Contoh Teks MC Acara Resepsi Pernikahan

 


Apa yang dimaksud acara resepsi pernikahan?

Acara resepsi pernikahan merupakan suatu pesta yang diadakan setelah pelaksanaan upacara pernikahan secara agama. Umumnya, acara digelar setelah mempelai mengucap akad /  ikrar untuk berumah tangga yang disaksikan dan dicatat petugas KUA. Acara resepsi menjadi tempat mempererat hubungan antara keluarga pengantin pria dan wanita. 

Acara resepsi bisa diadakan di ruang terbuka maupun tertutup tergantung konsep yang punya hajat. Bila memang memungkinkan, resepsi bisa diadakan di rumah, namun bila dirasa tidak bisa menampung tamu undangan terkadang diperlukan menyewa gedung pertemuan. Acara resepsi bisa dibuat sederhana maupun mewah. Tidak ada aturan yang mengikat, semua kembali ke penyelenggara masing-masing. 

Tujuan resepsi pernikahan 

Tujuan acara resepsi pernikahan adalah bentuk syukur terhadap Allah SWT. Selain itu juga memberi kabar kepada  kerabat dan khalayak umum bahwa telah terjadi pernikahan. Tujuan berikutnya adalah menjadi ajang sosialisasi kedua mempelai dan para tamu.

Walimah apakah sama dengan resepsi?

Walimah dan resepsi secara makna adalah sama. Perbedaannya adalah pada penggunaannya. Jika resepsi pernikahan digunakan secara umum, sedangkan kata walimatul ursy lebih ke lingkungan Islam. 

Acara resepsi pernikahan tentunya merupakan acara yang penuh makna dan melibatkan banyak orang, oleh karena itu tentu semakin bagus bila menggunakan pemandu acara agar kegiatan bisa teratur dan lebih lancar. 

Teks di bawah ini sebagai contoh untuk memandu acara resepsi pernikahan.

Persiapan menjadi MC Acara Resepsi Pernikahan

MC adalah pusat perhatian. Baik suara atau penampilan hendaknya perlu disiapkan sebaik-baiknya. Usahakan tampil rapi dan jauh dari bau mulut maupun badan. Selain itu adalah datang lebih awal setidaknya 1 jam sebelum acara dimulai. Hal ini agar bisa menguasai keadaan dan meminimalisir rasa gugup.

Persiapan menjadi MC acara resepsi pernikahan di antaranya dengan penampilan harus menyesuaikan acara, misal nuansa tradisional hendaknya juga mengikuti, bila formal demikian juga bagusnya juga menyesuaikan dengan berpakaian formal. Menjadi MC juga perlu mencatat hal-hal yang penting yang akan dibaca. Hal penting yang sebelumnya perlu diketahui di antaranya : nama yang punya hajat, nama besan, nama kedua mempelai dan juga vendor-vendor pendukung acara. Sebagai contoh:

Nama yang punya hajat: Harjono

Pengantin putri : Fatimah

Pengantin putra : Muhammad Fadil

Wakil/duta bicara mempelai perempuan: Drs. Wagiman

Wakil/duta bicara mempelai laki-laki: Hadi Sulistyo, M.Pd.

Pemimpin doa : Kyai Haji Rahman, S.Pd.

Vendor pendukung; Dekorasi dan tata rias oleh Jenar wedding organizer, sound sistem oleh bintang sound sistem, hiburan oleh grup nasyid Jannah, katering oleh barakah katering.

Berikut ini contoh yang singkat dan mudah dipelajari.

Contoh Teks MC Acara Resepsi Pernikahan

=======================================

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hadirin sekalian para tamu undangan yang kami hormati, Shohibul hajat serta khususnya mempelai berdua yang berbahagia. 

Mengawali acara, mari kita haturkan puji syukur kehadirat Allah SWT. dengan syukur bi lisan " Alhamdulillahirabi 'alamiin". Atas kasih-sayangNya yang telah berkenan melimpahkan rahmat kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di acara resepsi pernikahan Mbak Fatimah dan Mas Muhammad Fadil yang baru saja berlangsung akad pernikahannya. 

Keluarga besar mempelai berdua mengundang bapak ibu sekalian pada acara ini di antaranya bertujuan memohon tambahan do'a restu, agar keluarga mempelai berdua dalam menjalani hidup yang baru, bisa berlimpah kebahagiaan, sejahtera, langgeng dan tercapai apa yang dicita-citakan.

Selanjutnya sholawat dan salam juga kita haturkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad Saw., Biqaulina "Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad". 

Karena dari beliaulah kita semua dapat mengetahui ajaran Islam, sehingga kita dapat mengetahui mana jalan yang baik yang dirihoi Allah dan mana jalan yang menyesatkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia! 

