Batasan Minum kopi, yakin sudah tahu?




Minum kopi setiap hari memang menyenangkan bagi sebagian orang. Apalagi sudah tersedia varian kopi dengan rasa yang bervariasi. Kopi yang mengandung kafein telah banyak diteliti, baik itu manfaat maupun efek negatifnya. Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti masalah pada liver, penyakit Parkinson, dan demensia.

Minum kopi bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun kopi yang maksud di sini adalah minum kopi yang murni tanpa campuran. Minum kopi murni sangat baik dikonsumsi dan bisa memberikan efek kesehatan, efek baik untuk kesehatan ini jika kopi dinikmati secara wajar. 

Meminum kopi hitam yang tanpa campuran sirup, tanpa campuran atau ditambahkan gula sangat dianjurkan agar minum kopi bisa memberikan manfaat positif. Minum kopi hitam yang murni bisa menjadikan konsentrasi meningkat, namun bila ditambahkan creamer bisa mengurangi manfaat kebaikannya.


Meminum kopi dengan berbagai tambahan seperti gula, susu, creamer akan mengurangi potensi manfaatnya. Para peminum kopi disarankan meminum kopi yang murni dan tidak ditambahkan pemanis karena bisa meningkatkan berat badan dan resiko gangguan kesehatan lainnya.

Batasan Minum Kopi


Meminum kopi hitam murni bisa meningkatkan fakus dan produktivitas kerja. Namun ini dengan syarat tertentu agar manfaat baiknya terus dirasakan dan tidak membawa efek negative lain. Batasi konsumsi 3 gelas kopi sehari. Jika memang terpaksa batasi hanya 4 gelas saja (400mg kopi). 

Pada umumnya dengan konsumsi batas itu masih tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan. Tetapi perlu diketahui bahwa kondisi tiap orang tidaklah sama. Saran tersebut adalah untuk kondisi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan seperti masalah lambung. 

Ambang toleransi tiap orang tidaklah yang sama. Bisa saja orang ambangnya lebih sedikit dari itu. Jika saat mengonsumsi kopi mengalami sensasi berdebar yang menyebabkan gemetaran, perasaan gelisah, dan tidak focus, maka pertimbangkan jumlah konsumsi kopinya.

5 efek Kebiasaan Minum Kopi Setiap Hari


Minum kopi bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun minum kopi setiap hari juga bisa mendatangkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Mengutip dari hellosehat.com, berikut iini berbagai dampak buruk minum kopi setiap hari:


1. Kafein menyebabkan gangguan tidur


Kafein pada kopi memang bisa membantu menstimulasi bagian otak yang menjalankan sistem fokus. Minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan bisa bekerja lebih produktif. Namun kopi bisa menjadi penyebab gangguan tidur. Maka hindari minum kopi menjelang malam karena akan menyebabkan kesulitan tidur hingga mengalami insomnia.

2. terserang perasaan cemas


Kopi bisa menjadi pemicu rasa cemas. Kecemasan yang melanda bisa saja disebabkan oleh kopi yang diminum sebelumnya. Maka minum kopi setiap hari bisa memunculkan masalah mood, yaitu merasa gelisah atau cemas terus-menerus. Kandiungan Kafein pada kopi meningkatkan senyawa bernama adenosin monofosfat siklik. Senyawa ini ternyata meningkatkan kadar senyawa katekolamin di dalam darah yang membuat tubuh menimbulkan respons yang serupa seperti saat menghadapi ketakutan. Perasaan cemas dan gelisah ini bisa bertambah intens jika Anda mengonsumsi kopi secara berlebihan dalam satu hari


3. Ketergantungan


Selain hal di atas, efek buruk lainnya di antaranya dapat menimbulkan ketergantungan kafein, Jika minum kopi setiap hari menjadi kebiasaan, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein.




4. Pencernaan terganggu dan denyut jantung menjadi cepat


Kopi juga dapat memberikan efek pencahar. Efek ini akan menjadikan penikmat kopi berlebihan akan sering buang air besar setelah mengonsumsi kopi. Efek samping kopi yang diminum berlebihan ini dapat membuat usus menjadi lebih aktif dari biasanya. Peminum kopi berlebihan akan mengalami pergerakan usus yang menjadi lebih cepat.

Ketika perut belum terisi makanan juga dapat emngalami gangguan jika diminumi kopi. Meminum kopi saat perut kosong dan berlebihan dalam minum kopi bisa menyebabkan sakit maag, gerd atau juga diare.

Kopi yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Detak jantung tidak hanya cepat, namun juga memilki irama yang berubaan yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

5. Mengalami gangguan ketika berhenti


Orang yang sudah terbiasa minum kopi berlebihan juga bisa terserang Caffeine withdrawal. Kondisi ini merupakan efek samping ketika seseorang berhenti dari kebiasaannya meminum kopi. Orang yang mengalami efek samping seperti merasakan sakit di kepalanya, pusing, mual, cepat lelah, sulit konsentrasi, hingga suasana hati yang cepat berubah bisa jadi terkena Gangguan Caffeine withdrawal


Mengurangi efek negative minum kopi


Minum kopi boleh saja menjadi kebiasaan, namun, perhatikan juga cara menikmatinya dengan sehat supaya dapat mengurangi efek negative yang ditimbulkan.


Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari efek minum kopi setiap hari adalah sebagai berikut:



1. Hindari minum kopi menjelang tidur


Minum kopi sebaiknya tidak mendekati waktu tidur. Hal ini bisa mengakibatkan seseorang terkena imsonia. Minum kopi menjelang tidur akan terganggu tidurnya sehingga memiliki kualitas tidur yang buruk.

2. Jangan paksakan minum kopi


Meminum kopi bisa membuat semangat. Namun adakalanya fisik seseorang tidak sanggup untuk diajak kerjasama. Saat hati atau pikiran mengajak minum kopi, namun apa daya jika asam lambung sedang tidak bersahabat, maka jangan sampai meminum kopi karena bukan manfaat kesehatan yang diperoleh, malah bisa berbaring di ICU.

3. Minum tidak di atas jam 2

Sebaiknya Minumlah saat menjelang siang atau siang sebelum jam pukul 2. Tudak disarankan minum setelah jam 2 siang.


4. Saat perut kosong

Jangan minum kopi bila perut belum kemasukan makan. Sebaiknya mengHindari minum kopi di pagi hari saat perut kosong.


Agar tidak menimbulkan efek negative, pastikan mengonsumsi minuman berkafein tidak berlebihan. Batasi sehari meminum 2 – 3 cangkir kopi hitam atau setara dengan adalah 250 – 400 mg kafein per hari. Sebaiknya kopi tanpa campuran atau kopi hitam murni.

5. Kopi murni

Minum kopi hitam murni dan kurangi atau hentikan untuk memberikan tambahan gula, susu dan krimer pada seduhan kopi. Jika bisa menghentikan tentu manfaat minum kopi akan bisa diperoleh.


Salah satu cara yang paling efektif menghindari bahaya minum kopi setiap hari adalah dengan mengehntikan kebiasaan tersebut. Saat asyik minum kopi namun menemukan keluhan, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut agar bisa segera teratasi.




0 comments

Post a Comment