Teks MC buka puasa dilengkapi susunan acara dan tips persiapan

Teks-MC-buka-puasa-dilengkapi-susunan-acara-dan-tips-persiapan
Teks MC buka puasa dilengkapi susunan acara dan tips persiapan


 Teks MC buka puasa memang sangat dibutuhkan dalam acara buka bersama yang sering diadakan di berbagai tempat seperti kantor-kantor, masjid, dan lain-lain. Buka bersama adalah acara tradisi yang biasanya dilakukan selama bulan puasa. Acara ini menjadi kesempatan untuk berkumpul dan berbuka bersama-sama dengan keluarga, teman, dan kerabat. Agar acara berjalan dengan baik dan lancar, seorang MC dibutuhkan untuk memandu jalannya acara. Dalam hal ini, teks MC buka puasa menjadi sangat penting untuk membantu MC mengarahkan jalannya acara agar lebih runtut dan terstruktur.

Dalam menyiapkan teks MC buka puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, teks harus mencakup informasi tentang jadwal acara, seperti waktu berbuka puasa, waktu shalat maghrib, dan waktu makan malam. Selain itu, teks juga harus berisi kata-kata pembuka dan penutup yang sesuai dengan suasana buka bersama. Kata-kata ini dapat berupa doa, ucapan selamat datang, atau ucapan terima kasih.

Teks MC buka puasa dilengkapi susunan acara dan tips persiapan dapat membantu MC dalam mengarahkan jalannya acara agar lebih terstruktur dan runtut. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan Ramadhan, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, dan pada saat matahari terbenam, mereka melakukan "iftar" atau "buka puasa" bersama.

Kegiatan buka bersama atau biasa disebut "ngabuburit" juga menjadi tradisi yang sering dilakukan oleh banyak orang selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini biasanya dilakukan di masjid, rumah-rumah, atau tempat-tempat lain yang menyediakan makanan untuk berbuka puasa.

Buka bersama juga menjadi momen yang diharapkan dapat mempererat hubungan antar sesama. Selain berbuka puasa bersama, kegiatan ini juga sering diisi dengan berbagai acara seperti tausiyah, santunan, atau kegiatan sosial lainnya.

Susunan acara buka puasa bersama 

Susunan acara buka puasa bersama sebenarnya tergantung kebutuhan. Setiap acara bisa berbeda konsep acaranya. Namun pada umumnya konsep acara buka bersama dibuat tidak formal dan lebih santai. Berikut contoh susunan acara buka puasa bersama

1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al-Quran
3. Sambutan
4. Tausyiah (kultum)
5. Doa 
6. Buka bersama
7. Salat Maghrib berjamaah
8. Hiburan

Hiburan bisa saja dimulai pra acara untuk menyambut tamu yang datang. Selain itu, acara hendaknya dimulai maximal 1 jam sebelum buka bersama. Hal ini dimaksudkan agar rangkaian acara bisa berjalan tertib dan tidak terburu-buru.

4 Contoh Teks MC buka puasa lengkap dengan tips persiapan 

Acara buka puasa adakalanya dikemas dengan mengundang banyak orang untuk berbuka bersama. Pada kegiatan semacam ini tentunya akan lebih baik bila menggunakan seorang MC untuk memandu acara. Sebagai bahan untuk memandu acara buka bersama, berikut ini 4 contoh teks MC acara buka puasa bersama.

#Contoh 1 Teks MC Acara Buka Puasa bersama di sekolah


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat kepala sekolah bapak....
Yang kami hormati bapak guru, ibu guru, rekan dan rekanita yang berbahagia. 

Mengawali kegiatan, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang pada sore hari ini masih mengijinkan kita berkumpul di aula sekolah kita yang tercinta ini dalam keadaan sehat wal 'afiat, untuk mengadakan buka bersama.

Salawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad Saw yang telah membawa kita dari jaman jahiliah menuju jalan terang benderang dengan Islam agama yang diridhai Allah SWT.

Bapak ibu hadirin sekalian, rekan dan rekanita yang kami muliakan. Sebelum kegiatan kita mulai, perkenankan sebagai pembawa acara, kami bacakan susunan acara buka puasa bersama pada kesempatan kali ini.

