Contoh Teks MC Acara Reuni Madrasah Aliyah

 


Ingat masa sekolah dulu

Masa sekolah menengah menjadi bagian hidup yang tak terlupakan. Kenangan -kenangan dengan teman sekelas menjadi momen lucu yang kadang bisa membuat tersenyum sendiri. Dengan mengingat hal tersebut terkadang muncul ingin mengulang kembali kejadian serupa dengan bertemu kembali teman lama. Setelah sekian lama terpisah ingin, setidaknya bisa melepas kerinduan dengan bertemu sejenak melalui acara reuni. 

Apa itu tujuan reuni?

Acara reuni memiliki tujuan baik jika diselenggarakan dengan cara baik dan dijalankan dengan baik. Reuni merupakan salah satu jalan untuk menyambung tali silaturahmi teman seperjuangan dulu saat-saat bersama. Dengan reauni diharapkan persaudaraan atau persahabatan yang dulu pernah terjalin bisa terhubung kembali dan semakin kuat.

Apa yang dimaksud reuni akbar?

Acara reuni memiliki dua jenis, jenis yang pertama adalah reuni untuk satu angkatan, jenis yang kedua adalah reuni lintas angkatan. Reuni satu angkatan merupakan suatu kegiatan yang diadakan dan dihadiri oleh orang-orang yang satu perjuangan atau satu tingkat. Seperti reuni teman SMA angkatan 2020. Reuni yang kedua adalah reuni lintas angkatan atau yang lazim disebut reuni Akbar. Reuni ini merupakan acara mengumpulkan alumni dari angkatan awal/terlama hingga   yang terkini.

Menjadi MC Acara Reuni Madrasah Aliyah

Beruntung jika terpilih menjadi pembawa acara reuni madrasah Aliyah. Itu menandakan bahwa dipilih karena dianggap mampu. Seorang MC merupakan orang yang memiliki kemampuan komunikasi. Dengan demikian perlu juga disiapkan dengan baik agar lancar dan sukses Kegiatannya.

Persiapan seorang MC madrasah Aliyah di antaranya:

  • Mengetahui apa saja isi acara
  • Membuat daftar siapa saja yang akan mengisi acara, misal sambutan apakah mengundang orang penting, hiburan apakah grup atau perorangan, dan lain sebagainya.
  • Update info kekinian dan kerbanyak kata-kata yang kekinian pula (acara reuni biasanya semi formal maka kalau bisa menyelingi hal-hal lucu agar acara tidak garing)
Selain hal diatas, datang lebih awal juga sangat disarankan bagi seseorang pembawa acara. Hal ini agar ada waktu untuk berkoordinasi dengan panitia. Bisa ditanyakan apakah acara sesuai dengan rencana awal atau adakah perubahan.

Contoh Teks MC Acara Reuni Madrasah Aliyah 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat kepala sekolah bapak....
Yang kami hormati bapak guru, ibu guru, rekan dan rekanita yang berbahagia. 

Mengawali kegiatan, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang pada pagi hari ini masih mengijinkan kita berkumpul di aula sekolah kita yang tercinta ini dalam keadaan sehat wal 'afiat, untuk mengadakan reuni alumni madrasah Aliyah angkatan tahun 1988. Tentunya banyak suka dan duka yang kita alami, cerita-cerita yang mengesankan selama kebersamaan menuntut ilmu. Seiring berjalannya waktu, setelah lulus kita berpisah dengan jalan hidup masing-masing. Dalam masa itu, pastinya kita sudah banyak yang bertumbuh dengan bekal ilmu yang kita peroleh dari pendidikan kita.

Meski dengan berbagai kesibukan kita masing-masing, patut kita syukuri sebagai bagian dari karunia Allah, di hari dan tempat yang baik  ini kita ditakdirkan bisa bertemu kembali. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan dan mempererat jalinan silaturahmi antara kita.

Bapak ibu hadirin sekalian, rekan dan rekanita yang kami muliakan. Sebelum kegiatan kita mulai, perkenankan sebagai pembawa acara, kami bacakan susunan acara reuni pada pagi ini.

  • Acara yang pertama yaitu pembukaan,
  • Acara yang kedua pembacaan Kalamullah ayat -ayat suci Al-Quran.
  • Acara yang ketiga sambutan-sambutan.
  • Acara yang keempat Istirahat,
  • Acara yang kelima Do'a bersama.
  • Dan acara yang terakhir adalah penutup.

Demikian bapak ibu hadirin sekalian, rangkaian acara yang tersusun dan akan kita ikuti bersama pada hari ini. 

Melangkah pada acara yang pertama, yaitu  pembukaan, dengan mengharap ridho Allah SWT. Mari buka kegiatan dengan bacaan Ummul kitab (surat Al Fatihah). " 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an, Al Fatihah"...

Terima kasih hadirin sekalian, semoga dengan wasilah Ummul kitab yang telah kita baca bersama kegiatan bisa lancar sesuai yang kita harapkan.

Sambutan - sambutan 

Memasuki acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan,  untuk sambutan yang pertama dari ketua panitia, dalam hal ini akan disampaikan oleh saudara Ramadhan, kepadanya waktu dan tempat saya persilahkan.

Terima kasih saudara Ramadhan yang telah memberikan sambutan untuk kami, adapun sambutan yang berikutnya dari kepala sekolah kita bapak Bahrudin, M.Pd., kepada beliau dengan segala hormat kami persilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Bahrudin, M.Pd yang telah berkenan memberikan sambutan.
Semoga apa yang disampaikan beliau tadi menjadi motivasi dan memberikan dorongan positif bagi kemajuan karier kita semua.

(Jika masih ada sambutan lain bisa ditambahkan sesuai kebutuhan, misal dari perwakilan alumni atau tamu penting lainnya juga bisa)

Istirahat

Bapak ibu rekan dan rekanita yang dimuliakan Allah.

Setelah acara sambutan, menginjak ke sesi berikutnya yaitu istirahat. Dalam sesi ini berkenan hadirin semua menikmati hidangan yang disajikan, sambil mendengarkan lantunan lagu-lagu islami yang dibawakan oleh tim nasyid Al qolam. 

Atas nama panitia, kami mengucapkan selamat menikmati. Semoga berkenan.

Doa

Bapak ibu dan rekan-rekan yang dirahmati Allah. Kami kira sesi istirahat bisa kita cukupkan.

Selanjutnya sebagai acara pamungkas yaitu doa, marilah kita sejenak merendahkan hati, memohon ridho Allah agar pertemuan pada hari ini mendapat keberkahan dan hajat kita semua diijabahnya. Pembacaan do'a akan dipimpin oleh Ustadz Alamsyah, kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih ustadz Alamsyah. 

Penutup

Demikian bapak ibu, acara demi acara telah terlaksana dengan baik. Kami disini selaku pembawa acara apabila dari awal hingga akhir apabila ada kekurangannya baik dari kata-kata atau sopan santun, maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan sebelum acara ini kami tutup, maka marilah kita membaca hamdalah, "Alhamdulillahi rabbil'alamiin". 

Sampai ketemu lagi dilain waktu yang lebih menyenangkan, ahir kata "wabillahit taufiq walhidayat, wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments

Post a Comment