Teks MC Acara Maulid Nabi Muhammad. Singkat mudah dipelajari


Apa Tujuan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW?

Memperingati hari kelahiran Rasulullah menjadi hal yang dianggap bagi sebagian orang adalah ungkapan rasa cinta kepada Rasulullah SAW. Acara ini juga ada yang menjadikan sebagai  bentuk syukur kepada Allah atas kelahiran Rasulullah Muhammad yang telah membawa risalah yang agung. Rasulullah adalah manusia sempurna yang layak diteladani dalam kehidupan sehari-hari.

Mengadakan kegiatan Maulid Nabi perlu, sebaiknya  dipersiapkan agar acara  perayaan Maulid Nabi bisa berkesan. Mengadakan perayaan Maulid Nabi bisa menjadi ajang syiar dan sekaligus bisa sebagai wujud penghormatan kepada Rasulullah Muhammad.  Rasulullah telah mengantarkan umat manusia ke jalan yang benar dan terhindar dari kesesatan jahiliah.

Peringatan Maulid Nabi menjadi agenda tahunan yaitu setiap tanggal 12 Rabiul Awal. Tanggal itu merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Adanya perayaan Maulid Nabi telah ada sejak dulu dan berkembang hingga sekarang.

Perayaan maulid Nabi Muhammad tidak hanya ada di Indonesia, namun tradisi ini dilakukan juga oleh umat muslim di belahan dunia lainnya. Dengan peringatan Maulid Nabi bermanfaat untuk bisa menumbuhkan cinta kepada Rasulullah sehingga bisa meneladani dan mengikuti Sunnah sehingga bisa menjadi muslim yang baik dan selamat di dunia  dan berbahagia di akhirat.


13 Ide acara peringatan maulid nabi Muhammad 

Dalam membuat acara peringatan maulid nabi Muhammad, ada beragam cara yang dilakukan.  Umumnya, masyarakat Indonesia mengadakan acara atau memperingati maulid Nabi dengan menggelar pengajian di masjid-masjid, rumah, ataupun gedung pertemuan.

Tidak hanya menggelar pengajian, masih bisa ditemukan beberapa ide kegiatan Maulid Nabi yang bisa dilakukan, mulai dari bakti sosial, kegiatan amal, hingga berbagai lomba-lomba yang masih ada korelasinya dengan syiar Islam. Acara tidaklah harus mewah dengan menghabiskan dana yang banyak. Acara bisa dikemas sederhana, namun tetap menarik dan meriah.

Beberpa ide kegiatan Maulid Nabi dapat  mendorong bagi umat muslim untuk meneladani sifat-sifat mulia Nabi Muhammad. Maulid nabi menjadi bagian syiar dan diharapkan Sunnah dari Rasulullah bisa teraktualisasi dalam kegiatan sehari-hari.

Berikut ini ada ide kegiatan Maulid Nabi untuk memeriahkannya. Ide di bawah ini juga bisa menjadi referensi bagi umat muslim yang ingin merayakan Maulid Nabi dengan cara yang sederhana namun berkesan.

1. Mendongeng dengan topik nabi Muhammad 
2. Menonton film/video cerita Nabi Muhammad
3. Sholawatan /rebana
4. Pentas seni islami nasyid
5. Tausyiah/tablig/kajian hadits 
7. Pawai maulid
8. Bedah buku sejarah Nabi Muhammad
9. Story telling Sejarah Nabi Muhammad
10. Lomba menulis sejarah singkat Nabi Muhammad
11. Lomba qasidah /rebana/shalawat 
12. Lomba pidato tema maulid Nabi Muhammad
13.Lomba menghias tulisan Nabi Muhammad 

MC acara maulid nabi Muhammad 

Acara maulid nabi Muhammad melibatkan banyak orang. Agar lancar dan terarah, akan semakin baik bila menggunakan pemandu acara. Pemandu acara akan membacakan urutan tahapan acara step perstep sehingga lebih terstruktur.

