Contoh Teks MC Acara Maulid Nabi Muhammad. Singkat dan Mudah Dipelajari

 


Bulan Rabiul Awal merupakan bulan istimewa.  Setiap tiba tanggal 12 bulan Rabiul Awal, umat muslim banyak yang mengadakan acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini menjadi budaya yang dilakukan dalam rangka hari kelahiran Rasulullah Muhammad Saw. Masyarakat muslim di berbagai daerah baik di kota maupun di pedesaan menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan hari istimewa tersebut.

Apa tujuan Maulid Nabi Muhammad SAW?

Tujuan memeringati Maulid Nabi Muhammad SAW menurut pendapat pemerhati perkembangan dakwah Islam merupakan  wujud cinta kepada Nabi Muhammad sekaligus rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran Nabi Muhammad. Nabi Muhammad merupakan sosok teladan dalam hal apapun. Beliau merupakan sosok pemimpin yang adil, orang yang paling sabar, jujur dalam berucap dan bertindak. Orang yang bisa dipercaya. Sebagai pembawa risalah yang mengeluarkan manusia dari jahiliah. 

Susunan acara maulid Nabi Muhammad SAW 

Dalam mengadakan acara maulid Nabi Muhammad SAW, tentu perlu dipersiapkan dengan baik agar acara bisa bermakna dan tidak sekedar hura-hura.  Acara akan menarik bila dilakukan perencanaan dan juga tersusun dengan matang. Baik dari awal pembukaan, acara inti hingga penutupan hendaknya dirancang sehingga acara lancar dan berjalan meriah. Sebagai acuan, berikut contoh susunan acara maulid nabi Muhammad Saw.
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat Suci Al Quran
  3. Pembacaan Tahlil
  4. Pembacaan Maulidur Rosul / Maulid Nabi
  5. Sambutan-sambutan (sambutan ketua panitia, sambutan kepala desa /atau tamu penting lainnya yang dianggap perlu memberi sambutan)
  6. Mauidhoh hasanah
  7. Doa
  8. Penutup
Contoh susunan diatas sudah lengkap dan bagus. Namun tentunya bisa disesuaikan menurut kebutuhan panitia pelaksana masing-masing. Bisa saja ditambah isi acaranya, seperti adanya tampilan hiburan lagu-lagu islami, pembacaan hasil pemenang lomba yang telah diadakan sebelumnya, dan kegiatan menarik lainnya yang bisa ditampilkan di acara tersebut.  Namun jika dirasa susunan acara di atas terlalu banyak, maka bila hendak disederhanakan juga bisa.

Contoh Teks MC Acara Maulid Nabi Muhammad singkat dan mudah dipelajari 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bapak ibu hadirin sekalian yang kami hormati, wabil khusus Al Mukarrom bapak KH. Bahrudin yang kami tunggu mauidhoh Hasanah nya.

Mengawali kegiatan, mari bersama kita haturkan puji syukur ke hadirat Allah SWT., yang telah berkenan melimpahkan kasih sayang-Nya kepada kita semua, sehingga pada malam ini kita bisa hadir di majelis ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi kita Muhammad Saw.

Hadirin sekalian yang dimuliakan Allah!

Kelahiran Rasulullah Muhammad Saw, membawa perubahan yang sangat besar bagi umat manusia. Beliau merupakan uswatun hasanah yang sudah seharusnya menjadi panutan sekaligus diikuti ajarannya. Berkat beliau, kita dapat mengetahui dan bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Bagaimana keadaan umat dalam keadaan tersesat, tidak tahu kebenaran sama sekali, dalam keadan jahiliyah. Tapi Alhamdulillah dengan lahirnya Nabi Agung Muhammad Saw. kita terarah ke jalan yang terang benderang, yakni ke jalan keselamatan.

Semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan Nabi Besar Muhammad Saw, beserta keluarga dan para sahabat yang mengikutinya.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah!

Kami selaku pembawa acara pada malam ini, perkenankan membacakan rangkaian acara yang telah tersusun.

  • Acara yang pertama  adalah Pembukaan, 
  • Acara yang kedua adalah Pembacaan ayat-ayat suci al-Qur'an.
  • Acara yang ketiga adalah Sambutan-sambutan.
  • Acara yang keempat mauidhoh Hasanah
  • Acara yang kelima adalah istirahat. 
  • Acara keenam adalah do'a. Dan,
  • Acara yang ketujuh adalah kegiatan akhir yaitu Penutup.

