Teks MC Halal bihalal. Singkat, Mudah dipelajari

 


Arti kata halal bihalal

Ketika kita mencari arti kata Halalbihalal, salah satu yang bisa dijadikan referensi adalah Kamus besar bahasa Indonesia atau biasa disingkat KBBI. Kata halal bihalal sudah dibakukan dalam KBBI. Arti kata halal bihalal menurut KBBI adalah maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan, biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang. Arti kata Halalbihalal bisa juga dimaknai silaturahmi.

Keutamaan halal bihalal 

Keutamaan halal bihalal sangat banyak,  diantarannya dapat mempererat tali persaudaraan, menyambung tali silaturahmi khususnya antar sesama muslim, kegiatan tersebut merupakan suatu momen untuk saling bermaaf-maafan, dan kebaikan-kebaikan yang lainnya.

Acara halal bihalal 

Pada masyarakat atau suatu lembaga sering kali mengadakan acara halal bihalal bersama. Acara halal bihalal umumnya sering diadakan guna mempererat tali silaturahmi. Keterbatasan waktu tidak bisa berkunjung ke rumah satu persatu sering menjadi alasan diadakan acara ini. Oleh karena itu, karena acara ini melibatkan banyak orang, maka perlu dipersiapkan sebaik-baiknya.

MC Acara Halal bihalal 

MC acara diperlukan agar acara halal bihalal dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sebelum membawakan acara, seorang MC perlu mempersiapkan beberapa hal berikut:

Mencatat siapa saja nama yang akan mengisi acara, misal pemberi sambutan-sambutan, pembaca ayat suci Alquran, pengisi acara mauidhoh hasanah dan doa jika ada. Selain hal itu, seorang MC hendaknya datang lebih awal agar makin siap membawakan acara. 

Teks MC Acara Halal bihalal RT/Desa


Mukadimah:


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته الحمد لله الذي أرسل رسوله بالهدى ودين الحق أشهد أن لا إله إلا الله وحده لاشريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله اللهم فصل وسلم وبارك على سيدنا محمد ابن عبد الله لاني بعده ، قال التي صلى الله عليه وسلم من حسن إسلام المرء تركه مالا يعنيه ، أما بعد،

Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Alhamdulillahiladzii Arsala rasuluuhu bil Huda wadiinil haqqi. Asyhadu Allah Ilaha illahu wahdahu la syarikalah, wa asyhadu Anna Muhammadan 'abduhu warusuluh. Allahumma fasholli wasallam wa barik 'alaa sayyidina Muhammad ibni Abdillah laa nabiyya'dah. Ammaa ba'du.

Kepada para bapak, ibu, hadirin sekalian yang dimuliakan Allah,

Kepada alim ulama yang senantiasa saya taati,

Wabil khusus Al mukarrom Bapak KH. Fahmi Abbas yang kita tunggu-tunggu fatwa dan nasehatnya,
Serta kepada rekan remaja karang taruna yang saya  banggakan.

Pertama-tama marilah bersama kita panjatkan puja puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat kepada kita semua, khususnya nikmat islam dan iman, sehingga pada kesempatan malam hari ini kita bisa bermajelis bersama dalam acara halal bihalal ini.

Sholawat serta salam dari Allah SWT semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. 

بِقَوْلِنَا اللَّهُمَّ صَلَّ وَسَلَّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

"Biqoulina Allahumma shalli wasallam 'ala sayyidina Muhammad"

Dengan bacaan sholawat tadi, semoga kita menjadi umat beliau yang mendapatkan limpahan syafa'atnya besok di hari kiamat. Amin.

Bapak ibu, serta hadirin yang dimuliakan Allah, di sini saya sebagai pembawa acara, akan menghaturkan susunan acara halal bi halal di kesempatan kali ini.

Acara pertama adalah pembukaan.

Acara kedua pembacaan ayat suci Al Qur'an.

Acara ketiga sambutan-sambutan.

Acara keempat adalah Mauidhotul Hasanah.

Acara terakhir do'a penutup.

Demikian tadi susunan acara pada malam ini.

Pembukaan

Marilah untuk Iftitahul Majlis acara Halal bi Halal pada kesempatan malam ini kita buka dengan bacaan surat Al Fatihah.

 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an, Al Fatihah"...

Pembacaan ayat suci Al-Quran 


Acara selanjutnya pembacaan ayat suci Al Qur'an yang akan di lantunkan oleh ustadz Akhsan, kepada beliau kami persilahkan.

Saat qori' sudah selesai membaca MC bisa membaca di bawah ini

 صَدَقَ اللهُ الْعَظِيمُ وَصَدَقَ رَسُولُهُ الْكَرِيمُ وَلَنَا إِنْ شَاءَ اللَّهُ عَلَى ذلِكَ

مِنَ الشَّاهِدِينَ

Sambutan-sambutan 

1.
Bapak ibu hadirin yang kami hormati, acara yang ketiga sambutan- sambutan. Sambutan pertama dari ketua panitia halal bi halal. Kepada ustadz Danang Suprapto kami dipersilahkan dengan hormat..

2.
Sambutan berikutnya dari ketua RT 01 RW 02 Bapak Supardi Dahlan Abdul Malik, waktu dan tempat kami persilahkan.

Mauidhoh Hasanah

Bapak ibu hadirin yang dimuliakan Allah, acara yang keempat adalah Mauidhob Hasanah yang akan disampaikan oleh beliau Al Mukarrom  KH. Fahmi Abbas. mari kita simak bersama dengan khitmad, kepada beliau bapak KH. Fahmi Abbas Waktu dan tempat kami persilahkan.

Alhamdulillahi rabbil'alamiin, Semoga dengan uraian mauidbob tadi, kita dapat memetik hikmah untuk meningkatkan iman dan taqwa kita Amin Ya Robbal alamin.

Doa 

Hadirin bapak ibu yang kami hormati, acara yang terakhir adalah do'a penutup yang akan dipimpin oleh Bpk KH. Nanang salafudin. Namun perkenankan sebelumnya, saya sebagai pembawa acara dari awal hingga akhir dalam memandu acara banyak kesalahan dan kekurangan, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

آخِرُ الْكَلامِ بِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالرِّضَى وَالْعِنَايَةُ.

وَالسَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. 

Akhirul kalaam billahittaufiqu wal hidayah, waridho wal 'inayah. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.

Selanjutnya, kepada Bapak KH. Nang Salafudin dengan segala hormat saya persilahkan.


0 comments

Post a Comment