Kursus MC Bahasa Jawa di Semarang

 

Kursus MC Bahasa Jawa di Semarang
Kursus MC Bahasa Jawa di Semarang


Kursus MC Bahasa Jawa di Semarang menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mempelajari keterampilan unik dalam dunia pranatacara. Bahasa Jawa merupakan bahasa yang masih banyak digunakan di Indonesia, terutama dalam acara-acara resmi. Oleh karena itu, memiliki kemampuan menjadi pembawa acara bahasa Jawa yang baik menjadi suatu nilai tambah yang penting. Melalui pelatihan yang terarah dan bimbingan yang tepat, peserta kursus akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bahasa Jawa serta cara menggunakan bahasa tersebut dengan tepat dalam berbagai situasi.

Mengikuti kursus MC Bahasa Jawa di Semarang juga dapat membantu peserta untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka secara umum. Selain belajar tentang bahasa Jawa, peserta juga akan diberikan pelatihan dalam hal presentasi, pengucapan yang jelas, serta cara mengelola suasana dalam sebuah acara. Kemampuan-kemampuan ini tentunya akan sangat berguna di berbagai situasi, baik dalam kehidupan profesional maupun pribadi.

Mengikuti kursus MC Bahasa Jawa di Semarang juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk membangun jaringan dengan orang-orang yang memiliki minat dan tujuan yang sama. Dalam kursus ini, peserta dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat dan tujuan yang sama, sehingga dapat berkolaborasi dalam berbagai proyek dan acara. Hal ini tentunya sangat penting dalam dunia pranatacara, di mana kerja sama dan jaringan sangat diperlukan untuk menciptakan acara yang sukses

Pranatacara sendiri kini menjadi sebuah profesi yang dibutuhkan di masyarakat. Masyarakat membutuhkan jasa pranatacara guna mendukung acara yang diselenggarakannya. Berbagai acara yang membutuhkan pranatacara di antaranya: 

  • Acara lahiran
  • Acara lamaran
  • Acara pernikahan
  • Acara syukuran
  • Acara resmi pemerintahan yang menggunakan adat Jawa
  • Acara kematian, dan lain sebagainya.
Mengingat begitu banyak kegiatan yang membutuhkan peran pranatacara, maka sudah barang tentu bagi yang memiliki kemampuan akan banyak dicari dan semakin bermanfaat kehidupannya di masyarakat.

Meski bisa dipelajari secara otodidak, kemampuan menjadi pranatacara bagi orang yang terlatih dan diarahkan oleh seorang guru akan berbeda.

Belajar dengan seorang guru akan bisa runtut secara teknis dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam terkait kepranatacaraan. Hal ini pastinya karena apabila ada yang tidak tahu bisa ditanyakan kepada yang mengajari. Bila ada kekeliruan bisa diarahkan dan berlatih yang sesuai.

Berikut ini tempat Kursus MC Bahasa Jawa atau pranatacara di Semarang 

Lembaga kursus Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia atau lebih dikenal dengan Permadani merupakan salah satu lembaga yang berfokus kepada pengembangan budaya tradisional seperti kepranatacaraan dan pamedhar sabda. Berpusat di Semarang, Permadani telah banyak membuka cabang-cabang di berbagai daerah di pulau Jawa.

Di Semarang atas bisa ditemukan permadani cabang Sumur boto. Lokasinya sangat strategis yaitu di daerah perkampungan Undip Tembalang. Menempati balai kelurahan Sumurboto Tembalang yang berada di pinggir jalan raya masuk arah Undip membuatnya mudah ditemukan. Kurang lebih 3 menit dari patung kuda Srondol Semarang.

Biaya sangat terjangkau dan materi yang disampaikan lengkap seputar kepranatacaraan.
Biaya pendaftaran hanya Rp. 100.000. 
Siswa perbulan hanya membayar Rp. 150.000 selama mengikuti kursus.
Siswa juga mendapat modul belajar dengan mengganti biaya fotokopi sebesar Rp. 150.000

Selengkapnya silahkan hubungi panitia di antaranya:

Bp. Edi Susanto: 081271291112
Bp. Sunandar.  : 081225918332
Bu Ninik Purwanti : 085713361548

Permadani cabang Gunungpati juga membuka pendaftaran 

Kursus MC Bahasa Jawa di Semarang
Kursus MC Bahasa Jawa di Semarang


Melansir dari Instagram dpw_permadani_jateng, Permadani cabang Gunungpati juga sudah membuka pendaftaran untuk siswa baru. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang berniat mengembangkan kemampuan public speaking dalam bahasa Jawa.

Kelas belajar dilaksanakan tiap hari Selasa dan Jumat tiap pekannya. Jam belajar cukup panjang dari pukul 19.00-21.30 wib.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi salah satu panitia di antaranya:
Bp. Jupri : 08814181693
Bp. Budiyanto: 085870329000
Bp. Waslan : 081575023861

Pranotocoro apakah sama dengan pranatacara?

Bila yang bertanya orang awam pertanyaan di atas tidak ada yang salah karena disebabkan belum tahu. Dalam penulisan bahasa Jawa, huruf A dibaca O. Contoh: tulisan dawa dibaca dowo (artinya panjang), ora apa-apa dibaca ora opo-opo. Maka, penulisannya pranatacara dibaca pranotocoro. Nah. Kurang lebih demikian. 

Dalam kursus permadani juga diajarkan materi kebahasaan yang disampaikan oleh ahlinya. Silahkan bergabung dan siap menjadi pribadi lebih berdayaguna di tengah masyarakat.

0 comments

Post a Comment