sedaya rubeda.

Kaping Kalih panjenenganipun Bapa ..(yang diwakili) ngaturaken salam taklim katur dhumateng Bapa..(Tuan rumah) kanthi pandhunga mugi-mugi sedaya kesainan agesang tansah tumedhak tumandhuk dhumateng panjenenganipun Bapa..(Tuan Rumah) dalasan gotrah.

Ingkang saklajengipun, panjenenganipun Bapa..(yang diwakili) hanganthi temanten kakung nun inggih Dimas Bagus..(nama pengantin putra) minangka netepi rantamaning adicara ingkang sampun karantam nedya hanjatu krami Nimas Ayu ..(nama pengantin putri) kenya siwinipun Bapa..(Tuan rumah). hambok bileh samudayanipun sampun samapta keparenga kapanggehaken lan kadaupaken miturut adat widi widana ingkang taksih lumampah wonten ing ngriki.

Panjenenganipun Bapa..(yang diwakili) sekulawarga boten katalumpen ugi ndherek ndedunga dhumateng Gusti ingkang Maha Kawasa, mugi-mugi rahayuning sedya saget lumaksana boten manggih rubeda nir ing sakara-kara.

Kejawi saking menika,panjenenganipun Bapa..(yang diwakili) sapangombyong nyuwun gunging samudra pangaksama hambuk bileh karawuhanipun wonten samukawis ingkang boten saget ndadosaken suka gumbiraning manah.

Puput pepuntaning atur,kula ing ngriki minangka sulih sarira saking panjenenganipun Bapa..(yang diwakili)sekalian nglenggana kathah kekiranganipun,pramila saking menika keparenga panjenengan sedaya kesdu atur pangaksama dhumateng kula. wasana, Wasalamualaikum Wr,Wb.
nuwun.

Setelah mnyelesaikan hajatnya pada kesempatan tersebut. Ketika hendak pulang juga berpamitan kepada tuan rumah. Adapun Contoh Atur Pamit Lamaran bisa dilihat diartikel yang telah saya posting di web ini.

Contoh Tampi yang baik (Padat dan ringkas)

    Sebagai pranatacara tentu tidak hanya sekedar bisa memasrahkan, namun hendaknya juga bisa menjadi penerima karena dalam acara pasrah pastinya juga ada duta penerima dari tuan rumah

    Ada baiknya juga belajar untuk menjadi duta penampi. Sebagai panduan dalam menerima seserahan. Sebagaimana atur dalam pasrah, panampi hendaknya menjawab apa yang dikatakan saja. Tidak perlu berbicara panjang lebar hingga durasinya melebihi dari apa yang dikatakan pemasrah. 

    Tampi pasrahipun Temanten


    Assalamu'allaikum Wr Wb.

         Dhumateng panjenenganipun Bapa.....(nama yang memasrahkan) ingkang piniji angemban wuwus minangka duta saking panjenenganipun Bapa/ibu..(besan) ingkang pantes sinuba sekaring pakurmatan. Kula ing  ngriki minangka sulih sarira, talanging atur saking pamangku gati nun inggih Bapa/ibu..(nama tuan rumah)sarimbit keparenga matur, kaping sepisan. "Ngaturaken pambagya Sugeng Rawuh saha nderek memuji syukur wonten Gusti Allah Ingkang Maha Mirah, awit karawuhan panjenengan sedaya saking laladan..(desa asal besan)..  Dumugi tlatah ngriki tansah pinayungan rahmating Gusti satemah saget manggih Rahayu samudayanipun.

         Ewondene atur salam taklimipun Bp (besan) sampun katampi kanthi suka gumbiraning manah, kosokwangsulipun dawah sami-sami atur salam taklimipun  Bp (Tuan rumah) ugi katur dhumateng  Bp/ibu (besan) sekalian.

         Ingkang saklajengipun, panjenengan kalawau nglarapaken sekar cepaka mulya sasele nun inggih pasrahipun putra calon penganten kakung Dimas Bagus..(nama calon pengantin laki-laki)..katampi  kanthi suka gumbiraning manah, Menawi kenging kawedhar ingkang kathah, kadi kajugrukan wukir sari kablebeging samodra madu. Ing saklajengipun, hambok bileh sampun dumugi titiwanci tumapaking gati tumunten badhe kapanggihaken kalian Nimas ayu..(nama calon pegantin putri)..miturut satataning agami saha adat widhi widana ingkang taksih lumampah wonten ing tlatah ngriki.

    Dumateng Bapa..(nama yang pasrah)..dalah pangaraking putra calon temanten kakung, sasampunipun putra calon temanten kakung kapanggihaken, panjenengan sedaya kula suwun pinarak wonten palenggahan ingkang sampun sumadya kanthi mardu mardikaning penggalih dumugi saparipurnaning adicara, saperlu hangestreni tuwin atur puji pangestu mugi-mugi anggenipun temanten badhe mangun brayat anyar wonten madyaning bebrayan agung tansah manggih bagya mulya, rahayu ingkang tinuju, basuki ingkang kaesthi , miwah gagah ingkang jinangkah.

    Puput pepontaning atur, menawi wonten kuciwaning boja krami anggenipun Bapa ..(yang punya hajat) sarimbit ngacarani menggah ing rawuh panjenengan sami, mugi panjenengan sedaya keparenga atur gunging samudra pangaksami. Semanten ugi, kula minangka talanging atur, hambok bileh wonten kiranging subasita ingkang singlar ing rehtata krama. Kupat janure klapa, menawi lepat nyuwun pangapura.

    Wassalamuallaikum wr wb, Nuwun.

