Contoh Teks Pamit Acara Pasrah Lamaran Jawa dan Jawabannya

Tuladha Atur Pamitan Acara Pasrah Lamaran Jawa
Pamit Pasrah Lamaran

Contohtekspranatacaraterbaru.com- Pamitan merupakan rangkaian acara terakhir dari sesi acara pasrah Lamaran. Atur pamit ada yang menggabungkan sekalian ketika atur pasrah lamaran, namun jika bisa berdiri sendiri menurut pandangan saya lebih baik. Karena kalau digabungkan saat atur pasrah sepertinya kurang pas. 

Kita baru masuk mengutarakan maksud tujuan kedatangan rombongan ke tuan rumah belum disambut apakah diterima atau tidak kenapa harus seketika mengutarakan niat untuk kepulangan. Jadi secara etika sepertinya lebih pasnya tetap ditaruh di sesi akhir acara yakni setelah dirasa cukup dalam mengikuti rangkaian upacara lamaran baru meminta ijin untuk pamit. Maka sebagai pranatacara hendaknya juga mempelajari bagaimana atur pamit.

Artikel atur pamit pasrah lamaran ini merupakan kelanjutan pada artikel saya yang telah saya posting sebelumnya, yaitu: Susunan Acara Lamaran

Berikut ini saya berikan contoh atur pamit ketika acara pasrah lamaran untuk tambahan wawasan anda. Barangkali suatu saat anda diminta untuk menjadi duta pasrah lamaran sehingga siap karena sudah tahu apa yang akan disampaikan saat pamitan pasrah lamaran. 

Tuladha Atur Pamit Pasrah Lamaran Jawa.

       Assalamualaikum Wr. Wb.

  Nuwun, Dhumateng para tamu kakung miwah putri ingkang winantu ing suka basuki. Panjenenganipun para pepundhen, para sesepuh, para pinisepuh ingkang pantes pinundhi saha kinabekten.

Ngaturaken sewu agunging pangaksama, dene kula parikedah angridu panjenengan sedaya ingkang takseh wawan pangandikan, saperlu sumela atur ing ngarsanipun Bp...(Pamangku Gati) sekalian sumrambah para tamu sedaya.

Syukur Alhamdulillah, adicara pasrah lamaran sampun kalampahan kanthi wilujeng kalis ing rubeda nir ing sambekala, inggih awit saking Rahmating Gusti Allah Ingkang Maha Asih, punapa dhene pangestunipun panjenengan sedaya.

Kula ingkang piniji minangka talanging atur saking Panjenenganipun Bp...(Nama orang tua calon pengantin laki-laki) sekalian. Rehning adicara pasrah sarana miwah pinangka jangkeping tatacara salaki rabi, samudayanipun sampun paripurna boten kirang satunggal punapa, mugi kalilanana kula sapangombyong keparenga nyuwun pamit madal pasilan, daya-daya matur ing ngarsanipun Bp...(tuan rumah) sekalian, bab purnaning sadaya ingkang dados sesanggeman kula. ingkang punika, nyuwun tambahing puji pangestu, mugi-mugi lampah kila sarombong tansah manggih rahayu wilujeng kalis saking pringga bayaning marga.

Minangka pepuntaning atur, hambok bileh anggen kula matur wonten tutur ingkang kalantur-lantur miwah kiranging subasita ingkang boten hanuju prana, kula nyuwun lumunturing samudra pangaksama.

Aakhirul kalam, billahi taufik wal hidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

TERJEMAH BAHASA INDONESIA

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada para tamu, bapak dan ibu yang berbahagia, kepada para hadirin semua yang dimuliakan, kepada para orang yang dituakan,, para orang tua yang pantas dimuliakan serta tempat berbakti.

Menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya, karena saya telah mengganggu bapak ibu semua yang sedang asik berbincang-bincang, berkenan saya menyampaikan kepada Bp...(Pamangku Gati) beserta istri dan para tamu semuanya.

Syukur Alhamdulillah, acara pasrah lamaran sudah terlaksana dengan baik dan lancar tanpa halangan, semua karena Rahmat Allah Yang Maha pengasih, serta doa dari bapak ibu semuanya. 

Saya yang ditunjuk sebagai wakil bicara Bp...(Nama orang tua calon pengantin laki-laki) beserta istri. Dikarenakan acara pasrah dan  pelengkapnya sudah selesai tanpa kurang suatu apapun, maka perkenankan kami dan rombongan undur diri mohon pamit dari hadapan Bp...(tuan rumah) sekalian, dan dengan demikian berakhir pula apa yang menjadi tugas saya. oleh karena itu, kami minta tambahan doa agar perjalanan kami dan rombongan senantiasa selamat dijauhkan dari marabahaya jalan. 

Sebagai penutup kata, apabila saya dalam menyampaikan ada kata yang ngelantur, tidak sesuai dengan kaidah serta menyinggung perasaan, saya memohon lautan maaf.

