Puisi tentang Ibu menyentuh hati Bahasa Jawa Lengkap terjemahannya

Puisi-tentang-ibu-menyentuh-hati-bahasa-Jawa-lengkap-terjemahannya
Puisi-tentang-ibu-menyentuh-hati-bahasa-Jawa-lengkap-terjemahannya 

Puisi tentang ibu menyentuh hati Bahasa Jawa lengkap terjemahannya bisa menjadi ide acara. Puisi adalah bentuk sastra yang menggunakan bahasa yang indah dan kaya akan makna, dengan tujuan mengungkapkan perasaan, pengalaman, ide, atau gagasan dengan cara yang kreatif dan estetis. Puisi sering kali mengandung metafora, personifikasi, dan berbagai teknik sastra lainnya untuk menciptakan gambaran yang lebih dalam dan bermakna.

Puisi biasanya ditulis dalam bentuk bait dan baris, dan dapat memiliki struktur yang berbeda-beda seperti soneta, pantun, atau syair. Namun, ada juga jenis puisi bebas yang tidak memiliki pola tertentu. Puisi juga dapat ditulis dalam berbagai bahasa, dan telah menjadi bagian penting dari sastra dan budaya di seluruh dunia

Tema puisi tentang ibu adalah salah satu tema yang sangat menarik dan populer, karena ibu adalah sosok yang sangat penting dalam kehidupan kita. Ibu adalah sumber kasih sayang, cinta, perhatian, dan dukungan, serta sosok yang selalu hadir dan mengorbankan segalanya demi kebahagiaan dan kesuksesan anak-anaknya. Puisi Tentang Ibu menyentuh hati Bahasa Jawa ini bisa dijadikan contoh jika membacanya di masyarakat jawa.

Melalui puisi tentang ibu, kita dapat mengungkapkan rasa terima kasih, cinta, dan penghargaan kita pada sosok ibu. Kita juga dapat mengungkapkan perasaan kita terhadap momen-momen indah yang pernah kita alami bersama ibu, atau bahkan meluapkan rasa sedih dan kehilangan ketika ibu sudah tiada.

Puisi tentang ibu dapat menjadi sumber inspirasi dan penghiburan bagi banyak orang, serta mengingatkan kita akan betapa besar pengaruh dan peran ibu dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, tema puisi tentang ibu menyentuh hati Bahasa Jawa sangatlah menarik dan memiliki makna yang dalam bagi banyak orang.

Puisi ini pernah digunakan dalam sebuah acara halal bihalal di daerah kami pada Tahun 2019 lalu. Sengaja menggunakan bahasa Jawa agar lebih banyak yang mengerti akan maknanya karena daerah kami memang masih sangat kental akan penggunaan bahasa nenek moyang ini. Dengan adanya puisi tentang ibu menyentuh hati Bahasa Jawa lengkap terjemahannya ini membuat acara semakin syahdu.

Tidak sedikit dari audience yang mengeluarkan air mata setelah mendengarnya. Puisi ini dibacakan sebelum acara bersalaman halal bihalal sehingga menambah rasa khitmad dan haru ketika bersalaman dimulai. 

Berikut ini contoh puisi tentang Ibu menyentuh hati Bahasa Jawa lengkap terjemahannya 

Judul  : AKU ING RIYOYO IKI

Karya : Tarto Essos

Aku ora ngira, yen dadi wong tua kuwi rekosone koyo mengkono.
Wong tua kabeh gawean kudu iso tumandang.
Pitung dina sakjroning seminggu, pat likur jam sakjroning sedina.

Aku ora iso mbayangke, piye repote wong tuaku ngurusi aku lan tunggal-tunggalku kathi kahanan kang sarwo kewates
Makarya rino wengi, mung pengen weruh anak.e urip luwih mulya lan migunani
Umpama kabeh mau tak ijoli uripku lan seng tak duweni, durung bakal cukup nglunasi seng diwenehke wong tuaku marang aku

Emak, bapak, wonten ing ariyoyo niki kula nyuwun pangapunten kanthi lahir lan batin sedya lepat ingkang damel kuciwanipun manah panjenengan.
Kula janji bakal sinau langkung sae, kerja ingkang tekun lan njogo ibadah kula supados Gusti atur ridha dhumateng cita-cita kula

Kanggo kabeh seng pernah tak temoni lan kenal aku. kanca-kancakuku, tanggaku, sedulurku, sing gede pangapurane marang aku yo.
Aku mung manungso kang ora iso selak marang lali
Aku ora pengen, dosa ngalang-ngalangi langkahku mlebu suwargo

Aku ridha awakmu  urip mulya, pramilo,..ikhlaske aku yo urip mulya
Aku seneng nyawang awakmu urip bahagia, pramilo,..ijinke aku yo urip bahagia

