Efek kebanyakan minum kopi serta pantangan makanan yang harus dihindari



Kopi jika diseruput memang memberikan kenikmatan bagi pecintanya. Kopi juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Setelah seseorang meminum secangkir kopi ekstra, ia bisa merasakan manfaatnya di antaranya menjadi lebih semangat, lebih fokus dan produktifitas juga meningkat. Kandungan kafein yang ada dalam kopi bisa menjadikan peminumnya tidak merasa ngantuk.

Kopi aman bila diminum dengan porsi yang wajar. Kopi murni tanpa tambahan pemanis juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Efek kebanyakan minum kopi serta pantangan makanan yang harus dihindari

#Efek kebanyakan minum kopi 

1. Hipertensi

Bahaya minum kopi terlalu sering adalah dan banyak jumlahnya dapat menyebabkan jantung berdebar yang tidak diinginkan pada beberapa orang. Kandungan Kafein dalam kopi dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat (hipertensi) dan jantung berdetak lebih cepat.

2. Mengalami Insomnia

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat peminumnya tetap terjaga, Kopi juga bisa mengatasi ngantuk, dan meningkatkan konsentrasi. Di balik manfaat kopi, ternyata asupan kafein yang berlebihan dapat mengurangi waktu tidur peminumnya. Kopi yang mengandung kafein jika diminum berlebihan menyebabkan peminumnya mengalami insomnia atau membuat tubuh tidak dapat tidur dengan nyenyak.


3. Perasaan Gelisah dan sering buang air kecil

Efek Kafein di antaranya juga bisa membuat peminumnya menjadi gelisah dan cemas. Ia akan gelisah dan mengalami atau terkena serangan panik dan cemas. Orang yang berlebihan minum kopi juga akan meningkat frekuensi buang air kecilnya. Kandungan kafein dalam kopi yang diminum berlebihan dapat merangsang pembuangan urine dan membuat peminumnya lebih sering buang air kecil


4. Pencernaan terganggu dan denyut jantung menjadi cepat

Kopi juga dapat memberikan efek pencahar. Efek ini akan menjadikan penikmat kopi berlebihan akan sering buang air besar setelah mengonsumsi kopi. Efek samping kopi yang diminum berlebihan ini dapat membuat usus menjadi lebih aktif dari biasanya. Peminum kopi berlebihan akan mengalami pergerakan usus yang menjadi lebih cepat.

Ketika perut belum terisi makanan juga dapat memngalami gangguan jika diminumi kopi. Meminum kopi saat perut kosong dan berlebihan dalam minum kopi bisa menyebabkan sakit maag, gerd atau juga diare.

Kopi yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Detak jantung tidak hanya cepat, namun juga memilki irama yang berubaan yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.


5. Mengalami gangguan ketika berhenti

Orang yang sudah terbiasa minum kopi berlebihan juga bisa terserang Caffeine withdrawal. 


Artikel menarik: Cerita konyol pembeli motor beat

Maka dalam menikmati kopi ada aturannya yang perlu diketahui. Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi saat minum kopi.

Mungkin sudah ada yang mendengar makan semangka bersamaan minum dengan kopi bisa menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian. Wah..yang benar saja nih!?

Perlu diketahui bahwa anggapan makan semangka berbarengan dengan minum kopi bisa berujung kematian adalah tidak betul atau mitos belaka. Namun memang ada beberapa jenis makanan yang pantang atau dilarang dikonsumsi bersamaan kopi saat para pecinta kopi menikmati minuman kesukaannya itu.

Komponen kopi ada yang bisa berinteraksi dengan zat gizi di dalam sejumlah makanan. Dari interaksi  ini ternyata dapat menghambat penyerapan zat gizi tersebut. Dampaknya adalah, apabila para pecinta kopi sering melakukannya, maka ia akan kekurangan zat gizi tertentu.

#6 Pantangan Makanan untuk Peminum Kopi

Peminum kopi dapat kekurangan zat gizi tertentu karena adanya gangguan penyerapan zat gizi akibat memakan makanan yang dilakukan bersamaan dengan minum kopi. Berikut ini perlu diketahui beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dinikmati peminum kopi bersamaan dengan kopi secara sering.


1. Jangan bersamaan dengan produk susu

Banyak peminum kopi yang menikmati produk-produk susu bersamaan dengan kopi. Bahkan tak sedikit yang menjadikan keduanya sebagai satu kesatuan minuman hangat, yaitu kopi susu.

Kbiasaan meminum kopi dengan susu atau sbaliknya jika terus menerus dilakukan ternyata bukanlah tindakan yang bisa dibenarkan. 

