Contoh Teks Pranatacara Pernikahan Saat akan pengantin putri keluar dan pengantin pria datang

TULADHA ATURIPUN PRANATACARA BADHE MIYOSIPUN TEMANTEN PUTRI 
(CONTOH TEKS PRANATACARA SAAT AKAN KELUARNYA PENGANTIN PUTRI)



Contohtekspranatacaraterbaru.com- Sebagai orang yang hidup bermasyarakat, kita pasti akan berinteraksi dengan banyak orang. Apalagi bila kita mempunyai suatu keahlian berbicara didepan umum, biasanya kita akan sering digunakan untuk mewakili berbicara dalam sebuah acara. Dan bila sudah ahli tentu ini bisa menjadi peluang untuk menambah pemasukan. Misal bisa menjadi MC atau pranatacara dalam sebuah acara resepsi pernikahan. Hasilnya lumayan loh. Menurut beberapa rekan yang menjadikan pekerjaan ini sebagai sampingan, setiap mengisi acara bayarannya sudah sampai 1 - 2 juta untuk memandu sebuah acara pernikahan. Jika sebulan dapat 4 kali Job dompet bisa tebal nih.Gimana?anda pastinya berminatkan?..hehehehe. Jika memang tertarik untuk mempelajari Kebudayaan Jawa ini, bisa melihat postingan saya yang terdahulu Teks Pranatacara

Dalam upacara pernikahan, akan ada rangkaian ritual yang akan dilakukan, maka sebagai MC harus bisa memandu agar acara bisa urut sesuai susunan yang akan dilakukan oleh pengarah upacara yang umumnya dilakukan oleh juru rias. 

Bagi yang sudah berpengalaman membawakan sebuah acara hal ini tentu bukanlah suatau masalah, tapi bagi pemula tentu ini menjadi tantangan tersendiri. Sebagai bekal untuk memandu acara bagi pemula berikut saya berikan contoh teksnya saat pengantin keluar menuju ke singgasana.  

TULADHA ATURIPUN PRANATACARA BADHE MIYOSIPUN TEMANTEN PUTRI 

Wahyaning mangsakala apan wus dungkap titi wanci laksitaning adicara. rehning kados-kados putra temanten putri anggenipun hanglelulur sarira, hanglelulus wadana miwah hangadi busana sampun paripurna. Sumangga enggal tumapak ing adicara candakipun minangka purwakaning pahargyan nun inggih sowanipun temanten putri mijil saking tepas wangi, manjing ing madyaning sasana rinengga. Wondene ingkang badhe hanganthi sowanipun sri atmaja temanten putri nun inggih panjenenganipun Ibu...(Nama pendamping temanten putri umumnya dua orang)..saha......., Hambok bilih sampun samekta ing gati murih rahayuning sedya kasumanggaaken dhumateng para-para ingkang piniji.

Miyosipun putra temanten putri kabiwadha ungeling Ketawang Puspawarno slendro manyura. 

Sumangga, Nuwun.

TERJEMAH BAHASA INDONESIA

TULADHA ATURIPUN PRANATACARA BADHE MIYOSIPUN TEMANTEN PUTRI 

Sudah tiba saatnya untuk dilaksanakan acara. Sepertinya pengantin putri dalam merias diri sudah selesai. Maka dari itu, segera menginjak acara selanjutnya sebagai awal dimulai acara yakni kehadiran pengantin putri dari ruang rias menuju ke tengah ruangan jamuan pesta. Adapun yang akan mendampingi yaitu, Ibu...(Nama pendamping temanten putri umumnya dua orang)..dan......., Apabila semua sudah siap dipersilahkan.

Kehadiran/keluarnya pengantin putri diiringi Ketawang Puspawarno slendro manyura. 

