Contoh teks sambutan halal bihalal. Singkat, mudah dipelajari


Apa itu sambutan Sambutan?

Kata sambutan sering didengar tatkala MC membacakan susunan acara. Kata sambutan menurut kamus besar Bahasa Indonesia berarti pidato yang diucapkan pada acara perayaan, pesta, dan lainnya. Sambutan biasanya ada dalam acara formal maupun non formal.

Sambutan Acara formal seperti saat upacara kenegaraan, upacara hari kemerdekan, acara pengangkatan jabatan pemerintahan, acara non formal seperti acara pengajian, arisan tingkat RT atau arisan keluarga, acara lamaran, buka bersama, hingga perkumpulan keluarga untuk mempererat silahturrahmi

Apa beda pidato dan sambutan?

Perbedaan pidato dengan sambutan, yaitu pidato umumnya digunakan untuk acara yang bersifat formal. Pidato presiden kerap disiarkan secara langsung di stasiun televisi menjadi salah satu contoh pidato. Pidato banyak dilakukan untuk  acara-acara formal kenegaraan dan politik.

Sambutan adalah penyampaian selamat datang oleh tuan rumah atau panitia penyelenggara kepada tamu yang hadir di acara. Dalam sambutan tuan rumah atau panitia poin yang sering disampaikan diantaranya ucapan selamat datang, memohon maaf  dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung.

Acara kecil seperti arisan tingkat RT, tentu lebih baik ada sambutan. Sebagai tuan rumah yang kedatangan tamu, akan lebih santun mempersilahakan tamunya. Sambutan secara sikap akan menjadi lengkap dengan adanya sambutan secara lisan.

Sambutan ketua itu apa?

Sambutan ketua adalah Sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara acara. Ketua ini memberikan sambutan dalam rangka mengucapkan selamat datang kepada tamu yang hadir. Ketua juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak hingga bisa terselenggaranya acara. Selain itu ketua juga meminta maaf apabila dalam pelaksanaan kegiatan ada kekurangannya.

Sambutan siapa dulu?

Dalam sebuah acara, tidak jarang kita temui ada lebih dari sambutan. Selain sambutan ketua panitia, ada sambutan dari orang penting lainnya. Lalu urutannya siapa dulu dalam memberikan sambutan? Urutan pemberi sambutan dalam acara resmi dimulai dari yang kedudukannya paling bawah atau  terendah, setelah itu dilanjutkan ke  tingkat kedudukan / jabatannya yang semakin tinggi.

Apa saja yang disampaikan saat sambutan?

Dalam memberikan sambutan alangkah lebih baik bila terstruktur. Hal ini berfungsi agar kata-kata yang disampaikan tidak rancu atau berulang. Dengan sambutan yang terstruktur akan membuat sambutan lebih jelas maksudnya dan mudah dipahami. Adapun struktur kata sambutan sebagai berikut:

Memberikan Salam

Menyapa

Pembukaan.

Isi.

Penutup.

Salam penutup 

Contoh teks sambutan acara halal bihalal 

Sebagai contoh berikut kami berikan teks untuk digunakan dalam sambutan ketua panitia acara halal bihalal. Contoh ini merupakan bahan sehingga bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.


Mukadimah 

السَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

بسمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ اَلحَمدُ للهِ رَبِّ العَالَمِينَ وَبِهِ نَسْتَعِينُ عَلَى أمور الدُّنْيَا وَالدِّينِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ لا نَبِيَّ بَعْدَهُ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِينَ .


Assalamualaikum Warahmatullahi wa barakaatuh

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi rabbil'alamiin, wabihi nastainu 'ala umuridnyaa waddiin, washolatu wassalamu'alaa mallaa nabiyya ba'dah, sayyidina Muhammadin wa'alaa alihi wa'ashabihii 'ajma'in.

Kepada Bapak Ibu hadirin sekalian yang berbahagia, Yang senantiasa saya hormati para alim ulama, para sesepuh pini sepuh yang dimulyakan Allah SWT.

Mari bersama kita haturkan rasa syukur ke hadirat Allah SWT dengan syukur bilisan Alhamdulillahi rabbil'alamiin ". Atas Rahmat dan kasih sayangNya kita masih bisa bermajelis  tanpa halangan apapun di acara halal bihalal kesempatan kali ini. 

Tidak ketinggalan, sholawat serta salam kita haturkan pula untuk Uswatun Hasanah kita Rasulullah Muhammad Saw  biqaulina Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala alii sayyidina Muhammad. Semoga kita mendapatkan limpahan syafa'atnya besok fi yaumil kiyamah amin ya robbal alamin.

Hadirin yang saya muliakan, saya mewakili rekan-rekan kepanitiaan acara halalbihalal di lingkungan kita ini yang Pertama mengucapkan selamat

جَعَلَنَا اللهُ وَإِيَّاكُمْ مِنَ الْعَآئِبِينَ وَالْفَائِزِينَ وانتم كل عام بخير

وَعَافِيَةٍ

Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu saudara sekalian yang telah berkenan hadir, semoga kegiatan malam hari ini mendapatkan ridho Allah serta kedatangan bapak ibu saudara sekalian dicatat oleh Allah SWT menjadi amal sholih dan amal yang ikhlas. Amin ya robbal alamin.

Menarik untuk dibaca: contoh teks MC Halal bihalal 

Berikutnya, kami dari kepanitiaan memohon maaf kepada para hadirin semua, karena walaupun sudah diusahakan dan dipersiapkan secara maksimal, akan tetapi sudah menjadi sifat manusia tidak ada yang sempurna, maka jika di sana sini masih ada kekurangan, hal ini bisa menjadi evaluasi untuk pelaksanaan acara selanjutnya yang lebih baik.

Harapan kita semua terutama dari orang tua dengan adanya acara halal bihalal ini bisa mendorong kepada generasi muda dalam mengadakan acara semacam ini dapat memberikan siraman rohani, menambah ilmu, jangan sampai hanya terlihat ramai, tetapi kita tidak mendapat manfaat apa-apa, juga acara ini menjadi pelengkap adat kebiasaan kita, yang berupa saling silaturrohim ke rumah-rumah.

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada ketidak santunan saya dalam bertutur kata dan bertingkah laku, berkenan bapak ibu hadirin sekalian memberikan maaf yang sebesar-besarnya kepada saya.

بِاللهِ التَّوْفِيقُ وَالْهِدَايَةُ وَالرِّضَى وَالْعِنَايَة وَالسَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 comments

Post a Comment