Berbagai jenis susu dan olahan produk turunannya merupakan sumber kalsium yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Produk olahan susu yang baik bagi kesehatan seperti yoghurt dan keju bisa bermanfaat bagi kesehatan. Namun kopi yang mengandung kafein ternyata dapat memengaruhi penyerapan kalsium dan meningkatkan jumlah kalsium yang dikeluarkan melalui urin. Diketahui bahwa kalsium sangat dibutuhkan bagi tulang.

Dari hal di atas maka dapat diartikan bahwa  mengonsumsi produk susu sebelum minum kopi atau bahkan mengonsumsinya bersama-sama dengan kopi dapat mengurangi penyerapan kalsium di dalam tubuh. Interaksi kedua bahan ini membuat penyerapan kalsium menjadi tidak maksimal. 

Baca juga: Obat sakit gigi berdasar pengalaman 


2. Hindari bersamaan seafood

Berbagai makanan olahan seafood kerang, kepiting, dan udang dan lainnya sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan minum kopi. Kopi dapat menghambat penyerapan kandungan zat gizi yang disebut zinc atau seng yang terdapat pada seafood.

Kopi mengandung zat kafein dan juga tannate. Bila diminum saat makan seafood maka bisa mengeluarkan zat gizi yang ada pada seafood.

Tante yang ada dalam kopi dapat membentuk ikatan dengan beberapa mineral dalam makanan, ketika terjadi interaksi ini maka akan sangat sulit untuk dipecah oleh tubuh.

3. Jauhi Konsumsi Daging bersamaan kopi

Daging menjadi sumber protein yang terbaik  yang mengandung zat besi dan seng. Daging yang memiliki ragam manfaat ini menjadi pantangan untuk tidak dikonsumsi bersamaan minum kopi. Para pecinta kopi sudah seharusnya menikmati daging ketika tidak minum kopi. Kopi yang mengundang komponen tannate bisa mengganggu penyerapan seng yang ada di olahan daging. 

Olahan daging seperti steak, tiram, daging merah, dan unggas yang lezat dan mengandung seng sudah seharusnya tidak dinikmati sambil minum kopi.

4. Ngemil Makanan Kacang-kacangan

Kacang memang asyik dijadikan cemilan. Cemilan dari kacang bisa menjadikan suasana lebih terasa enak untuk ngobrol sambil menikmati secangkir minuman. Namun dibalik keasyikan cemilan kacang, ternyata menjadi pantangan untuk dikonsumsi bersamaan kopi.

Berbagai macam cemilan atau olahan makanan berbahan kacang seperti kacang kedelai, kacang polong, lentil, dan buncis menjadi makanan yang kaya sumber zat besi nabati atau zat besi nonheme. Zat yang terdapat pada kacang ternyata tidak bisa terserap dengan baik oleh tubuh bila dikonsumsi bersama kopi.

Mereka yang memiliki gaya hidup vegetarian pastinya harus tahu, bahwa minum kopi tidak tepat bila diikuti mengonsumsi makanan dari kacang -kacangan. Para vegetarian yang tidak makan daging pastinya banyak memilih makanan nabati, jika makanan nabati yang terdapat zat besi dikonsumsi bersamaan kopi secara terus menerus akan membuatnya kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia pada orang tersebut.

Artikel terkait: Hubungan intim suami istri jangan asal coblos


5. Kopi tidak cocok dengan Jamur 

Jamur merupakan salah satu sumber vitamin D. Vitamin D sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D akan berguna juga dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh serta dapat mencegah terjadinya kerapuhan atau osteoporosis pada orang lanjut usia.

Setelah mengetahui manfaat vitamin D, minum kopi juga tidak dianjurkan bersamaan dengan mengonsumsi jamur. Minum kopi dengan makan jamur dapat memberikan efek terjadinya gangguan penyerapan mineral, dan menurunkan kadar vitaminnya. 


6. Nikmati Ikan Salmon tidak bersama kopi

Kopi yang bisa menambah semangat dan meningkatkan konsentrasi bagi peminumnya juga tidak tepat bila dinikmati bersama olahan ikan salmon.

Baca juga:

9 Sikap yang perlu diketahui

Ikan salmon  jika diolah dengan paduan bumbu yang tepat menjadi santapan yang lezat. Selain lezat, Ikan salmon merupakan makanan yang menjadi zumber vitamin D. Sangat sayang bila makanan lezat dan sumber vitamin ini bila tidak terserap oleh tubuh dengan baik dikarenakan dikonsumsi bersamaan dengan minum kopi.e Oleh karena itu, sebaiknya tidak minum kopi bersamaan dengan olahan ikan salmon. 

0 comments

Post a Comment