Untuk contoh gendhing Puspowarno bisa dilihat di channel youtube saya Tarto Esso berikut ini:





Note: jangan lupa bahwa beberapa kosakata dalam bahasa jawa penulisan hurufnya berakhiran huruf a tetapi dibaca o. contoh putra dibaca putro, sasana dibaca sasono, saha dibaca soho, DLL

Setelah itu sebaiknya juga bisa diberikan panyondro agar suasana semakin hidup. Untuk panduan pada postingan lalu telah saya tulis Contoh Panyandra Temanten

TULADHA ATURIPUN PRANATACARA BADHE RAWUHIPUN TEMANTEN KAKUNG


Setelah kedatangan pengantin putri dan sudah duduk di singgasana, maka pranatacarapun segera menyiapkan pengantin putra dengan mengutus duta penjemput untuk segera memasuki sasana pahargyan. Berikut contoh teksnya.


Tuladha Aturipun Pranatacara Badhe Bidhalipun Risang Duta Pamethuk

Sagunging para tamu kakung miwah putri ingkang winantu ing suka basuki, kawistingal sri atmaja putri sampun lenggah kanthi raras, tegesipun lenggah piyambakan, saperlu nyenyadhong tumuruning wahyu jodho. tanggaping sasmita risang duta pamethuk nun inggih Bapa..(nama duta 1)...lan Bapa ..(nama duta 2).., ingkang piniji angayahi jejibahan luhur, kepareng badhe medal pasilan tumuju dhumataeng paleremanipun putra temanten kakung.

Tindhakipun risang duta pamethuk binarung ungeling ladrang kapang-kapang, laras pelog pathet nem. (memberi kode kepada sound man untuk memutarkan gending tersebut)
Sumangga, nuwun. 

Kemudian ketika pengantin sudah keluar diiring oleh duta pamethuk. maka pranacara pun menarasikan kedatangannya. Berikut contoh teksnya.

Tuladha Aturipun Pranatacara Badhe rawuhipun Temanten Kakung

Pranatacara menyiapkan kedatangan pengantin putra
Sanggya para rawuh kakung sumawana putri, kawistingal lampahing risang duta pamethuk putra temanten kakung sampun dumugi sasana tinuju. Nulya handereaken putra temanten kakung. Jengkaring temanten kakung ginarubyuk para kadang wandawa, binarung ungeling Ladrang wilujeng, laras pelog pathet barang.

Sumangga, nuwun


TERJEMAH BAHASA INDONESIA

Tuladha Aturipun Pranatacara Badhe Bidhalipun Risang Duta Pamethuk

Hadirin yang berbahagia, terlihat pengantin putri sudah duduk dengan nyaman. Artinya duduk sendirian dan berharap turunnya wahyu jodoh. Menanggapi pratanda tersebut, duta pamethuk yaitu Bapa..(nama duta 1)...dan Bapa ..(nama duta 2).., yang ditunjuk melaksanakan tugas mulia itu segera keluar menuju ke tempat persinggahan pengantin laki-laki.

Perginya risang duta pamethuk diiringi pemutaran Gending ladrang kapang-kapang, laras pelog pathet nem. (memberi kode kepada sound man untuk memutarkan gending tersebut)

Sumangga, nuwun. 

Kemudian ketika pengantin sudah keluar diiring oleh duta pamethuk. maka pranacara pun menarasikan kedatangannya. Berikut contoh teksnya.

Tuladha Aturipun Pranatacara Badhe rawuhipun Temanten Kakung

Hadirin, terlihat duta pamethuk putra temanten kakung sudah sampai di tempat yang dituju. maka segera mengikuti putra temanten kakung.
Berjalannya pengantin laki-laki dan rombongan diiringi dengan pemutaran Gending Ladrang wilujeng, laras pelog pathet barang.

Sumangga, nuwun

Adakalanya untuk menghidupkan suasana pranatacara perlu memberikan panyondro. Untuk panduan bisa membaca artikel saya yang berjudul Contoh Teks Panyandra Temanten Jawa Terbaru

Demikian tadi contoh teks pranatacara saat kedatangan  pengantin putra setelah pengantin puri duduk dengan nyaman di kursi ratu dan raja. Untuk mengetahui bagaimana contoh teks pranatacara saat kedatangan penganti putri bisa melihat postingan saya yang terdahulu. 

Semoga Bisa membantu

0 comments

Post a Comment