Persiapan sebelum memandu acara, sebaiknya disiapkan dengan mencatat nama-nama siapa saja pengisi acaranya. Buatlah catatan-catatan kecil poin yang akan dibacakan dalam memandu acara maulid Nabi Muhammad nanti.  Itu akan memudahkan saat nanti sudah tampil memandu acara di hadapan orang banyak.

Contoh teks MC acara maulid Nabi Muhammad 

السَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّحِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ الحَمدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيمِ وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوهَا وَالصَّلاَةُ وَالسَلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ ابْنِ

عَبْدِ اللهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلا بِاللهِ . أَمَّا بَعْدُ:


Para alim ulama, para kyai, para sepuh pini sepuh yang kami hormati serta yang kami patuhi fatwa dan nasehatnya.

Wabil khusus Al Mukarom Romo KH. Ali Siddiq yang kita nantikan Mauidhoh Hasanahnya.

Para tamu undangan yang kami hormati. Bapak-bapak, Ibu-ibu, para hadirin yang tidak lupa kami mulyakan.

Berkat hidayah, taufiq dan inayah Allah SWT. kita dapat berkumpul dalam suatu majlis yang barokah ini, untuk ikut serta memperingati kelahiran Nabi kita, Nabi Agung Muhammad SAW tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan ke pangkuan junjungan kita Nabiyullah Nabi Muhammad SAW yang semoga dengan berkahnya dapat menjadikan kita semua umat yang mendapatkan syafa'atul 'udama nanti di hari kiamat. Amin.

Hadhirin wal badbirot, untuk meringkas waktu, di sini saya selaku pembawa acara akan membacakan rangkaian acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW pada kesempatan kali ini.

Acara yang pertama adalah pembukaan.

Dilanjutkan acara kedua pembacaan ayat suci Al Acara ketiga sambutan-sambutan.

Menyusul acara selanjutnya adalah istirahat. Acara kelima Mauidhoh Hasanah dilanjutkan dengan Do'a atau Penutup.

Demikianlah hadirin wal hadzirot, susunan acara pada kesempatan kali ini. 

Marilah akita mulai bersama dengan acara pertama yaitu pembukaan berupa bacaan surat Al Fatihah yang akan dipimpin oleh ustadz Rozikin, kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan... terima kasih kami haturkan, semoga dengan barokah surat Al Fatihah tadi, dapat menjadikan lancarnya acara hingga selesai.

Meniti acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci Al Qur'an, yang akan dibawakan oleh beliau ustadz Abdul Aziz kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan Terima kasih kami sampaikan, semoga dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an tadi, menjadikan tebalnya iman dan takwa kita. Amin.

Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan, sambutan pertama atas nama panitia yang akan disampaikan oleh Bapak Abdurrahman. Kepada beliau dipersilahkan... Terima kasih kami sampaikan.

Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh Bapak Abdullah selaku ketua takmir Masjid. Kepada Bapak Abdullahwaktu dan tempat kami persilahkan... Terima kasih kami sampaikan.

Bapak-bapak, Ibu-ibu hadirin wal hadirot Acara selanjutnya adalah istirahat.

Acara istirahat kami cukupkan.

Dilanjutkan acara kelima yaitu acara inti, Mauidhoh Hasanah yang akan disampaikan oleh Al Mukarrom romo KH. Ali Siddiq dari Semarang, kepada Romo KH Ahmad Siddiq kami persilahkan... Terima kasih kami haturkan, semoga apa yang telah beliau sampaikan, membawa banyak manfaat bagi kita. Amin.

Acara yang terakhir adalah do'a penutup, yang pimpinannya kami mintakan kepada Bapak kyai syamsuddin. Kepada beliau dipersilahkan dengan hormat....

Hadhirin wal hadhirot, demikian acara demi acara sudah kita lalui dengan lancar, di sini saya selaku pembawa acara memohon maaf apabila dalam memandu acara, bertutur kata dari awal hingga akhir banyak kesalahan, akhirnya,

واللهُ الْمُوَفِّقُ إِلَى أَقْوَمِ الطَّرِيقِ وَالسَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 comments

Post a Comment