Contoh Teks MC Acara Tasyakuran Rangking Pertama


Bagaimana rasanya berada di peringkat pertama?

Pastinya seseorang akan merasa puas dan bangga akan apa yang diraih pastinya saat bisa menjadi peringkat pertama. Hal itu wajar karena umumnya dalam usaha mencapai posisi tersebut penuh dengan tantangan. Harus rela mengorbankan waktu dan memeras pikiran sehingga bisa berada peringkat pertama. Orang tua yang turut berperan dalam ikhtiar tersebut biasanya juga akan mengucapkan syukur kepada Allah SWT. atas kemampuan yang telah diberikan.

Adakalanya ketika orang tua merasa senang dan ingin sanak saudara turut merasakan kegembiraan, ia akan mengadakan acara. Meski acara tidaklah seperti acara resepsi pernikahan, bila ada memandu acara agar runtut pastinya lebih baik. Namun tidak semua orang tua bisa mengadakan acara dan mereka sendiri yang jadi pembawaa acaranya, maka di sini dibutuhkan peran seorang pembawa acara tasyakuran peringkat pertama.

Persiapan menjadi MC acara tasyakuran peringkat pertama

Ketika ditunjuk untuk menjadi MC acara tasyakuran peringkat pertama, agar makin siap memang sebaiknya disiapkan dengan matang. MC atau pembawa acara bisa menyiapkan apa saja yang perlu untuk mendukung tugasnya nanti. Beberapa hal yang bisa disiapkan di antaranya;
  • Memastikan jadwal acara
  • Menanyakan acaranya apa saja kepada tuan rumah (selaku panitia)
  • Siapa pengisi acaranya (catat di sebuah kertas agar tidak bertanya lagi jika terlupakan)
  • Kenakan pakaian yang santun (tidak formal namun juga setidaknya rapi/sesuai audiens)
  • Gunakan wewangian agar lebih percaya diri
  • Datang ke acara lebih awal. Haram MC datang terlambat.

Apakah MC harus memperkenalkan diri?

Pembawa acara atau MC merupakan orang yang  memegang kendali jalannya acara. Ia menjadi orang yang memiliki hak membuka acara dan berinteraksi dengan audiens. Karena ingin mendekatkan diri dengan tamu, sebaiknya MC memperkenalkan diri.

Apakah MC harus membacakan susunan acara?

Mengenai Apakah harus dibacakan susunan acara. Hal ini tergantung pada jenis kegiatan yang dibawakan. Bila acara bersifat formal, maka membacakan susunan acara merupakan keharusan. Hal ini mempunyai manfaat, salah satunya yaitu audiens bisa tahu apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan. Acara formal lebih cenderung tegang dan kaku, maka dengan dengan tahu susunan acara akan tahu tahapan kegiatan yang akan dilalui. Adapun untuk acara non formal, susunan tidak harus  dibacakan. Namun jika ingin memudahkan audiens  menurut hemat penulis sebaiknya dibacakan. (Kecuali acara memang sangat sederhana).

Contoh Teks MC Acara Tasyakuran Rangking / peringkat Pertama

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada hadirin sekalian para undangan yang kami hormati.

Pada suasana yang penuh kegembiraan ini, mari kita awali kegiatan dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT., dengan syukur bilisan "Alhamdulillahi rabbil'alamiin". Atas limpahan rahmat yang diberikan kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini masih diijinkan berkumpul di tempat ini tanpa suatu halangan apapun guna mengikuti acara tasyakuran Bapak Bambang Sunyatno atas prestasi putra beliau adik Didik Cahyadi yang berhasil memperoleh peringkat pertama di kelasnya.

Turut kita haturkan pula bacaan sholawat untuk Uswatun Hasanah kita Rasulullah Saw. biqaulina "Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad". Semoga risalah Islam yang dibawa beliau senantiasa bersinar di hati kita semua untuk menuntun langkah menuju surga Allah SWT.

Bapak ibu hadirin sekalian yang berbahagia! Pada hari ini, bapak Bambang Sunyatno hendak berbagai kebahagiaan dengan mengundang bapak ibu sekalian di acara ini. Adapun susunan kegiatan yang akan kita ikuti dalam acara ini sebagai berikut:


1. Pembukaan.

2. Sambutan tuan rumah.

3. Makan bersama.

4. Do'a.

5. Penutup.

Demikianlah rangkaian acara yang telah susun, berkenan bapak ibu hadirin sekalian bisa duduk dengan nyaman mengikuti acara hingga purna nanti.

PEMBUKAAN

Memasuki acara yang pertama, untuk menambah keberkahan acara mari bapak ibu hadirin sekalian kita buka kegiatan dengan bacaan Ummul kitab (surat Al Fatihah). " 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an, Al Fatihah"...

Terima kasih.  Semoga dengan wasilah Ummul kitab yang telah kita jadikan pembuka, mengundang ridho Allah SWT. sehingga acara dari awal hingga akhir diberikan kelancaran.

SAMBUTAN TUAN RUMAH

Beranjak ke acara selanjutnya, yaitu sambuat dari tuan rumah, kepada bapak Bambang Sunyatno disilahkan.

Terima kasih Bapak Bambang Sunyatno yang telah memberikan sambutannya. 
 

ACARA MAKAN BERSAMA

Bapak ibu hadirin sekalian yang saya hormati. Berlanjut ke acara berikutnya, acara yang ketiga adalah makan bersama. Kepada bapak ibu hadirin sekalian kami persilahkan menuju ruang makan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Selamat makan dan semoga berkenan.

PEMBACAAN DO'A

Bapak ibu hadirin sekalian, acara makan bersama kita cukupkan. Melangkah ke acara yang keempat yaitu pembacaan do'a. Mari kita rendahkan hati sejenak untuk memohon keridhaan Allah SWT agar pertemuan kita hari ini bertambah keberkahannya. Terkhusus untuk tuan rumah semoga dikabulkan hajat dan doa -doanya. Untuk pembacaan doa akan dipimpin oleh Bpk. KH. Bahrudin, M.Pd kepada beliau kami persilahkan.

Demikian bapak ibu hadirin yang dimuliakan Allah. Acara doa menjadi penutup kegiatan kita hari ini.

Saya selaku pembawa acara apabila dalam memandu kegiatan dari mulai hingga akhir acara apabila ada sikap dan kata-kata yang kurang berkenan dihati para hadirin semuanya, Saya meminta hadirin sekalian berkenan memberikan maaf yang sebesar-besarnya.

Dan marilah kita tutup dengan bacaan hamdalah bersama-sama. " Alhamdulillahi rabbil'alamiin".

wabillahit taufiq wal hidayat, wassalamu'alaikum Wr. Wb. 
-----------------------------------------------

Tips Menjadi MC

Menjadi MC yang baik memerlukan tambahan skill agar tidak kaku dan tekstual. Dengan berbagai tambahan ilmu dalam membawakan acara akan lebih luwes dan bisa mengontrol keadaan sehingga acara lebih semarak dan audiens tidak merasa bosan. Hal-hal yang bisa dijadikan bekal seorang pembawa acara di antaranya sebagai berikut;

Menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman yang luas.
Berpikir cerdas.
Mengasah dan melatih rasa humor.
Meningkatkan level kesabaran dalam berinteraksi dengan  audiens dan situasi di luar rencana.
Mengembangkan imajinasi.
Bersemangat dan hendaknya rendah hati, memasang wajah bersahabat.
Mau bekerja sama dengan pendukung acara.

0 comments

Post a Comment