    ---------------------------------------

    PASRAH & TAMPI PENGANTIN TERJEMAH BAHASA INDONESIA 

    ---------------------------------------

    PASRAH TEMANTEN


    Assalamuallaikum Wr,Wb.

    Keselamatan,ketentraman,kesehatan dan kemulyaan hidup semoga senantiasa tercurah ke dalam diri kita dan seluruh makhluk.

    Kepada Bapa...(wakil Tuan rumah) yang saat ini mewakili Bapa..(Tuan Rumah) dan istri. Saya disini merupakan juru bicara dari Bapa (..Yang di wakili) beserta istri perkenankan bicara bahwa Bapa.(yang diwakili) dan istri yang pertama mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Bijaksana karena kedatangan kami dari desa/daerah.. (tempat asal yang diwakili) hingga bisa sampai disini sudah diberikan keselamatan jauh dari segala halangan.

    Rezeki banyak mau? Begini caranya



    Yang kedua Bapa ..(yang diwakili) memberikan ucapan salam hormat kepada Bapa..(Tuan rumah) dengan iringan doa semoga semua kebaikan hidup senantiasa tercurah kepada Bapa..(Tuan Rumah) dan keluarga besarnya.

    Selanjutnya, Bapa..(yang diwakili) mendampingi pengantin putra yaitu Dimas Bagus..(nama pengantin putra) untuk memenuhi susunan acara yang telah dirancang yaitu menikahi Nimas Ayu ..(nama pengantin putri) anak putrinya Bapa..(Tuan rumah). Apapbila semua sudah siap harap bisa dipertemukan dan dinikahkam sesuai dengan tatacara adat yang sudah berjalan disini.

    Bapa..(yang diwakili) sekeluarga tidak lupa juga turut berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa, semoga apa yang menjadi hajat kita bisa berjalan dengan baik jauh dari gangguan apapun.

    Selain itu, Bapa..(yang diwakili) beserta rombongan meminta maaf yang setulusnya apabila kedatangannya ada perihal yang menjadikan kekecewaan di hati. 

    Akhir kata, Saya disini sebagai juru bicara dari Bapa..(yang diwakili) dan istri menyadari banyak kekurangan, oleh karena saya harapkan anda semua berkenan memberikan maaf kepada saya. Wasalamualaikum Wr,Wb.
    permisi.

    TAMPI TEMANTEN

    Assalamu'allaikum Wr Wb.

         Kepada Bapa.....(nama yang memasrahkan) yang ditunjuk sebagai pengemban tugas sebagai duta/wakil dari Bapa/ibu..(besan) yang berhak menerima segala bentuk penghormatan. Saya di sini sebagai pengganti diri/wakil bicara dari tuan rumah yaitu Bapa/ibu..(nama tuan rumah) ijinkan menyampaikan, yang pertama "mengucapkan selamat datang serta turut bersyukur pada Allah yang maha murah karena kehadiran Bapak Ibu sekalian dari desa ..(asal)..sampai di tempat ini bisa selamat semuanya.

         Sedangkan salam penghormatan Bp (besan) sampun katampi kanthi suka gumbiraning manah, kosokwangsulipun dawah sami-sami atur salam taklimipun  Bp (Tuan rumah) ugi katur dhumateng  Bp/ibu (besan) sekalian.

          Selanjutnya tadi Bapak juga memasrahkan calon pengantin Dimas Bagus.. (nama calon pengantin laki-laki).. diterima dengan senang hati, sumbangan boleh dijabarkan bagaikan kejatuhan gunung dan terkena air bah laut madu. selanjutnya apabila telah tiba waktunya akan dipertemukan dan dinikahkan dengan Nimas Ayu..(nama calon pengantin putri).. menurut tatacara dan adat istiadat yang masih berlaku di daerah sini. 

      Kepada Bapa..(nama yang pasrah)..dan seluruh pengiring calon temanten kakung, sesudah kedua mempelai dipertemukan dimohon bisa duduk dengan nyaman dan mengikuti acara hingga selesai serta memberikan tambahan doa semoga rumah tangga baru yang dibangun di tengah masyarakat bisa bahagia, sejahtera dan tercapai apa yang dicita-citakannya.

          Akhir kata, apabila dalam menyambut Bapak Ibu sekalian ada kekurangan, bapak ..(yang punya hajat) dan istri sekalian dalam memberikan sambutan serta mengadakan acara ini, berkenan Bapak Ibu sekalian memberikan lautan maaf. Demikian juga saya sebagai wakil bicara ada kekeliruan dan kurangnya sopan santun, ketupat janur kelapa, mohon maaf semua kesalahan (pantun Jawa).

        Wassalamuallaikum wr wb, Nuwun.

    Demikian contoh teks pasrah dan panampi pasrah pengantin, jika anda tertarik ingin mengembangkan wawasan tentang budaya Jawa, atau ingin menjadi pranatacara, anda bisa mengikuti pelatihan di sekolah pranatacara dan pamedhar sabda. 

    Baca infoSEKOLAH PRANATACARA  

    Silahkan klik artikel saya sebelumnya di atas untuk mendapatkan informasi lengkapnya .

    Jika ada pertanyaan mengenai artikel saya ini silahkan tulis dikolom komentar.

    10 comments:

    1. Maturnuwun pak Tarto, sanget migunani, bade kula praktek aken.

      nwn

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sami-sami rakamas, maturnuwun sampun kesdun pinarak wonten ing blog seplo menika, mugi saget migunai

        Delete
    2. Matur suwun.. Sanget sanget.. Utk belajar mc jawa.. Sangat bermanfaat sekali bagi saya.

      ReplyDelete
    3. matur suwun kang mas, mugi-mugi saged dados patuladhan kagem generasi muda kados kula.

      ReplyDelete