Dibuka kursus pranatacara Bahasa Jawa

 


Pranatacara sekolah?

Penulis melihat pencarian menggunakan kata kunci di atas ada di mesin telusur google. Pertanyaan tersebut mungkin bermaksud mencari tempat belajar pranatacara. Tempat belajar yang bisa mengarahkan menjadi pembawa acara bahasa Jawa yang baik.

Tentu perlu dibedakan antara sekolah dan lembaga pelatihan. Sekolah adalah suatu lembaga yang memiliki jenjang seperti SD, SMP, SMA dan Perguruan tinggi. Sedangkan lembaga pelatihan seperti kursus merupakan suatu lembaga yang berfokus pada suatu keahlian dan umumnya diberikan dalam waktu yang relatif singkat. Saat ini sudah banyak lembaga kursus yang memberikan pelatihan-pelatihan seperti pranatacara.

Orang tua di desa-desa ketika memberi wejangan juga ada yang berkata "Yen pengen bisa ya kudu gelem sekolah (jika ingin bisa ya harus mau sekolah/belajar)". Penggunaan kata yang mungkin tidak peruntukannya ini bisa dianggap wajar dan diterima bagi pendengarnya karena sudah paham yang dimaksud.

Pranatacara sendiri kini menjadi sebuah profesi yang cukup dibutuhkan di masyarakat. Masyarakat membutuhkan jasa pranatacara guna mendukung acara yang diselenggarakannya. Berbagai acara yang membutuhkan pranatacara di antaranya: 

  • Acara lahiran
  • Acara lamaran
  • Acara pernikahan
  • Acara syukuran
  • Acara resmi pemerintahan yang menggunakan adat Jawa
  • Acara kematian, dan lain sebagainya.
Mengingat begitu banyak kegiatan yang membutuhkan peran pranatacara, maka sudah barang tentu bagi yang memiliki kemampuan akan banyak dicari dan semakin bermanfaat kehidupannya di masyarakat.

Meski bisa dipelajari secara otodidak, kemampuan menjadi pranatacara bagi orang yang terlatih dan diarahkan oleh seorang guru akan berbeda.

Belajar dengan seorang guru akan bisa runtut secara teknis dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam terkait kepranatacaraan. Hal ini pastinya karena apabila ada yang tidak tahu bisa ditanyakan kepada yang mengajari. Bila ada kekeliruan bisa diarahkan dan berlatih yang sesuai.

Kursus pranatacara di Semarang 

Lembaga kursus Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia atau lebih dikenal dengan Permadani merupakan salah satu lembaga yang berfokus kepada pengembangan budaya tradisional seperti kepranatacaraan dan pamedhar sabda. Berpusat di Semarang, Permadani telah banyak membuka cabang-cabang di berbagai daerah di pulau Jawa.

Di Semarang atas bisa ditemukan permadani cabang Sumur boto. Lokasinya sangat strategis yaitu di daerah perkampungan Undip Tembalang. Menempati balai kelurahan Sumurboto Tembalang yang berada di pinggir jalan raya masuk arah Undip membuatnya mudah ditemukan. Kurang lebih 3 menit dari patung kuda Srondol Semarang.

Biaya sangat terjangkau dan materi yang disampaikan lengkap seputar kepranatacaraan.
Biaya pendaftaran hanya Rp. 100.000. 
Siswa perbulan hanya membayar Rp. 150.000 selama mengikuti kursus.
Siswa juga mendapat modul belajar dengan mengganti biaya fotokopi sebesar Rp. 150.000

Selengkapnya silahkan hubungi panitia di antaranya:

Bp. Edi Susanto: 081271291112
Bp. Sunandar.  : 081225918332
Bu Ninik Purwanti : 085713361548

Permadani cabang Gunungpati juga membuka pendaftaran 



Melansir dari Instagram dpw_permadani_jateng, Permadani cabang Gunungpati juga sudah membuka pendaftaran untuk siswa baru. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang berniat mengembangkan kemampuan public speaking dalam bahasa Jawa.

Kelas belajar dilaksanakan tiap hari Selasa dan Jumat tiap pekannya. Jam belajar cukup panjang dari pukul 19.00-21.30 wib.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi salah satu panitia di antaranya:
Bp. Jupri : 08814181693
Bp. Budiyanto: 085870329000
Bp. Waslan : 081575023861

Pranotocoro apakah sama dengan pranatacara?

Bila yang bertanya orang awam pertanyaan di atas tidak ada yang salah karena disebabkan belum tahu. Dalam penulisan bahasa Jawa, huruf A dibaca O. Contoh: tulisan dawa dibaca dowo (artinya panjang), ora apa-apa dibaca ora opo-opo. Maka, penulisannya pranatacara dibaca pranotocoro. Nah. Kurang lebih demikian. 

Dalam kursus permadani juga diajarkan materi kebahasaan yang disampaikan oleh ahlinya. Silahkan bergabung dan siap menjadi pribadi lebih berdayaguna di tengah masyarakat.

0 comments

Post a Comment