Contoh Teks MC Acara Tingkeban

 


Apa yang dimaksud dengan tingkeban?

Belum semua orang tahu apa itu upacara tingkeban. Hal itu karena tidak semua daerah menjalankan tradisi ini. Tradisi tingkeban kebanyakan dijalankan oleh masyarakat tradisional jawa. Masyarakat Jawa memang dikenal dengan banyak ragam budayanya.

Tradisi tingkeban adalah salah satu tradisi syukuran saat usia kandungan telah mencapai usia tujuh bulan. Kandungan anak pertama yang telah mencapai usia ini umumnya akan dirayakan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan pada acara tingkeban bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Selain itu itu juga tergantung individu masing-masing. Apakah mau merayakan dengan sederhana atau dengan pesta dengan berbagai budaya.

Acara tingkeban pastinya bisa semakin terarah bila ada seorang pemandu kegiatan. Berikut ini contoh teks pembawa acara tingkeban.

Persiapan pembawa acara tingkeban.

Pembawa acara hendaknya mempersiapkan diri agar makin optimal ketika membawakan acara. Persiapan yang diperlukan sebelum memandu acara tingkeban di antaranya:
  • Datang lebih awal dari pada tamu undangan.
  • Mengenakan pakaian sopan sesuai tema acara.
  • Menunjang penampilan, usahakan tidak memiliki bau mulut dan badan.
  • Membawa kertas dan bolpen untuk mencatat.
  • Tidak membawa masalah ke dalam acara. Maksudnya, seorang pembawa acara hendaknya tetap memasang wajah ceria, murah senyum dan berfikir jernih. Hal ini bisa didapatkan apabila masalah pribadinya disimpan dan bisa bersikap netral saat bertugas.

Nah. Hal di atas merupakan penunjang agar semakin percaya diri dalam memandu acara. Setelah itu, catat siapa saja yang akan menjadi pengisi acara. Sebagai contoh:

Yang punya hajat : Harjono
Yang ditingkebi.   : Fatimah
Wakil bicara tuan rumah : Wagiman
MAUIDHOH/penceramah : Kyai Haji Ahmad Solihin 
Pemimpin doa : Kyai Haji Ahmad Solihin 

===================================

Contoh Teks MC Acara Tingkeban 

 Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirabbil 'Alamin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil ambiya’i wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du.

Bapak Ibu hadirin sekalian yang kami hormati.

Segala puji-syukur sudah sepantasnya kita haturkan kehadirat Allah SWT. karena atas ijinnya kita semua masih bisa berkumpul bersama tanpa halangan dalam rangka memenuhi undangan dari bapak Santoso dalam acara tingkepan putri beliau yang bernama Fatimah.

Sholawat dan salam semoga terlimpah kepada nabi teladan kita Rasulullah Muhammad Saw. yang telah membawa agama Islam ditengah-tengah kita, sehingga kita semua bisa mengetahui mana yang haq dan mana yang bathil.

Bapak Ibu hadirin yang dimuliakan Allah.
Saya di sini sebagai pemandu acara perkenankan membacakan susunan acara yang akan dilaksanakan pada kesempatan ini. Acara yang telah disusun panitia, yaitu sebagai berikut:

1. Pembukaan
2. Sambutan tuan rumah
3. Tausyiah.
4. Istirahat.
5. Penutup/do'a.

Demikian hadirin sekalian, rangkaian acara yang telah disusun oleh keluarga selaku panitia. 

PEMBUKAAN

Melangkah pada acara yang pertama, marilah kita buka acara pada kesempatan ini dengan bacaan Ummul kitab surat Al Fatihah. 'Ala hadzihiniyah wa 'alaa kulli niyyatin sholihah : alfatihah.

Aamiin. Terimakasih hadirin sekalian, semoga dengan bacaan surat alfatihah tersebut acara tingkeban Mbak Fatimah bisa lancar dan meriah sesuai harapan kita bersama. Aamiin ya rabbal 'alamiin.

SAMBUTAN TUAN RUMAH

Menginjak acara berikutnya atau acara yang kedua, yaitu sambutan dari tuan rumah yang akan diwakili  oleh Bapak Wagiman. Kepada beliau kami persilahkan.

Terimakasih bapak Wagiman untuk sambutannya.

Tausyiah

Hadirin sekalian, melangkah pada acara yang ketiga adalah tausyiah yang akan disampaikan oleh Al Mukarrom Kyai Haji Ahmad Solihin.

Agar kita bisa memperoleh hikmah dan manfaat dari yang beliau sampaikan, mohon berkenan bapak ibu menyimak dengan Hidmat.
Kepada Al Mukarrom kyai haji Ahmad Solihin kami persilahkan.

Terima kasih kami haturkan kepada bapak kyai haji Ahmad Solihin. Semoga apa yang disampaikan beliau bisa menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Aamiin ya rabbal 'alamiin.

Istirahat

Hadirin sekalian yang dimuliakan Allah! Acara demi acara telah kita lalui, dan kini tiba waktunya untuk kita beristirahat. Kami selaku pembawa acara atas nama keluarga Shohibul hajat bapak Harmono mempersilahkan kepada para tamu yang hadir untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Semoga berkenan, Terima kasih.

Doa penutup 

Hadirin sekalian yang berbahagia, mengingat waktu yang terus berlalu, mohon maaf untuk acara istirahat kami kira sudah cukup, sekarang menginjak acara selanjut- nya adalah penutup/do'a.

Dan kami selaku pembawa acara pada kesempatan ini,mulai dari awal hingga akhir, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati para tamu hadirin sekalian, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Acara doa penutup akan dipimpin oleh Bapak kyai haji Ahmad Solihin. Kepada beliau kami mohon berkenan memimpin doa dan sekalian menutup acara ini, terima kasih kami sampaikan. Kepada Beliau kami persilahkan. 

Wassa- lamu'alaikum Wr. Wb.

0 comments

Post a Comment