Pembukaan 

Acara yang pertama yaitu pembukaan,
Acara yang kedua pembacaan Kalamullah ayat -ayat suci Al-Quran.
Acara yang ketiga sambutan-sambutan.
Acara yang keempat Tausiyah 
Acara yang kelima Do'a bersama.
Dan acara yang terakhir adalah penutup.

Demikian bapak ibu hadirin sekalian, rangkaian acara yang tersusun dan akan kita ikuti bersama pada hari ini. 

Melangkah pada acara yang pertama, yaitu pembukaan, dengan mengharap ridho Allah SWT. Mari kita buka kegiatan dengan bacaan Ummul kitab (surat Al Fatihah). " 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an, Al Fatihah"...

Terima kasih hadirin sekalian, semoga dengan wasilah Ummul kitab yang telah kita baca bersama kegiatan bisa lancar sesuai yang kita harapkan.

Sambutan - sambutan 

Memasuki acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan, untuk sambutan yang pertama dari ketua panitia, dalam hal ini akan disampaikan oleh saudara Ramadhan, kepadanya waktu dan tempat saya persilahkan.

Terima kasih saudara Ramadhan yang telah memberikan sambutan untuk kami, adapun sambutan yang berikutnya dari kepala sekolah kita bapak Bahrudin, M.Pd., kepada beliau dengan segala hormat kami persilahkan.

Terima kasih kami sampaikan kepada bapak Bahrudin, M.Pd yang telah berkenan memberikan sambutan.

Semoga apa yang disampaikan beliau tadi menjadi motivasi dan memberikan dorongan positif bagi kemajuan prestasi kita semua.

(Jika masih ada sambutan lain bisa ditambahkan sesuai kebutuhan, misal dari perwakilan alumni atau tamu penting lainnya juga bisa)

Tausyiah

Bapak ibu rekan dan rekanita yang dimuliakan Allah.

Setelah acara sambutan, menginjak ke sesi berikutnya yaitu tausyiah yang akan disampaikan oleh beliau Al mukarram KH. Bahruddin M.Pd. Berkenan hadirin sekalian menyimak mauidhoh Hasanah dan tausyiah dari beliau dengan khitmad.

Doa

Bapak ibu dan rekan-rekan yang dirahmati Allah. Kami kira sesi istirahat bisa kita cukupkan.

Selanjutnya sebagai acara pamungkas yaitu doa, marilah kita sejenak merendahkan hati, memohon ridho Allah agar pertemuan pada hari ini mendapat keberkahan dan hajat kita semua diijabahnya. Pembacaan do'a akan dipimpin oleh Ustadz Alamsyah, kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih ustadz Alamsyah. 

Hiburan 


Bapak ibu hadirin sekalian, memberikan informasi bahwa tidak lama lagi kita akan memasuki waktu untuk berbuka bersama. Namun berkenan bapak ibu hadirin sekalian untuk berbuka secukupnya terlebih dahulu di area hidangan yang telah disediakan, kita bisa jeda sejenak untuk salat Maghrib berjamaah. 

Untuk menunggu waktu berbuka, berikut ini kembali tampil grup nasyib Madina yang menghibur kita dengan nada-nada salawat nan syahdu.

Penutup

Demikian bapak ibu, acara demi acara telah terlaksana dengan baik. Kami disini selaku pembawa acara apabila dari awal hingga akhir apabila ada kekurangannya baik dari kata-kata atau sopan santun, maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan sebelum acara ini kami tutup, maka marilah kita membaca hamdalah, "Alhamdulillahi rabbil'alamiin". 
Sampai ketemu lagi dilain waktu yang lebih menyenangkan, ahir kata "wabillahit taufiq walhidayat, wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#Contoh 2 Teks MC Acara Buka Puasa Bersama

Teks ini tanpa tausyiah (kultum, hiburan)

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua yang hadir di acara buka puasa bersama ini. Marhaban ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan rahmat.

Terlebih dahulu, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk berpuasa dan beribadah di bulan yang mulia ini.

