Teks Pembawa Acara Yasinan Ibu-ibu singkat mudah dipelajari

teks-pembawa-acara-yasinan-ibu-ibu-singkat-mudah-dipelajari
Teks Pembawa Acara Yasinan Ibu-ibu singkat mudah dipelajari

 

Teks Pembawa Acara Yasinan Ibu-ibu-Yasinan dan tahlilan adalah acara keagamaan yang umum dilakukan di Indonesia. Yasinan adalah acara membaca surat Yasin, sedangkan tahlilan adalah acara membaca dzikir dan doa untuk orang yang telah meninggal dunia. Kedua acara ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Muslim Indonesia, khususnya oleh kalangan ibu-ibu.

Acara yasinan biasanya dilakukan pada malam Jumat atau pada acara tertentu seperti 7 hari atau 40 hari setelah seseorang meninggal dunia. Pada acara yasinan, biasanya para ibu-ibu berkumpul di sebuah tempat, kemudian membaca surat Yasin secara bersama-sama. Setelah itu, dilakukan pembacaan doa dan dzikir bersama.

Sedangkan acara tahlilan biasanya dilakukan pada malam ke-3, ke-7, ke-40, dan ke-100 setelah seseorang meninggal dunia. Pada acara tahlilan, biasanya para ibu-ibu berkumpul di rumah keluarga yang berduka, kemudian membaca dzikir dan doa bersama untuk almarhum.

Kedua acara ini dianggap sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan kepada orang yang telah meninggal dunia, serta sebagai bentuk doa untuk keselamatan dan kesejahteraan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Dua contoh teks pembawa acara yasin dan tahlil 

#contoh 1

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillaahirrahmaanirrahiim, alhamdulillaahilladzii khalaqalhayaata wal mauut, Asyhadu allaa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluh. Allaahumma shalli wa sallim wa baarik ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii ajma’iin. Ammaa ba’du.

Yang terhormat Ibu-ibu serta saudari-saudari sekalian, pada kesempatan yang baik ini, saya mewakili Sohibul bait mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin yang telah berkenan  hadir di kediaman Ibu Suparlan  pada malam hari  ini.

Malam hari ini sohibul bait ibu Suparlan mengadakan acara yasinan untuk mengharapkan keberkahannya terkhusus untuk almarhum Bapak Suparlan yang pada hari ini telah 1000 harinya.

Namun sebelum saya ikrarkan apa yang menjadi hajat-hajat beliau, mari bersama kita haturkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. dengan syukur billisan " Alhamdulillahirabbil'alamiin". atas ijin dan limpahan rahmatNyalah sehingga kita bisa bermajelis bersama malam hari ini.

Shalawat serta salam juga tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi agung Muhammad Saw, biqaulina " Allahumma shalli'ala sayyidina Muhammad". 

Ibu-ibu hadirin sekalian yang dimuliakan Allah.

Mari kita buka acara yasin dan tahlil malam hari ini dengan bersyahadat tauhid dan rasul serta istighfar bersama 3 x

Ashhadu'alla Ilaaha ilallah, washhadu annaa Muhammadarrasulullah (3x)

Astaghfirullahal adziim (3x) innalilahi ghofururahiim.

Kemudian acara dilanjutkan dengan membaca Yasin,

Surat Al ikhlas 3x

Surat Al Falaq 1x

Surat an naas 1x 

Surat alfatihah 1x dilanjutkan tahlil sebagaimana yang sudah umum dijalankan.

Terakhir adalah doa Yasin tahlil yang umumnya  dipimpin oleh ustadzah yang memimpin bacaan Yasin tahlil. Namun bisa juga berkah doa dipimpin ustadzah lain dalam rangka berbagi peran atau penghormatan.

Penutup acara

Demikianlah ibu-ibu saudari sekalian,  acara yasin yang dilanjutkan dengan bacaan tahlil.  Semoga bacaan surat Yasin tahlil tadi dapat memberikan keberkahan khususnya bagi Shohibul bait dengan terkabul semua hajatnya, dan umumnya untuk kita semua.

Sekian dan terima kasih atas perhatian dan kehadiran Ibu-ibu saudari sekalian. Mohon maaf atas segala kekurangan.

 Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh 2 pembawa acara yasin tahlil

#contoh 2

Berikut ini adalah contoh selanjutnya MC (Master of Ceremony) untuk acara yasinan dan tahlilan:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, serta sahabat-sahabat beliau.

Hadirin yang kami hormati, pada kesempatan yang baik ini, kita akan melaksanakan acara yasinan dan tahlilan untuk memperingati dan mendoakan almarhum/ah yang telah berpulang ke hadirat-Nya.

Sebelum kita memulai acara, marilah kita membaca basmallah terlebih dahulu.

Bismillahirrahmanirrahim.

Sekarang, marilah kita membaca surat Yasin secara bersama-sama untuk almarhum/ah yang telah meninggal dunia. Setelah itu, kita akan melakukan dzikir dan doa bersama.

(Halaman dibuka untuk membaca surat Yasin)

Setelah kita selesai membaca surat Yasin, mari kita lanjutkan acara dengan membaca dzikir dan doa bersama. Marilah kita memperbanyak doa dan istighfar untuk almarhum/ah serta keluarga yang ditinggalkan.

(Halaman dibuka untuk membaca dzikir dan doa)

Demikianlah acara yasinan dan tahlilan yang kita laksanakan pada malam hari ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin.

Terima kasih kepada seluruh hadirin yang telah hadir dan mendukung acara ini. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tips menjadi pembawa acara yasin dan tahlil

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi  pembawa acara atau MC yang baik untuk acara yasinan dan tahlilan:

Persiapkan diri dengan baik

Sebelum memulai acara, pastikan Anda telah mempersiapkan diri dengan baik. Hal ini meliputi mempelajari materi acara, mempersiapkan skrip, dan berlatih untuk memperbaiki kemampuan berbicara di depan umum.

Jaga sikap dan sopan santun

Sebagai MC, Anda harus menjaga sikap dan sopan santun selama acara berlangsung. Bersikaplah ramah dan profesional kepada seluruh hadirin, dan hindari menggunakan kata-kata atau sikap yang tidak pantas.

Beri penghormatan kepada almarhum/ah

Sebagai bagian dari acara yasinan dan tahlilan, berikan penghormatan yang pantas kepada almarhum/ah. Ini bisa dilakukan dengan membaca surat Yasin dengan baik dan benar, serta memberikan doa dan penghormatan yang layak.

Menjaga suasana yang tenang dan khidmat

Acara yasinan dan tahlilan adalah acara yang khidmat dan suci, sehingga Anda harus berusaha menjaga suasana yang tenang dan khidmat selama acara berlangsung. Hindari menggunakan kata-kata yang tidak pantas atau melucu yang dapat mengganggu suasana.

Berikan pengantar yang singkat namun jelas

Sebagai MC, Anda harus memberikan pengantar yang singkat namun jelas sebelum memulai acara. Hal ini akan membantu para hadirin untuk memahami tujuan dan prosedur acara dengan lebih baik.

Beri waktu bagi para hadirin untuk berdoa

Acara yasinan dan tahlilan adalah acara yang ditujukan untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai MC, Anda harus memberi waktu bagi para hadirin untuk berdoa dan memperbanyak istighfar.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjadi pembawa acara yasinan yang baik dan dapat membantu acara yasinan dan tahlilan berlangsung dengan baik dan khidmat.

0 comments

Post a Comment