Contoh Teks MC Acara Menempati Rumah Baru

 

 
Orang yang sudah berkeluarga umumnya menginginkan tinggal di rumah sendiri. Rumah yang ditempati terpisah dari orang tua merupakan impian agar privasi keluarga lebih terjaga. Namun tidak semua orang beruntung ketika menikah langsung mampu menempati rumah baru. Ada yang butuh perjuangan super keras untuk bisa menempati rumah idaman.

Apakah menempati rumah baru harus syukuran?

Jika yang dimaksud syukuran adalah mengadakan selametan, maka jawabnya adalah tidak. Menempati rumah baru tidak harus selametan. Karena sejatinya syukur hendaknya bisa dilakukan dalam setiap keadaan. Syukur adalah bentuk terima kasih atas nikmat ya g diberikan Allah, maka sekecil apapun nikmat hendaknya disyukuri. Dalam rangka bersyukur bisa dengan berbagai bentuk, di antaranya dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, semakin menjaga ibadah, gemar berbagi dan menolong orang lain dan sebagainya.

Jika meluruskan niat, mengundang orang untuk hadir merasakan kebahagiaan menempati rumah baru dan meminta tambahan doa dari mereka yang hadir pastinya akan semakin baik. Melalui lantaran mereka, keberkahan rumah bisa bertambah karena barangkali melalui mereka ada doa yang terijabah.

Susunan acara menempati rumah baru 

Dalam membuat acara menempati rumah baru bisa dibuat mewah maupun sederhana. Susunan acaranya pun bisa ringkas atau diisi dengan berbagai kegiatan. Di sini diberikan contoh acara menempati rumah baru yang bisa digunakan. Tentunya susunan acara ini masih bisa ditambah ataupun dikurangi sesuai kebutuhan.
  • Pembukaan
  • Pembacaan ayat suci Alquran
  • Sambutan tuan rumah
  • Doa
  • Makan bersama
  • Penutup

Acara di atas bisa saja dikondisikan misal sambutan langsung makan, atau sebaliknya. Sedangkan pada contoh ini didahulukan doa dulu baru makan. Kondisi setelah sambutan masih tertib dan tenang sehingga ketika berdoa masih bisa hikmat.

Contoh Teks MC Acara Menempati Rumah Baru

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi rabbil 'alamiin, washolatu wassalamu ala asrofil anbiya wal mursalin Sayyidina wa Maulana Muhammadin wa 'alaa alihi wa shohbihi ajma'in. 
Amma ba'du.

Bapak ibu hadirin sekalian yang kami hormati!

Puji syukur kita ucapkan kehadirat Allah SWT, karena pada hari ini kita masih dianugerahi nikmat kesehatan jasmani dan rohani, sehingga bisa berkumpul disini tanpa ada halangan sesuatu apapun. Semoga kehadiran kita semua mendapat ridho dari Allah SWT. amin.

Selanjutnya sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi agung teladan kita, Rasulullah Muhammad Saw. karena beliaulah, kita semua dapat mengetahui jalan yang benar dan mana jalan yang sesat.

Bapak ibu hadirin yang dimuliakan Allah. 

Kami atas nama keluarga dari bapak Muhammad Fadil menyampaikan terimakasih yang mendalam atas kehadiran bapak ibu saudara sekalian. Adapun tujuan dari mengundang bapak ibu dan saudara sekalian adalah untuk merasakan kegembiraan dan kebahagiaan, rasa syukur yang dirasakan oleh bapak Muhammad Fadil sekeluarga menempati rumah barunya.

Selain itu, berkenan kiranya bapak ibu saudara sekalian yang hadir untuk turut memberikan doa agar beliau dalam menempati rumah barunya dari awal hingga seterusnya terasa nyaman, menjadikan keluarga berlimpah barokah, sejatera dan senantiasa mendapat lindungan dari Allah SWT. 

Untuk menyingkat waktu, maka langsung saja kami bacakan rangkaian kegiatan yang sudah disusun oleh keluarga. 
  1. Pembukaan.
  2. Pembacaan ayat-ayat suci al-Qur'an.
  3. Sambutan dari shohibul hajat.
  4. Doa
  5. Makan bersama
  6. Penutup.

Demikian susunan acara yang akan kita ikuti dan langsungkan pada hari ini.

Pembukaan

Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka bersama acara ini dengan bacaan Ummul Kitab (surat Al-Fatihah), 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an. al-fatihah....

Terima kasih, semoga dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi  kegiatan kita bisa sukses lancar dari awal hingga akhir nanti.

Pembacaan ayat suci Alquran

Bapak ibu yang dirahmati Allah
Acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat-ayat suci al-Qur'an yang akan disampaikan oleh adik Siti Fatkiyah, kepadanya waktu secukupnya disilahkan.

Demikian pembacaan ayat-ayat suci al-Qur'an yang disampaikan oleh adik Siti Fatkiyah, semoga apa yang dibacanya tadi bermanfaat dan membawa keberkahan bagi kita semua.

Sambutan Shohibul hajat (tuan rumah)

Hadirin sekalian yang berbahagia! 

Menyusul acara yang ketiga adalah sambutan dari shohibul hajat bapak Muhammad Fadil. Kepada belaiu kami persilahkan.

Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Muhammad Fadil yang telah menyampaikan sambutannya.

Doa

Demikian tadi hadirin sekalian, sambutan dari Shohibul hajat. Melangkah ke acara berikutnya yaitu doa bersama yang akan dipimpin oleh bapak Syaiful Anwar. Kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Syaiful Anwar yang telah memimpin doa. Semoga Allah mengijabah doa kita semua.

Makan bersama 

Bapak ibu yang dimuliakan Allah.

Setelah rangkaian acara sudah kita ikuti, acara berikutnya adalah bersantap bersama. Berkenan bapak ibu menuju ruang jamuan dan menikmati hidangan yang telah disediakan. Semoga berkenan dan selamat makan.

Penutup 

Puji syukur bapak ibu. Acara hari ini bisa berlangsung lancar tanpa gangguan apapun. 
Tiba waktunya saya selaku pembawa acara undur diri. Mohon maaf untuk tutur kata dan tingkah laku saya yang kurang berkenan. 

 wabillahit taufiq walhidayat. Wassala- mu'alaikum Wr. Wb. 

Tips menjadi MC acara pindah rumah

Menjadi MC pindah rumah juga perlu persiapan agar lancar. beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Berpakaian rapi menyesuaikan tema
  • Bebas bau mulut dan badan
  • Membawa bolpen dan kertas kecil
  • Datang lebih awal sebelum tamu banyak datang
  • Berkoordinasi dengan yang punya hajat
  • Jika menggunakan pengeras suara, baiknya mengecek mik yang digunakan acara apakah bekerja atau setingan sudah sesuai.
  • Meninggalkan permasalahan di rumah. Hendaknya semua masalah pribadi disimpan dan benar-benar siap dan tanpa beban untuk memandu acara.
  • Mencatat siapa saja yang akan tampil dalam acara (pengisi acara).

0 comments

Post a Comment