Acara buka puasa ini diselenggarakan untuk mempererat tali silaturahmi dan menjalin persaudaraan di antara kita semua. Dalam kebersamaan ini, kita akan menikmati hidangan yang telah disiapkan dengan berbagai macam menu lezat.

Untuk memulai acara, sebagai pembawa acara, izinkan saya untuk membacakan susunan acara pada malam ini.

Acara yang pertama yaitu pembukaan,
Acara yang kedua pembacaan ayat suci Al-Quran.
Acara yang ketiga sambutan.
Acara yang keempat adalah doa bersama.
Dan acara yang terakhir adalah penutup.

Sekarang, mari kita memulai acara yang pertama pembukaan.

Dengan mengharap ridho Allah SWT. Mari buka kegiatan dengan bacaan Ummul kitab (surat Al Fatihah). " 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an, Al Fatihah"... 

Memasuki acara yang kedua yaitu bacaan Kalamullah ayat suci Al-Quran yang akan dibawakan oleh Ustadz Muhammad. Kepada Ustadz Muhammad waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih Ustadz Muhammad untuk bacaan ayat suci yang sangat indah. Sambutan-sambutan.

Selanjutnya, mari kita dengarkan sambutan-sambutan yang akan disampaikan oleh bapak/ibu/saudara/i yang berkenan memberikan sambutan pada malam ini. Sambutan yang pertama dari ketua panitia, dalam hal ini akan disampaikan oleh Bapak/Ibu/Saudara/i [nama lengkap dan jabatan], kepada beliau waktu dan tempat saya persilahkan.

Terima kasih kepada Bapak/Ibu/Saudara/i [nama lengkap dan jabatan] yang telah memberikan sambutan yang sangat bermakna bagi kita semua. Selanjutnya, sambutan berikutnya dari [nama lengkap dan jabatan], kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih atas sambutan yang telah disampaikan. Semoga apa yang telah disampaikan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Selanjutnya, mari kita memohon doa bersama agar acara ini bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Doa akan dipimpin oleh Ustadz Ahmad. Kepada Ustadz Ahmad, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih Ustadz Ahmad atas doa yang sangat mendalam. Penutup.


Demikian acara buka puasa bersama ini telah selesai. Terima kasih kepada seluruh hadirin yang telah meramaikan acara ini. Semoga kita bisa mempertahankan silaturahmi dan menjalin kerjasama yang baik di masa yang akan datang.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

#Contoh 3 Teks MC Acara Buka Puasa bersama 


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam Ramadhan kepada seluruh hadirin yang berbahagia. Marhaban ya Ramadhan, bulan penuh keberkahan dan ampunan. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami sebagai pembawa acara ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran kalian dalam acara buka puasa bersama ini.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT. Dalam rangka mempererat tali silaturahmi, pada sore hari ini kita berkumpul untuk berbuka puasa bersama.

Sebelum kita memulai acara, izinkan kami sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan acara pada malam ini. Acara yang pertama adalah pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran. Kemudian, acara ketiga adalah sambutan-sambutan. Acara keempat adalah berbuka puasa bersama, dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah. Acara yang terakhir adalah doa bersama dan penutup.

Mari kita memulai buka kegiatan dengan bacaan bacaan basmalah "Bismillahirrahmanirrahim. Semoga acara dari awal hingga akhir berjalan lancar sesuai harapan kita bersama dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Melangkah di acara yang kedua yaitu bacaan Kalamullah ayat suci Al-Quran yang akan dibawakan oleh Ustadz Yuzril Al hafidz. Kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Berikutnya, mari kita dengarkan sambutan dari Bapak Aris Susanto selaku tuan rumah. Kepada beliau kami persilahkan.

Alhamdulillah, demikian tadi sambutan dari bapak Aris Susanto, selanjutnya telah tiba waktu untuk berbuka bersama

Kepada hadirin bisa menikmati hidangan secukupnya Sebagai pembatal puasa dulu, setelah itu kita laksanakan salat magrib berjamaah kemudian dilanjutkan bersantap bersama lagi hidangan yang telah disediakan.