Kami sebagai pembawa acara perkenankan membacakan rangkaian acara yang sudah disusun oleh panitia. Adapun rangkaian acaranya sebagai berikut:

1. Pembukaan.

2. Sambutan-sambutan.

3. Pembacaan do'a.

4. Ucapan selamat kepada mempelai berdua.

5. Ramah tamah.

6. Penutup.

Demikian tadi rangkaian acara resepsi yang akan berlangsung pada hari ini. 

PEMBUKAAN

Melangkah ke acara yang pertama, agar semakin berkah marilah kita buka acara dengan bacaan surat Al Fatihah. 'Ala hadzihiniyah wa 'alaa kulli niyyatin sholihah : alfatihah.

Aamiin. Terimakasih bapak ibu, semoga dengan bacaan surat alfatihah tersebut acara bisa lancar dan meriah sesuai harapan kita bersama. Aamiin ya rabbal 'alamiin.

SAMBUTAN-SAMBUTAN

Menginjak acara yang kedua yaitu sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari keluarga mempelai perempuan, yang akan diwakili oleh Bapak Drs. Wagiman. Kepada beliau yang kami hormati disilahkan.

Terimakasih bapak Drs. Wagiman untuk sambutannya.

Hadirin sekalian, untuk sambutan berikutnya dari keluarga mempelai laki-laki yang akan disampaikan oleh duta beliau bapak Hadi Sulistyo, M.Pd., kepada beliau dengan penuh hormat kami persilahkan.

Terima kasih kami ucapkan untuk bapak Hadi Sulistyo, M.Pd yang telah menyampaikan sambutannya.

PEMBACAAN DOA

Hadirin yang berbahagia. Sebagai rasa syukur dan pertemuan hari ini bertambah berkah, marilah kita sejenak merendahkan hati memohon  ridho Allah SWT. Sekaligus kita doakan bersama semoga kedua mempelai senantiasa menjadi keluarga yang mawaddah warahmah berlimpah kebahagiaan. Amin ya rabbal 'alamin.

Untuk pembacaan doa, berkenan memimpin Bapak  Kyai Haji Rahman, S.Pd. Kepada beliau dengan segala hormat kami persilahkan.

Terima kasih saya sampaikan kepada beliau, semoga doa-doa kita diterima dan diijabah oleh Allah SWT. Amin.

Ucapan selamat kepada mempelai

Hadirin sekalian yang kami muliakan, acara berikutnya adalah ucapan selamat kepada kedua mempelai, dan dilanjutkan menikmati hidangan yang telah disediakan. Disini kami atas nama wakil dari kedua mempelai mempersilahkan kepada hadirin sekalian tamu undangan untuk menikmati jamuan yang sudah disediakan setelah memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai. Semoga berkenan dan selamat menikmati.

Contoh teks MC saat waktu senggang 

Pada sesi ini merupakan sesi hiburan dan juga bisa dimasuki  beberapa selingan informasi (terlebih dulu berkomunikasi dengan sesi hiburan untuk jeda bicaranya). Informasi yang bisa disampaikan di antaranya siapa saja pihak-pihak yang mendukung acara. Hal ini bagi MC bisa menjadi ajang untuk membangun relasi dan juga membuka kesempatan peluang-peluang kerjasama di kemudian hari.
Adapun contoh teksnya sebagai berikut.

Hadirin sekalian yang berbahagia, sambil menikmati jamuan yang tersedia, dapat kami informasikan bahwa acara hari ini bisa berlangsung dan meriah pastinya atas dukungan dari berbagai pihak. Di antaranya untuk dekorasi dan tata rias pengantin yang bagus ini oleh Dekorasi dan tata rias oleh Jenar wedding organizer, sedangkan pada bagian sound sistem yang membahana oleh bintang sound sistem, pada sesi hiburan dengan iringan musik dan suaranya yang merdu oleh grup nasyid Jannah, katering spesial yang bapak ibu sekalian nikmati dipersembahkan oleh barakah katering profesional. 

Catatan: 
Karena  keterbatasan waktu. Penyampaian informasi bisa bertahap satu-persatu atau beberapa vendor terlebih dahulu. Tambahkan keterangan kelebihan-kelebihan (usahakan sedikit lebai), informasikan pula kontak yang bisa dihubungi dan lain sebagainya. Tentu vendor akan merasa terbantu dan suatu saat bisa menggunakan jasa MC.nya (membangun relasi).

PENUTUP 

Hadirin yang berbahagia! 

Mewakili keluarga besar kedua mempelai, kami kembali menghaturkan beribu ucapan terima kasih atas keikhlasan bapak ibu sekalian yang telah berkenan hadir memenuhi undangannya serta memberikan keberkahan doa untuk kedua mempelai. 

Keluarga besar kedua mempelai juga meminta maaf atas kekurangan-kekurangan baik mengenai tempat, hidangan dan lain-lain. 

Kami secara pribadi sebagai pembawa acara kiranya ada kekhilafan, mohon berkenan bapak ibu sekalian memberikan maaf. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



0 comments

Post a Comment