Aakhirul kalam, billahi taufik wal hidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Teks diatas merupakan panduan yang masih bisa disesuaikan dengan keadaan. Teks bisa dikurangi atau ditambah melihat situasi yang berlangsung. Teks diatas merupakan pelengkap artikel saya sebelumnya Contoh Atur Pasrah Lamaran

Atur wangsulan pamit pasrah lamaran 



Ketika duta tamu beserta rombongan meminta ijin pamit untuk meninggalkan tempat pahargyan lamaran, maka sudah seharusnya pamangku gati (tuan rumah) memberi jawaban atur pamit mereka. Sebagaimana atur pamit pasrah yang ringkas, atur wangsulan pamitpun cukup menjawab apa yang disampaikan oleh duta tersebut. 

Artikel ini merupakan jawaban dari Contoh Atur Pamit Lamaran yang sebelum sudah saya tulis. Meski orang Jawa sudah terbiasa berbahasa Jawa, namun tidak semua orang bisa merangkai kata sehingga apa yang akan disampaikan bisa terstruktur dan ringkas sehingga pendengarnya bisa memahami apa yang menjadi keperluannya.

Berikut contoh atur waluyan atau jawaban pamit.

Tuladha atur wangsulan pamit pasrah lamaran.

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Kanthi linambaran trapsila ing Budi miwah ngaturaken Sewu agunging pangaksama, inggih Awit mradapa keparengipun BP ..(tuan rumah)..sekalian, Kula piniji talanging basa saperlu caos wangsulan pamundhut palilah pamitipun badhe besan sutresna.

Dhumateng panjenengan Bp..(nama duta yg meminta pamit).. ingkang wedhal menika ngemban jejibahan luhur minangka duta panjenenganipun bade pisan Sutrisna ingkang pantes hanampi sagunging Sekar pakurmatan.

Kanti suka bingahing mana panjenenganipun Bp..(nama tuan rumah).. dalah garwa hanampi karawuhan panjenengan sak pengombyong ingkang sampun kepareng angestreni lampahing adicara pasrah sarana miwah upakarti minangka jangkeping tatacara salaki rabi. Ingkang punika sepisan malih ngaturaken sewu agenging panuwun ingkang tanpa pepindhan.

Dene panjenengan kepareng mundhut pamit, kula boten kadugi amambengi, namung saget ndherekaken sugeng kondur saha ngaturaken puji pandonga konjuk dhumateng nagarsanipun Gusti Allah ingkang Maha Welas mugi-mugi jengkaring panjenengan sedya saking ngriki dhumgi dalem sowang-sowang tansah pinanggih rahayu wilujeng sepen ing sambekala.

Minangka pungkasaning atur, hambok bilih menawi wonten kuciwaning boja krami anggen kula hangancarani menggah ing rawuh panjenengan sarombongan, mugi kepareng hanglumemeberaken gungeng samudra pangaksama. semanten ugi kula minangka talanging atur hambok bileh wonten atur ingkang singlar ing reh tata krami, kupat duduhe santen menawi lepat nyuwun pangapunten.

Wallahul muwaffiq illa aqwamit-thariq,
wassalamu'alaikum Wr. Wb.


TERJEMAH BAHASA INDONESIA

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan dasar nilai-nilai kebaikan serta menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya, karena melaksanakan tugas menyampaikan amanah Bapak ..(tuan rumah)..dan istri, saya yang ditunjuk sebagai juru bicara guna menjawab permintaan pamit dari calon besan tercinta.

Kepada Bp..(nama duta yg meminta pamit).. yang saat ini mengemban tugas mulia sebagai duta dari calon besan tercinta yang pantas menerima penghormatan. 

Dengan perasaan suka cita Bp..(nama tuan rumah).. dan istri menerima kehadiran Bapak dan rombongan yang telah berkenan mengikuti acara pasrah sebagai tindak lanjut pelengkap rencana pernikahan, oleh karena itu sekali lagi menyampaikan beribu terimakasih yang tidak bisa terandaikan. 

Adapun tadi Bapak menyampaikan bahwa meminta pamit, saya tidak berhak menghalangi, hanya bisa menyampaikan selamat pulang, serta turut mendoakan kepada Allah Yang Maha pengasih. Semoga langkah Bapak dan rombongan dari sini menuju rumah masing-masing senantiasa selamat sepi dari rintangan.

Sebagai penutup kata, apabila ada kekurangan dalam penyambutan dan dalam mengadakan acara, berkenan kiranya Bapak dan rombongan memberikan lautan maaf. Demikian pula saya sebagai wakil bicara ada kekhilafan, kupat duduhe santen menawi lepat nyuwun pangapunten.

Wallahul muwaffiq illa aqwamit-thariq,
wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Artikel ini juga semakin lengkap karena juga saya berikan panduan atau teks dalam menjawab atur pasrah Contoh Atur Tampi Pasrah Lamaran.




0 comments

Post a Comment