Sebelum menutup acara, mari kita sama-sama berdoa agar kegiatan buka puasa bersama ini diberkahi oleh Allah SWT dan menjadi pendorong semangat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Doa akan dipimpin oleh ustadz Yusril Al hafidz, kepada beliau kami persilahkan.

Sekian acara buka puasa bersama pada malam ini, kami sebagai pembawa acara mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyampaian. Terima kasih atas perhatian dan partisipasi dari seluruh hadirin yang berbahagia.
 Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

#Contoh 4 Teks MC Acara Buka Puasa singkat


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul pada malam yang penuh berkah ini.

Kepada seluruh undangan yang hadir di acara buka puasa ini, saya sebagai MC ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Anda semua. Semoga malam ini menjadi malam yang berkesan dan penuh keberkahan bagi kita semua.

Saat ini, kita semua telah memasuki bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. Selain menjalankan ibadah puasa, kita juga dianjurkan untuk melakukan kegiatan sosial dan saling berbagi dengan sesama. Oleh karena itu, pada malam ini, kita akan mengadakan acara buka puasa bersama yang diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar kita.

Bapak dan Ibu sekalian, acara buka puasa ini akan dimulai dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan bacaan ayat suci Al-Quran. Kemudian doa dan bersantap bersama buka puasa. Mari kita bersama-sama memohon agar Allah SWT selalu memberikan kita kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan ibadah puasa dan acara sore hari ini bisa berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Acara yang pertama pembukaan, mari kita buka acara dengan bacaan basmalah bersama " bismillahi hirahmanirahiim."

Acara yang kedua bacaan ayat suci Al-Quran yang akan dilantunkan oleh saudari Fitri Munawaroh. Kepada beliau kami persilahkan.

Acara yang doa yang akan diipimpin oleh Ustadz Muhammad. Mohon semua undangan untuk berdoa bersama mengaminkannya.

Alhamdulillah, selesai berdoa, acara buka puasa ini akan dilanjutkan dengan santap bersama. 

Kami mohon kepada seluruh undangan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan dengan penuh kebersamaan dan kekeluargaan.

Kepada seluruh undangan yang hadir, kami mengharapkan agar malam ini menjadi malam yang penuh keberkahan dan saling berbagi dengan sesama. Sekali lagi, terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Anda semua.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Persiapan menjadi MC buka puasa bersama 


Berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum menjadi MC buka puasa bersama:

Mempersiapkan Materi
Sebagai MC buka puasa, Anda perlu mempersiapkan materi yang akan disampaikan saat acara berlangsung, termasuk susunan acara, informasi tentang acara, dan ucapan sambutan. Pastikan materi yang disiapkan terkait dengan tema acara dan sesuai dengan suasana ramadhan.

Berlatih Berbicara
Sebelum menjadi MC buka puasa, sebaiknya Anda berlatih berbicara di depan cermin atau dengan orang lain untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini juga bisa membantu Anda memperbaiki intonasi dan ekspresi wajah saat membawakan materi.

Menjalin Kerjasama dengan Tim
MC buka puasa tidak bekerja sendirian, tetapi bersama dengan tim panitia acara. Sebelum acara dimulai, Anda perlu menjalin kerjasama dengan tim untuk memastikan segala persiapan telah dilakukan dengan baik dan agar acara berjalan lancar.

Mengenali Tamu Undangan
Sebelum memulai acara, sebaiknya Anda mengenali tamu undangan yang hadir. Hal ini penting untuk mempersiapkan ucapan sambutan yang sesuai dan membantu menciptakan suasana akrab dengan tamu.

Memperhatikan Etika Berbusana
Sebagai MC buka puasa, Anda perlu memperhatikan etika berbusana yang sesuai dengan acara. Sebaiknya Anda memilih busana yang sopan dan sesuai dengan tema acara, serta memperhatikan aturan berpakaian di tempat yang akan digunakan untuk acara.

Menjaga Stamina Tubuh
Acara buka puasa biasanya berlangsung di malam hari, sehingga membutuhkan stamina tubuh yang cukup. Pastikan Anda istirahat dan makan dengan cukup sebelum acara dimulai agar bisa tampil dengan maksimal sebagai MC buka puasa.

0 comments

Post a Comment