Paket pernikahan murah. Info yang cocok untuk calon pengantin

Paket pernikahan murah 


Tujuan menikah itu untuk apa?

Menikah adalah salah satu bentuk menyempurnakan agama. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Rasulullah bahwa, “Siapa yang menikah, berarti telah melindungi setengah agamanya. Karena itu bertaqwalah kepada Allah untuk setengah agamanya yang kedua.” 

Mengutip dari https://konsultasisyariah.com, Al Gazali menjelaskan lebih jauh mengenai makna hadits tersebut yaitu tentang keutamaan nikah adalah  dalam rangka mlindungi diri dari penyimpangan, agar terhindar dari kerusakan. Karena yang merusak agama manusia umumnya adalah kemaluannya dan perutnya. Dengan menikah, maka salah satu telah terpenuhi. (Ihya Ulumiddin, 2/22)

Menikah adalah suatu usaha untuk membangun sebuah keluarga kecil baru. Dari pernikahan lebih menenteramkan hati dan tentunya menjadikan halal sesuatu yang sebelumnya diharamkan Allah. Dengan menikah seseorang bisa melanjutkan generasi melalui keturunan yang diperolehnya. 

Persiapan menikah agar pikiran dan hati lebih tenang.

Menikah memang bagian dari kebutuhan hidup. Sunatullah bahwa manusia diciptakan Allah berpasangan dan memiliki ketertarikan dengan lawan jenisnya. Ketika sudah menemukan calon yang dianggap sudah cocok dan sejalan, banyak dari mereka yang segera melanjutkan komitmen ke jenjang lebih serius lagi, yaitu menikah.

Namun dengan berbagai pertimbangan, banyak pasangan yang terbebani pikirannya dengan aneka ragam kebutuhan dalam rencana acara pernikahannya. Hal ini jika tidak terbantu bisa menambah beban yang menjadikan urusan jadi terasa berat. Dengan bantuan orang tua saja mungkin belum cukup, apalagi bagi mereka yang mengurusi pernikahannya sendiri. Butuh pikiran ekstra pastinya.

Hal yang bisa dilakukan untuk memperingan pasangan yang akan menikah di antaranya;

1. Mereka dapat menggabungkan acara perkenalan keluarga besar dengan lamaran atau tunangan.

2. Menentukan hari pernikahan tidak terlalu jauh dari acara lamaran.

3. Segera mencari info tentang prosedur pencatatan nikah di KUA.

4. Kumpulkan dan fotocopy data-data penting persiapan administrasi menikah. Jangan lupa pas foto sehingga ketika sudah mendekati acara tidak gelagapan.

5. Mencari info souvenir dan undangan. Hal ini juga sebaiknya perlu disiapkan jauh hari. Meski kecil tapi sangat vital dan menjadi biang frustasi.

6. Mencari info juru rias, dekorasi, katering, tenda sound sistem dan hiburan.

7. Info gedung yang biasanya di musim menikah akan rame sehingga perlu booking beberapa waktu sebelumnya.

8. Menggunakan jasa wedding organizer merupakan langkah praktis, namun konsekuensinya adalah anggaran akan semakin membengkak. Maka alternatif lain yaitu dengan menyiapkannya secara sendiri.

Berapa biaya untuk menikah?

Administrasi menikah gratis. Syarat untuk bisa menikah bebas biaya cukup mudah yaitu sepanjang acara pernikahan atau ijab kabul dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) pada jam kerja. Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

Adakalanya dengan berbagai pertimbangan beberapa pasangan calon pengantin ingin mengadakan acara akadnya di rumah atau di gedung tempat di selenggarakan pesta pernikahan. Mereka memilih petugas KUA yang mendatangi dan meencatat pernikahannya. Hal tersebut tentu bisa dilakukan oleh semua orang yang akan menikah. Namun ada tambahan biaya bila pengantin hendak melaksanakan prosesi akad nikah di luar KUA dan di luar jam kerja, mereka akan dikenakan biaya Rp. 600 ribu. 

Paket menikah murah

Mengurus persiapan menikah memang memakan waktu dan tenaga. Tak kalah yang bisa menjadi pikiran adalah mengenai biaya untuk berbagai pendukung acara, seperti juru rias pengantin, dekorasi pengantin tempat mempelai dipajang juga membutuhkan ahlinya agar tampak elok, tukang foto untuk dokumentasi, MC acara. Hal tersebut jika mengurus sendiri akan membutuhkan waktu untuk wara-wiri.

Ada sebuah jasa pernikahan yang membuat paket menarik bagi calon pengantin. Paket ini relatif murah dan praktis. Paket rias, dekorasi, dan fotografi murah. Cukup menghubungi satu orang maka hal yang dipaketkan akan disiapkan dan turut mensukseskan hajat memepelai.  Diambil dari postingan FB sanggar rias Isna, berikutnya ini gambar layanannya.


Hanya dengan Rp. 12 juta bisa dapat paket menikah meriah.

Paket pernikahan ini ditawarkan bagi calon pengantin yang ada di daerah Grobogan dan sekitarnya. Grobogan merupakan sebuah kabupaten dari beberapa kecamatan di Jawa Tengah. Untuk penggunaan jasa paket pernikahan murah tersebut, silahkan menghubungi nomor telepon yang tertera.


Daftar KUA berapa bulan sebelum nikah?

Setelah berbagai persiapan dilakukan. Mulai dari pas foto dan fotokopi data diri, maka jangan lupa untuk segera mendaftarkan rencana pernikahan. Sebagaimana lazim di masyarakat bahwa ada musim-musim tertentu untuk menikah. Sehingga jadwal petugas KUA bisa sangat padat. 

Tentu akan menjadi masalah apabila petugas tidak bisa melayani di hari pernikahan dan waktu yang diinginkan karena padatnya pelayanan pencatatan menikah. Jika kurang pendaftaran terlalu mepet hari H, maka calon pengantin akan diminta tambahan surat keterangan.

Dari berbagai sumber diketahui bahwa paling lambat pendaftaran menikah di KUA yaitu 10 hari sebelum tanggal nikah. Apabila kurang dari 10 hari kerja, maka KUA biasanya akan meminta calon mempelai untuk menyertakan surat dispensasi. Surat ini merupakan surat keterangan yang bisa diperoleh atau dikeluarkan petugas di kantor kecamatan.

0 comments

Post a Comment