Demikianlah susunan acara yang berlangsung pada malam ini.

Acara pembukaan 

Memasuki acara yang pertama, untuk menambah keberkahan acara mari bapak ibu hadirin sekalian kita buka kegiatan dengan bacaan Ummul kitab (surat Al Fatihah). " 'ala hadzihinniyyati walikulli niyyatin sholihah bibarakati Ummul Qur'an, Al Fatihah"...

Terima kasih.  Sebagaimana harapan kita bersama, semoga dengan wasilah Ummul kitab yang telah kita jadikan pembuka menjauhkan acara dari segala gangguan.

Acara pembacaan ayat suci Al Qur'an 

Melangkah ke acara yang kedua yaitu pembacaan kalamullah yang akan disampaikan oleh adik Siti Fatkiyah, kepadanya dipersilahkan.

Demikian bapak ibu hadirin sekalian, pembacaan Kalam ilahi yang dilantunkan oleh adik Siti Fatkiyah, semoga apa yang dibaca tadi dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Acara sambutan-sambutan

Acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari ketua panitia Bapak Kumaidi. Kepadanya saya persilahkan.

Demikian sambutan yang disampaikan oleh bapak Kumaidi, semoga apa yang diutarakannya tadi bermanfaat bagi kita semua. 

Sambutan berikutnya dari kepala desa kita yang tercinta, bapak Amirudin. Kepada beliau dengan segala hormat kami persilahkan.

Terima kasih Bapak Amirudin yang telah berkenan memberikan sambutan. Semoga apa yang disampaikan beliau menambah motivasi kita untuk meneladani Rasulullah.

Acara mauidhoh hasanah

Bapak ibu hadirin sekalian yang dimuliakan Allah.

Meneruskan sususan acara selanjutnya. Maka  tibalah saatnya acara inti, yaitu mauidhoh Hasanah yang akan disampaikan oleh Al Mukarrom bapak KH. Drs. Bahrudin. Maka hadirin berkenan untuk memperhatikan dan menyimak dengan tenang sehingga kita memperoleh keberkahan dari apa yang beliau sampaikan. Kepada Bapak Drs. Bahrudin waktu dan tempat kami persilahkan.

Demikianlah mauidhoh Hasanah yang baru saja disampaikan oleh bapak Nasruddin, sungguh dalam dan menambah wawasan kita semua. Semoga apa yang beliau terangkan tadi semakin  meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita serta kita dimampukan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Acara istirahat

Bapak ibu hadirin sekalian yang dimuliakan Allah
Melangkah ke acara selanjutnya yaitu istirahat, untuk itu kami persilahkan para petugas konsumsi untuk menjalankan tugasnya. Selanjutnya Bapak ibu disilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disajikan. Semoga berkenan.

Acara doa

Bapak Ibu yang kami muliakan. Dengan berjalannya waktu maka acara istirahat kami kira sudah cukup, agar pertemuan dan perkumpulan kita pada malam ini mendapat ridho Allah. Mari kita berdoa sejenak memohon kepada Allah, kegiatan doa akan dipimpin oleh Bapak KH. Wahyudi S.Pd.I, kepada beliau kami persilahkan.

Demikianlah pembacaan do'a yang telah dibacakan oleh KH. Masduqi, semoga apa yang dibacanya tadi dikabulkan oleh Allah SWT., amin ya rabbal alamin. 

Penutup


Selanjutnya acara yang ketujuh adalah penutup, 

Kami selaku pembawa acara pada malam ini apabila ada tutur katadan tingkah laku yang kurang  berkenan dihati para hadirin, kami mohon maaf yang sebesar- besarnya. Sebagai penutup, mari kita tutup acara ini dengan bacaan hamdalah bersama-sama, Alhamdulillahi rabbil'alamin. 
wabillahit taufiq wal hidayat, wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Tips persiapan MC Acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Untuk persiapan seorang MC Acara Maulid Nabi Muhammad, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya:

Memastikan bahwa pengisi acara sudah hadir sebelum acara dimulai.
Mencatat nama-nama yang akan mengisi acara.
Mengecek peralatan seperti mik apakah sudah berfungsi sebagaimana mestinya.
Mencari posisi berdiri yang baik ketika nanti maju menghandle acara.
Berdoa agar diberikan kemampuan dan bisa tenang dalam membawakan acara.




0 comments

Post a Comment