Duh, Gusti Allah ingkang Maha Kuasa, Mugi Panjenengan tansah atur kesehatan lan kemakmuran dhumateng emak, bapak, lan sedulur Islamku kabeh
Kula ridho dadi wong sukses Gusti, supaya isa ngrewangi lan nggedeake agamaMu
Kula ikhlas dadi wong sugih lan pinter Gusti, supaya isa tetulung marang wong kang kekurangan

Rabbanaa aatina fid-dun-ya hasanah, wafil aakhirati hasanatan wa qinaa a'dzaaban-naar
Birahmatika yaa arhamar rahimin, walhamdulillahirabbil a'lamin

Wassalamua'laikum wr wb

Note: Jangan lupa sebelumnya diawali dengan salam

TERJEMAH BAHASA INDONESIA


Aku tidak menyangka, bahwa menjadi orang tua begitu beratnya.
Sebagai orang tua semua harus bisa dilakukan.
Tujuh hari dalam seminggu, dua puluh empat jam dalam sehari.

Aku tidak bisa membayangkan, bagaimana repotnya orang tuaku mengurus diriku dan saudara-saudaraku dengan keadaan yang serba terbatas.

Bekerja siang dan malam, hanya ingin melihat anak-anaknya tumbuh menjadi lebih berharga dan bermanfaat.

Seumpama semua diganti dengan hidupku dan apa yang aku miliki, belum akan cukup melunasi semua yang telah diberikan kedua orang tuaku kepadaku.

Ibu, bapak, di hari raya ini, saya minta maaf lahir dan batin semua kesalahan yang telah membuat kecewanya hati Ibu dan Bapak.

Saya berjanji akan belajar lebih baik, kerja akan tekun dan menjaga ibadah agar Allah meridhai cita-cita kula

Untuk semua yang pernah bertemu denganku dan teman-temanku, tetanggaku, saudaraku, yang besar maafnya kepadaku ya.

Aku hanya manusia yang tidak bisa terhindar dari lupa.
Aku tidak ingin, dosa menghalangi langkahku menuju surga.

Aku ridha kalian hidup mulia, maka,..ikhlaskan juga aku hidup mulia
Aku senang melihat kalian hidup bahagia, maka,..ijinkan aku pun hidup bahagia

Duh, Allah Yang Maha Kuasa, semoga Engkau senantiasa memberikan kesehatan dan kemakmuran kepada Ibu, bapak, dan saudara Islamku semua.

Saya ridho menjadi orang sukses ya Allah, supaya bisa membantu dan membesarkan agamaMu
Saya ikhlas menjadi orang kaya dan pintar ya Allah, supaya bisa memberi pertolongan kepada orang yang kekurangan.

Rabbanaa aatina fid-dun-ya hasanah, wafil aakhirati hasanatan wa qinaa a'dzaaban-naar
Birahmatika yaa arhamar rahimin, walhamdulillahirabbil a'lamin

Wassalamua'laikum wr wb

Persiapan sebelum membaca puisi tentang Ibu menyentuh hati Bahasa Jawa

Sebagai pembaca puisi, persiapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Mempelajari puisi dengan baik: Bacalah puisi secara teliti, pahami maknanya, dan pastikan Anda memahami struktur, irama, dan gaya bahasa yang digunakan oleh penyair.

Berlatih membaca: Latihan membaca akan membantu Anda memperbaiki intonasi, kecepatan, dan ritme bacaan Anda. Bacalah puisi secara berkala, dan rekam suara Anda sendiri untuk mendengarkan kembali dan memperbaiki bacaan Anda.

Menyesuaikan suasana hati: Sesuaikan suasana hati Anda dengan tema puisi yang akan dibacakan. Jika puisi tersebut tentang cinta, maka suasana hati Anda harus tenang dan romantis, sedangkan jika puisi tentang kesedihan, suasana hati Anda harus dapat menangkap dan mengungkapkan rasa sedih tersebut.

Mengenali audiens: Pastikan Anda mengenali audiens yang akan mendengarkan bacaan puisi Anda. Apakah mereka anak-anak, remaja, atau orang dewasa? Ini akan mempengaruhi cara Anda membaca puisi.

Berlatih pengucapan: Pastikan Anda mengucapkan kata-kata dengan jelas dan tepat, dan memperhatikan intonasi dan aksen dalam pengucapan kata-kata yang krusial dalam puisi.

Mempersiapkan diri secara fisik: Pastikan Anda memiliki napas yang cukup dan teratur, sehingga Anda dapat membaca puisi dengan tenang dan tidak terburu-buru.

Dengan melakukan persiapan-persiapan di atas, Anda akan dapat membaca puisi dengan baik dan memukau audiens Anda.

Demikian tadi contoh Puisi Tentang Ibu menyentuh hati Bahasa Jawa Lengkap terjemahannya yang kami gunakan untuk mengisi acara halal bihalal. Jika ingin belajar menjadi pranatacara, silahkan lihat contohnya di postingan saya yang lalu di contoh teks pranatacara

Semoga bermanfaat

0 comments

Post a Comment