Contoh Teks MC Acara Tasyakuran diterima Perguruan Tinggi Negeri

 


Mengapa orang lebih memilih Perguruan Tinggi Negeri daripada perguruan tinggi swasta?

Alasan setiap orang memilih Perguruan Tinggi Negeri dibanding perguruan tinggi swasta bisa berbeda tergantung sudut pandangnya. Salah satu alasan kenapa memilih Perguruan Tinggi Negeri yaitu dianggap sekolah yang dikelola pemerintah memiliki keunggulan -keunggulan tertentu, seperti dianggap akan mudah mendapatkan pekerjaan jika sudah selesai kuliah nanti. 

Tujuan kuliah itu apa sih?

Orang memilih melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan berbagai tujuan. Dari sekian tujuan, orang melanjutkan kuliah pastinya adalah meningkatkan kompetensi diri dengan menambah wawasan baru serta memperluas pengetahuannya. Dengan memiliki kompetensi yang baik maka peluang-peluang untuk bekerja di berbagai bidang bisa yang terbuka semakin lebar.

Kenapa universitas negeri lebih bagus?

Universitas atau perguruan Tinggi Negeri dikelola oleh negara, sedangkan perguruan tinggi swasta Umumnya dikelola oleh yayasan. Secara kualitas baik negeri maupun swasta sama-sama bagus. Namun perguruan tinggi negeri standar pendidikan diatur langsung oleh pemerintah, sehingga kualitas pendidikan hampir merata di semua perguruan tinggi negeri yang dikelola negara. Perguruan tinggi negeri yang ada di pulau Jawa kualitasnya tidak jauh berbeda dengan Kampus negeri di luar Jawa. 

MC Acara Tasyakuran diterima Perguruan Tinggi Negeri 

Suatu kesempatan yang bagus ketika seseorang terpilih untuk menjadi MC acara tasyakuran diterima Perguruan Tinggi Negeri. Ia dipilih karena dianggap punya kemampuan untuk memandu acara. Dengan demikian maka dalam membawakan acara tasyakuran diterima Perguruan Tinggi Negeri seorang MC sebaiknya menyiapkan diri agar acara bisa lancar dan sukses.

Persiapan menjadi MC acara tasyakuran diterima Perguruan Tinggi Negeri 

Persiapan yang dilakukan untuk memandu acara tasyakuran diterima Perguruan Tinggi Negeri di antaranya sebagai berikut:
  • Memastikan waktu kapan acara akan dilaksanakan
  • Mencari info isi acara apa saja
  • Memastikan siapa saja yang akan mengisi acara
  • Sebelum berangkat membersihkan badan agar tidak bau, terutama mulut dan ketiak.
  • Mengenakan baju sopan sesuai tema acara. Jangan sampai salah tempat, misal mengenakan jas berdasi dan sepatu, sedangkan acara merupakan acara sederhana.
  • Usahakan hadir maksimal satu jam sebelum acara dimulai. Koordinasi dengan panitia atau tuan rumah, misal memastikan apakah pengisi acara sudah dipastikan hadir. Selain itu dengan  hadir lebih awal akan lebih menguasai keadaan. 

Contoh Teks MC Acara Tasyakuran diterima Perguruan Tinggi Negeri 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bapak ibu hadirin sekalian yang kami hormati.

Mengawali kegiatan, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang dengan rahmat-Nya, pada malam ini kita bisa memenuhi undangan dari Bapak Suprapto dalam rangka tasyukuran putranya yang bernama Fendi Hermansyah, yang atas ijin Allah diterima kuliah di UNDIP Semarang. Oleh karena itu, sebagai ungkapan rasa syukur Beliau sekeluarga mengajak hadirin sekalian untuk turut merasakan kebahagiaan, serta memberikan tambahan doa kepada rekan Fendi Hermansyah dalam menuntut ilmu diberikan kelancaran, dimampukan hingga nanti lulus jadi sarjana.

Shalawat juga tidak tertinggal untuk kita haturkan kepada Uswatun Hasanah kita Rasulullah Saw. Biqaulina" Allahumma shalli'ala sayyidina Muhammad". Semoga kita tetap menjadi umatnya yang bisa memperoleh syafaat dan bisa bersanding beliau di surga kelak.

Bapak ibu hadirin yang dimuliakan Allah.

Perkenankan saya sebagai pembawa acara membacakan susunan acara yang akan kita ikuti dan laksanakan bersama pada hari ini.
  • Acara yang pertama Pembukaan
  • Acara yang kedua sambutan-sambutan.
  • Acara yang ketiga Istirahat.
  • Acara yang keempat doa, dan 
  • Acara yang kelima Penutup.

Demikian bapak ibu hadirin sekalian, rangkaian acara yang tersusun. 

Pembukaan 

Memasuki acara yang pertama, yaitu  pembukaan, dengan mengharap ridho Allah SWT. Mari bersama kita buka acara hari ini dengan bacaan Ummul kitab (surat Al Fatihah). " 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an, Al Fatihah"...

Terima kasih hadirin sekalian, semoga dengan pengantar bacaan Ummul kitab ini acara dapat berjalan lancar tanpa halangan apapun sesuai harapan kita bersama.

Sambutan - sambutan 

Bapak ibu hadirin sekalian yang berbahagia!
Acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan,  untuk sambutan yang pertama dari shohibul hajat bapak Suprapto, kepada beliau kami persilahkan.

Demikian bapak ibu sambutan dari Shohibul hajat, adapun sambutan yang berikutnya dari bapak Bunyamin, M.Pd.  kepala sekolah SMA tempat rekan Fendi Hermansyah sebelumnya sekolah.  Kepada beliau dengan segala hormat kami persilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Bunyamin, M.Pd yang telah berkenan memberikan sambutan.

Istirahat

Bapak ibu saudara sekalian yang di kami hormati
Melangkah ke acara selanjutnya, yaitu istirahat. Dalam sesi ini berkenan bapak ibu menikmati hidangan yang disajikan. Atas nama keluarga kami mengucapkan selamat menikmati. Semoga berkenan.

Doa

Bapak ibu yang dirahmati Allah. Kami kira acara istirahat sudah selesai.
Selanjutnya sebagai acara pamungkas yaitu doa, marilah kita sejenak merendahkan hati, momohon ridho Allah agar pertemuan pada malam ini mendapat keberkahan dan hajat kita semua diijabahnya. Pembacaan do'a akan dipimpin oleh Ustadz Alamsyah, kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih ustadz Alamsyah, yang telah berkenan memimpin doa. Semoga Allah mengijabah doa-doa kita semua.

Demikian bapak ibu, acara demi acara Alhamdulillah telah terlaksana dengan baik. Kami disini selaku pembawa acara apabila dari awal hingga akhir ada kekurangannya baik dari kata-kata atau sopan santun, maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan sebelum acara ini kami tutup, maka marilah kita membaca hamdalah, ALHAMDULILLAH. Akhirnya "wabillahit taufiq walhidayat, wassalamu'alaikum Wr. Wb.


0 comments

Post a Comment